3 Ahli Waris Dapatkan Santunan Manfaat JKM 42 Juta

0
0

Pandeglang, badakpos.com – Kabupaten Pandeglang memberikan perlindungan bagi para RT,RW, Guru Ngaji, Kader Posyandu, BPD dan Linmas melalui program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Tiga orang almarhum yang mendapatkan santunan manfaat Jaminan Kematian (JKM) merupakan anggota BPJS Ketenagakerjaan yang dibiayai oleh Pemerintah Daerah. Hal ini terungkap saat Bupati Pandeglang Irna Narulita menyerahkan santunan manfaat dari JKM sebesar 42 juta, Selasa (5/5/2020) di Pendopo Pandeglang.

Tiga orang yang mendapatkan santunan JKM yaitu atas nama Alm Rahman Rt Desa Sodong, Kecamatan Saketi, Alm Sukanta RT Desa Sodong Kecamatan Saketi, Alm Acud Samsudin RT Desa Awil Lega Kecamatan Koroncong.

Entu salah satu Ahli Waris dari Alm Rahman mengungkapkan, dirinya sangat terharu dengan adanya santunan JKM dari Pemerintah. Kata dia, Bapaknya (Alm Rahman) sudah puluhan tahun menjabat sebagai Rukun Tetangga. “Santunan ini akan kami gunakan buat empat puluh hari Bapak dan kebutuha lainnya yang berkaitan dengan Almarhun,” kata Entu

Sedangkan Yayah Ahli Waris dari Alm Sukanta mengatakan hal yang sama dengan entu. “Kami ucapkan terimkasih kepada Pemerintah Daerah, bantuan ini akan kami gunakan untuk biaya selametan almarhum Bapak,” ungkapnya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita, program ini merupakan pengharhaan bagi garda terdepan pemerintah yaitu RT,RW, Kader Posyandu, Linmas, BPD dan Guru Ngaji. “Selama ini mereka membantu pemerintahan desa, dengan ada program ini setidaknya dapat mencukupi kebutuhannya. Semoga bermanfaat, kami terus data sesuai dengan kemampuan viskal kami,”ungkapnya

Terkait anggaran, dikatakan Irna sesuai dengan regulasi yang dibuat itu dari Dana Desa yang bersumber sari Pemerintah Daerah. “Kami punya DD yang ditipkan ditingkat Desa, tolong data mereka yang merupakan simpul -simpul membantu pemerintah. Rasanya wajar kalo kami hadir, sehingga bisa mengakomodir harapan masyarakat,” jelasnya.

Deputi Direktur Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Wilayah (Kanwil) Banten, Eko Nugriyanto mengatakan, kurang lebih ada 30.433 daftar nama yang sudah didaftarkan untuk menjadi pesrerta BPJS yang dibiayai oleh Pemda Pandeglang. “Kami sangat mengapresiasi langkah Pemda Pandeglang khusus nya kebijakan yang dikeluarkan oleh Bupati Pandeglang untuk melindungi masyarakatnya khususnya yang berkarya untuk bangsa,”katanya.

Eko Nugriyanto mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan saat ini mempunyai 4 program yaitu Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, JKM dan JKK. Namun kata dia, yang dikerjasamakan dengan Pemda Pandeglang baru dua yaitu JKM dan JKK. “Pembayarannya lebih tetjangkau dan manfaatnya sangat luar biasa,” imbuhnya

Dirinya juga menghimbau seluruh elemen masyarakat bisa ikut keanggotaam BPJS Ketenagakerjaan, karena BPJS Ketenagakerjaan bukan hanya untuk pekerja Industri, namun kata Eko saat ini BPJS ingin menjangkau seluruh lapisan masyarakat. “BPJS Ketenagakerjaan hadir untuk masyarakat yang berkarya untuk bangsa, saat ini kita bekerjasama dengan Pemda Pandeglang memberikan perlindungan bagi lapisan masyarakat dengan keanggotaan non PNS yaitu untuk Guru ngaji, RT, RW, Linmas, BPD dan Kader Posyandu,”pungkasnya.(Bp3)

Komentar dibawah ini