180 Orang SDM DKM dan Remaja Mesjid Diberi Pelatihan Ekonomi Syariah

0
24

Pandeglang, Badakpos.com  – Sebanyak Seratus Delapan Puluh (180) orang Sumberdaya Manusia (SDM), Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM) dan Remaja Mesjid diberi pelatihan. Jumlah tersebut meliputi DKM Masjid Kecamatan, Pengurus Remaja Mesjid Kecamatan dari 22 Kecamatan, DMI (Dewan Masjid Indonedia) dan Pengurus BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid Indonsia) Pandeglang, Selasa (27/2) di Rizki Hotel Pandeglang.

 

Dindin Herdiansyah Kasubag Kesejahteraan Sosial pada Bagian Kesra Setda mengatakan, tujuan diadakannya pelatihan ini untuk memfasilitasi terbentuknya lembaga keuangan syariah di lingkungan masjid kecamatan se-Kabupaten Pandeglang. Dengan begitu, dirinya meyakini perekonomian syariah diwilayah Pandeglang dapat terbentuk. “Secara tidak langsung ini akan menstimulasi pemberdayaan umat Islam di pandeglang bidang ekonomi syariah,” katanya.

 

Narasumbe yang memberikan materi pada acara ini yaitu Direktur Pembinaan Syariah Kementerian Koperasi dan UKMRI. Dr. H Zaenal Arifin, Ma, Kabid Pakis Kanwil Kementrian Agama Provinsi Banten, dan Sekjen Dewan Masjid Indonedia (DMI) pandeglang Abdul Ghaffar Alhatiri, Sq. MSQ.

 

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang Fery Hasanudin mengatakan, ini bagian upaya pemerintah daerah untuk memajukan dibidang keagamaan. Menurutnya, Mesjid menjadi Center Of Activity (Pusat Kegiatan) . “Mesjid bukan saja sebagai pusat kegiatan beribadah saja, tapi mesjid juga dapat menjadi pusat pendidikan agama melalui tausyiah,” katanya.

 

Lebih lanjut Fery menyampaikan , jika dilihat dari sejarah zaman para Nabi, tentunya zaman Rosulallah Saw, saat hijrah beliau (Nabi besar Muhammad, Saw) yang pertama dibuat adalah Mesjid, “Disitulah mesjid menjadi pusat pemerintahan, penyebaran agama, dan kegiatan lainnya yang membawa kemaslahatan umat islam, ” tambahnya.

 

Melihat dari tema kegiatan ini “Pengembangan Ekonomi Syariah Berbasis Mesjid”, dirinya sangat setuju. Karena, ekonomi umat islam harus kuat. “Mesjid akan menjadi kekuatan dalam syiar islam, dengan ini mudah – mudahan islam selalu kuat dan kokoh bersatu padu,” tambahnya.(Bp3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here