Ajak Pengguna BPJS Manfaatkan Mobile JKN, dr.Hubes : Lebih Pasti, Tidak Antri & Mudah

0
20

Pandeglang, Badakpos.com – Untuk memudahkan masyarakat pengguna BPJS agar antriannya lebih mudah dan pasti, ketua humas RSUD Berkah Pandeglang dr.Achmad Chubaesy Y, Sp.KFR, M.Kes mengajak seluruh masyarakat pengguna BPJS agar memanfaatkan aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Kamis (10/6).

Dalam keterangannya, pria yang akrab disapa dr.Hubes ini menyampaikan bahwa, RSUD Berkah sudah dari awal Maret 2021 telah melakukan upaya sosialisasi kepada masyarakat, untuk memanfaatkan fasilitas mobile JKN sebgai sarana memudahkan antrian menuju poliklinik RSUD Berkah.

“Sampai hari ini (Kamis, 10/6 – red) masih minim masyarakat menggunakan antrian Mobile JKN, kami juga sedang menggali apa kendalanya sehingga antusiasme warga belum terlalu siginifikan menggunakan aplikasi ini (Mobile JKN-red)”, tutur dr.Hubes.

Kedepan, lanjut dr.Hubes, RSUD Berkah juga sedang terus melakukan upaya-upaya inovatif untuk memudahkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat Pandeglang. “Diantaranya, kami sedang merencanakan antrian dengan aplikasi antrian reservasi melalui WA, Website, SMS, dan Telp, doakan semoga segera terlaksana”, tuturnya.

dr.Hubes menambahkan bahwa penggunaan Mobile JKN ini caranya mudah, lebih pasti dan yang terpenting masyarakat tidak harus antri manual dengan nomor antrian.

Berikut kami jelaskan langkah-langkahnya :
1. Download aplikasi di playstore atau Appstore
2. Setelah terinstal klik menu pendaftaran pengguna mobile untuk masuk ke halaman registrasi
3. Proses registrasi dengan cara memasukkan data dan klik register
4. Setelah berhasil proses registrasi akan muncul kotak dialog kemudian klik ok untuk kembali ke halaman login
5. Masukkan nomor kartu/ email/username dan password
Kemudian masukkan chapta
Jika berhasil akan ada notifikasi (Selamat Anda Masuk Mobile JKN)
6. Buka menu atau fitur pendaftaran pelayanan
7. Pastikan anda sudah mempunyai surat rujukan dari faskes tingkat pertama ( FKTP ) Puskesmas atau klinik
8. Klik menu antrian FKTRL Di bagian pojok kanan atas
9. Ambil antrian dan masukkan nomor rekam medis
10. Masukkan tanggal kunjungan sesuai jadwal poliklinik yang anda tuju
11. Klik set dan simpan (screen shoot)

“Apabila berhasil, kita akan mendapatkan kode notifikasi khusus berupa estimasi pelayanan dan kode booking,” jelas dr.Hubes.

Jika sudah muncul notifikasi pendaftaran lanjut dr.Hubes, silakan kirim ke nomor call center RSUD Berkah Pandeglang di nomor 081112126666. “Perlu di ingat, bahwa akses antrian tersebut diterima satu hari sebelum kunjungan ke poli klinik.” Tegasnya.

Masih kata dr.Hubes, jika masih ada trouble pada pendaftaran di aplikasi mobile JKN, kemungkinan terjadi kesalahan verifikasi nomor handphone, email dan data diri khususnya berupa NIK, yang tidak padan atau kerap telah terdaftar bahkan pernah terdaftar di mobile JKN oleh orang sebelum kita.

“Jika masih ada kendala, maka kami sarankan masyarakat agar melakukan verifikasi ulang langsung konfirmasi ke kantor BPJS terdekat atau hubungi layanan BPJS center”, tutup dr.Hubes. (Adv/BP1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here