Ahmad Dhani Ajukan Pembuatan Dewan Meseum

0
10

Badakpos.com – Di Indonesia banyak sekali bangunan peninggalan jaman dahulu yang saat ini masuk kedalam Cagar Budaya. Demi menjaga nilai sejarah yang ada dalam bangunan tersebut, tentu harus selalu terjaga ke murnian dari bangunan Cagar Budaya tersebut karena itu merupakan bukti sejarah. Gagasan gemilangpun muncul dari salah seorang musisi tanah air untuk dibuatnya Dewan Museum.

Seperti dikutip badakpos.com dari merdeka.com – Musisi Ahmad Dhani masuk dalam anggota dari tim kerja wisata dan budaya untuk Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Masuk sebagai tim, Dhani mengusulkan adanya dewan museum. Sehingga diharapkan adanya wilayah sejarah di Ibu Kota.

Pentolan grup musik Dewa 19 ini mengaku dapat dukungan dari Wakil Ketua DPR sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon. Dhani berharap melalui dewan museum, Jakarta akan Kota Museum. Apalagi di Indonesia sampai saat ini belum ada kota museum. Dewan ini nanti akan diisi para ahli di bidangnya.

“Dewan museum akan menjadikan Jakarta menjadi kota museum di Indonesia karena selama ini belum ada kota museum di Indonesia kita akan buat Jakarta sebagai kota museum,” kata Dhani, Minggu lalu.

Ahmad Dhani juga mengatakan selama ini dalam pengelolaan museum di Jakarta masih kurang. Dia juga mencontohkan Jakarta masih kalah jauh dengan Kota Batu, dapat mengembangkan pariwisata khususnya museum.

“Dalam hal museum sama kota Batu saja kalah. Semuanya kalah telak, karena Gubernur yang duluan kan enggak ngerti gitu-gituan, sekarang kita harapkan Jakarta tidak seperti dulu lagi karena museum itu bentuk dari peradaban kalau kota itu museumnya bagus artinya kota itu peradabannya bagus,” ujarnya.

Ide Ahmad Dhani mendapat tanggapan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat. Dia merasa kaget dengan ide Dhani. Padahal selama ini Jakarta sudah ada Tim Ahli Cagar budaya mengurus hal itu.

“Oh bagus dong, harus disambut gembira, bagus. Saya baru tahu kalau beliau itu juga paham tentang arkeologi, paham tentang kemuseuman. Pemikiran-pemikiran positif semuanya harus ditampung, bagus,” kata Djarot.

“Kami sudah punya namanya tim ahli cagar budaya yang melibatkan para pakar dari berbagai macam universitas. Salah satunya profesor dari UI,” tambahnya.

Saat ini Djarot telah menyusun Pergub tentang penentuan atau pengembangan kawasan cagar budaya di Sunda Kelapa, Pasar Ikan, sampai dengan Kota Tua. Isi pergub itu mengatur dan menjadi panduan bagi pembenahan terhadap kawasan-kawasan bersejarah di Jakarta.

“Jadi kalau mau ada Dewan Museum, Pak Ahmad Dhani ya, oh bagus. Artinya beliau punya ketertarikan, punya disiplin ilmu tentang masalah permuseuman, arkeologi, ya bagus,” kata Djarot.

Soal ucapan Ahmad Dhani yang mengatakan jika gubernur DKI sebelumnya tidak mengerti soal museum, Djarot menanggapi dengan santai. “Saya gubernur terdahulu, enggak apa-apa. Orang dia lebih ahli kok. Tanya aja pada ahlinya, beliau lebih ahli, tanya dia,” terangnya.(BP3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here