Apel Pergeseran Pasukan Digelar Di Alun-alun Pandeglang

0
12

Pandeglang,Badakpos.com  – Pemerintah Kabupaten Pandeglang bersama aparat keamanan menggelar apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan pilkades serentak, Sabtu (4/11)

 
Apel pergeseran pasukan diikuti oleh ratusan pasukan pengamanan yang tetdiri dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polisi Republik Indonesia (Polri), Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Sat-Pol PP) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas).

 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita. Turut Hadir dalam acara ini Komandan Kodim 0601 Letkol Inf Fitriana Nur Heru Wibawa, Abuya Muhtadi Bin Dimyati Cidahu, Asda Pemerintahan Agus Priyadi Mustika, Kepala DPMPD Taufik Hidayat, Kaban Kesbangpol Tatang Effendi, Kasat Pol PP Dadan Saladin.

 
Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, apel ini dalam rangka melakukan pengecekan persiapan pengamanan pilkades 2017. Kata Irna Narulita, jalannya demokrasi ini akan memberikan kedewasaan kepada masyarakat, sehingga pemimpin yang lahir sesuai kehendak masyarakat. “Dalam pelaksanaan pilkades terdapat berbagai kerawanan yang perlu diantisipasi sejak dini, agar tidak mengganggu jalan nya pilkades 2017 dengan mengedepankan kegiatan preventif dapat diredam,” kata Irna Narulita saat bertindak sebagai Inspektur upacara.

 

 
Lanjut Irna, seluruh jajaran pengamanan harus dapat mengamankan setiap tahapan pilakdes, agar memberikan rasa aman kepada pelaksana kegiatan pilkades dan masyarakat yang melakukan pencoblosan. “Seluruh personil polri dan pasukan pengamanan lainnya saya harap dapat menjaga netralitas dengan tidak memihak kepada salah satu pasangan calon manapun guna kelancaran dan keamanan pilkades,” lanjutnya.

 
Masih kata Irna Narulita, ada beberapa poin yang harus dipersiapkan oleh TNI, Polri, Dishub, Sat Pol-PP, dan Linmas yang pertama mental dan fisik serta disiplin kerja, perkokoh kebersamaan, lakukan penegakan hukum setiap ada pelanggaran, beri arahan yang jelas kepada para petugas, lakukan pengawasan dan pengendalian terhadap pelaksanaan pengamanan, dan memantapkan tekad serta komitmen dalam rangka mengawal untuk seksesnya pilkades 2017.

 

 

Terpisah, Kapolres Pandeglang AKBP Ary Satriyan mengatakan, persiapan dalam rangka pengamanan seluruh personil yang akan diturunkan kurang lebih 840 personil termasuk backup TNI dan linmas, untuk polri sendiri kurang lebih 800 personil. “Bantuan Kendali Operasi Brimob sebanyak 150 pwersonil akan ditempatkan Kecamatan Menes 50 orang, Kecamatan Labuan 50 orang, dan Cibaliung 50 orang, sedangkan sabara polres dan polda bacuk di wilayah kota,”katanya.

 
Untuk kerwanan, Ary menjelaskan, sejauh ini masih terlihat aman. Akan tetapi, dirinya tetap lakukan kemananan terutama di wilayah yang memilki masa yang banyak seperti Labuan, Menes, dan Banjar. “Kita akan berikan pengamanan ektra yang masanya lebih dari 2000 orang,” tambahnya.

 
Masih kata Ary, terkait letupan pemicu konplik, diantaranya masalah warga yang tidak terdafdatar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) harus segera diantisipasi agar tidak meluas. Padahal kata dia, ini kelalaian dalam pendataan di desa. “Saya harap gunakan hak pilihnya dengan baik untuk masyarakat. Kepada calon pendukung tidak usah anarkis. Calon Kepala Desa harus siap menang dan kalah begitu juga kepada pendukung nya. Yang menang jangan terlalu euforia, yang kalah harus lapang dada,” tandasnya. (Bp3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here