Ajak Lawan Corona, Mahasiswa KKN UNS Berikan Pelatihan Pembuatan Masker

0
41

Jakarta, Badakpos.com- Pada Selasa (23/2/2021) kelompok mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) melakukan pelatihan pembuatan masker sebagai bentuk implementasi salah satu Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Pelatihan ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna RT 02/RW 001 Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta selatan.

dengan dihadiri seluruh anggota Dasawisma dan warga setempat. Pelatihan tersebut berupa pemberian bahan untuk membuat masker dan pendampingan dalam membuat masker. Di akhir, mahasiswa juga memberikan penyuluhan terkait pentingnya memakai masker.

“Kegiatan ini kami pilih karena berdasarkan tinjauan lapangan, masyarakat masih banyak yang tidak disiplin dalam menggunakan masker. Alasannya banyak, ada yang memang karena malas menggunakan masker dan ada juga yang memang tidak memiliki masker. Atas temuan tersebut kami tergerak untuk memberikan pelatihan pembuatan masker. Harapan kami tentu ada peningkatan kesadaran masyarakat dalam memakai masker,” terang Rizky Alfa Justian selaku penanggung jawab pada Selasa (23/2/2021).

Pelatihan berjalan dengan lancar dan disambut dengan baik oleh masyarakat. “Dari pelatihan kami jadi belajar, ternyata menjahit itu tidak mudah dan perlu teliti agar jahitannya rapi. Akhirnya antara kami dan masyarakat jadi saling belajar terkait teknik menjahit. Kami juga sangat mengapresiasi masyarakat yang telah mau menerima kami dan mau mengikuti pelatihan dengan antusias,” tutur salah satu mahasiswa.

Selain melakukan pelatihan pembuatan masker, mahasiswa juga memberikan tempat cuci tangan kepada masyarakat di RT 04/RW 001 Kelurahan Ulujami sebanyak 3 unit. Kegiatan tersebut berupa pemberian tempat cuci tangan secara simbolis kepada ketua RT 04 dan memberikan arahan kepada masyarakat terkait cara mencuci tangan yang tepat. Muhammad Alif Alauddin sebagai penanggung jawab mengatakan “cuci tangan memang hal yang sepele, tetapi perannya dalam memutus rantai penyebaran COVID-19 sangatlah krusial.”

Terakhir mahasiswa juga memberikan penyuluhan secara online kepada masyarakat RT 04/RW 001 seputar Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS), Testing Covid, dan sebagainya. “Semoga dengan pemberian materi seputar COVID-19 bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan” harap Dewi Erista Sari, mahasiswa UNS. (BP2).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here