6 Desa Penyangga TNUK Diberi Pelatihan Untuk Dapat Kembangkan Potensi

Pandeglang, Badakpos.com – Perencanaan Desa-desa Penyangga yang berlokasi di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) terus dibina melalui workshop oleh WWF, Balai TNUK dan pemerintahan Kabupaten Pandeglang. Hal ini untuk memberikan wawasan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga hutan konservasi, dan kembangkan potensi, Rabu di Hotel S’Rizki (9/5).

 

Workshop Perencanaan pengembangan Desa penyangga diikuti perwakilan dari Desa Ranca Pinang, Desa Cibadak, Desa Kramat Jaya, Desa Kerta Jaya, Desa Taman Jaya dan Desa Ujung Jaya.

 

Dalam acara tersebut desa memaparkan Rencana Aksi Masyarakat (RAM) yang telah berhasil disusun oleh masyarakat secara partisipatif dengan menggunakan pendekatan Sustainable Livelihood Assesment (SLA) atau penilaian penghidupan berkelanjutan.

 

Samsul Widodo, Dirjen PDT memaparkan bahwa untuk mengembangkan potensi desa yang ada di hutan kawasan yaitu dibuat produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades) . Kata dia, dari sisi produksi dan sebagainya sudah mulai bagus, akan tetapi masalah yaitu dipemasaran. Namin dirinya sudah diagendakan dengan Bupati Pandeglang untuk berkerjasama agar masyarakat ada pelatihan mengenai pemasaran yang baik. “Saya akan bantu kerajinan-kerajinan atau prukades untuk dipasarkan secara online, ” ujarnya.

 

Sementara Mamat, Kepala TNUK memaparkan program-program yang direncanakan sangat bagus, dimana masyarakat sebagai subjek dan pelaku utama yang dapat menilai dan merencanakan potensi-potensi yang di Desa. Agar kedepan masyarakat bisa memecahkan solusi kehidupan yang lebih baik tentunya, sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap lingkungan didalam Desa. ” Dengan menggali potensinya untuk mencari potensi dan solusi, beri pelajaran kepada masyarakat agar bisa mandiri. Dengan berwawasan tinggi, lingkungan disetiap Desa patut diapresiasi dan terbukti saat mereka presentasi tadi cukup bagus. Saya kira mereka sudah paham merumuskan, mencari perencanaan yang akan datang dari masyarakat itu sendiri, ” tutupnya (BP-MG2)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *