16 APRIL, HARI JADI KOPASSUS

0
126

NASIONAL – Tanggal 16 April setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kopassus. Pasukan kebanggaan Indonesia ini telah banyak berperan dalam mempertahankan kedaulatan NKRI. Tinta emas keberhasilan ditorehkan pasukan ini dalam berbagai operasinya. Kegagahan kopassus tersirat pada mottonya yang berbunyi : Berani, Benar, Berhasil.

Untuk mengenali pasukan ini kita dapat melihat pada baretnya yang berwarna merah. Karena itu pasukan kopassus sering pula disebut pasukan baret merah. Selain itu kita juga dapat mengenali pasukan ini dari seragam lorengnya yang bermotifkan merah darah mengalir.

Kopassus, singkatan Komando Pasukan Khusus, merupakan bagian dari Komando Utama tempur yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia. Bermarkas besar di daerah Cijantung Jakarta, pasukan ini memiliki kemampuan tempur khusus seperti bergerak cepat, menembak tepat, pengintaian dan anti teror.

Tugas Kopassus secara umum terbagi dua, Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Termasuk kedalam OMP adalah operasi penghancuran logistik musuh, Combat SAR, anti teror dan Operasi intelejen khusus. Sedangkan yang termasuk ke dalam OMSP antara lain bantuan kemanusiaan, AIRSO (Operasi Anti Insurjensi, Separatisme dan Pemberontakan), perbantuan terhadap kepolisian, Operasi SAR dan pengamanan VVIP.

Kopassus dipimpin oleh seorang Komandan Jenderal (Danjen) dengan pangkat mayor jenderal. Beberapa nama besar tercatat pernah menjabat sebagai danjen kopassus, antara lain Sarwo Edhie, L. B. Moerdani dan Prabowo Subijanto. Posisi danjen kopassus saat ini dipegang oleh Mayjen Madsuni:(Sumber : wikipedia, foto : biografiku.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here