Ada Berkah, Saat Memasuki Bulan Ramadhan

Pandeglang, badakpos.com-Setiap manusia dilahirkan ke dunia, sudah pasti dengan miliknya, itu yang sering dikatakan orang.

Akan tetapi, milik atau rezeki tidak datang sendirinya, harus dicari.

Dimana jika seseorang bersungguh-sungguh atau maksimal dalam berupaya/berusaha, sudah bisa dipastikan keberhasilan akan diraih.

Hal ini pula yang dilakukan salah seorang penggerak petani, asal desa Sukarame kecamatan Carita, dimana tidak terpuruk walau area pesawahannya hampir luluh lantah diterjang bencana tsunami pada(22/12/2018).

Bahrudin petani tersebut menuturkan, bahwa menjelang bulan ramadhan ini, ia hari ini(Sabtu, 4/4) memanen ikan nila dengan total 324 kilogram.

Masih kata Bahrudin, sedangkan padi di sawah harus segera dipanen, pasalnya sudah menguning(matang), ini keberkahan yang ia dapat saat memasuki bulan ramadhan, tentunya juga hasil jerih payah ia selama 4 bulan ini membuahkan pendapatan.

Lanjut Bahrudin, bahwa ini tidak lepas berkat pendampingan dari penyuluh pertanian dan perokanan, dimana dalam setahun bisa 2 kali panen padi, 1 kali panen jagung dan juga bisa panen ikan nila beberapa kali.”Jadi mulai saat ini dan kedepannya, mudah-mudahan tidak merasakan lagi musim paceklik”, harap Bahrudin.

Ditempat yang sama, Hanapi salah satu buruh tani mengatakan, untuk bisa memanen ikan dengan lombang(kolam) seluas ini, harus menggunakan alkon(mesin penyedot air) 3 unit, serta memakan waktu sehari semalam baru airnya asat(kering). (Bp-11)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *