Agar Tepat Sasaran, Harus Dibentuk Tim Penilai Desa Penerima Manfaat Pamsimas

0
32

Pandeglang, Badakpos.com  –  Pemerintah Daerah (Pemda) Pandeglang melalui Bappeda, melakukan sosialisasi untuk Program Penyediaan Air Minun dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Ada empat kriteria untuk penerima manfaat program Pamsimas diantaranya masuk kedalam desa tertinggal yang ditetapkan pemerintah, cakupan akses air minum sangat kecil, cakupan akses sanitasi sangat kecil, dan partisipasi masyarakatnya tinggi.

“Dengan begitu program pamsimas ini tepat sasaran. Untuk yang akan datang, ibu (Bupati Pandeglang-red) akan membentuk tim penilai desa penerima program pamsimas, yang berhasil pengelolaannya mendapat reward melalui program sejenis untuk menambah perluasan cakupannya,” dikatakan Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, saat membuka acara sosialisasi program Pamsimas III tahun 2018, Senin (19/6) di Oproom Setda.

Menurut Bupati Hj.Irna, berbagai program terus digulirkan dalam rangka pengentasan desa tertinggal yang ada di Pandeglang. Saat ini, masih tersisa kurang lebih 70 desa yang masih tertinggal.

“Dengan berbagai program keroyokan kami harap desa tertinggal ini akan terentaskan. Dan capaian masyarakat untuk mengakses air bersih terus meningkat,” jelasnya.

Sementara itu, pada acara yang sama Kepala Badan Perencanaan Pembangunan daerah (Bappeda) Kurnia Satriyawan mengtakan, Kabupaten Pandeglang sudah tiga tahun mendapatkan bantuan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat yaitu tahun 2014, 2015 dan tahun 2017.

“Tahun 2014 pandeglang mendapatkan untuk 11 desa sasaran program. Tahun 2015 untuk 10 desa. Dan tahun 2017 mendapatkan 20 desa, 12 desa di danai dari Anggran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan 8 desa sari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),” kata Kurnia.  (BP1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here