Apresiasi Kesenian Lokal, Kemensos Sumbangi Desa Koncang Rp50 juta

Pandeglang, badakpos.com – Budaya kesenian di Kabupaten Pandeglang kian minim peminat, terutama dikalangan anak-anak yang memang sudah terpengaruh oleh Gadget.

Akan tetapi berbeda hal dengan Desa Koncang, Kecamatan Cipeucang yang terus melestarikan budaya kesenian, dari mulai debus, qasidah, dan pencak silat. Kesenian budaya tersebut tampil dalam acara Pentas Seni Kearifan Lokal, Rabu (11/09).

Kepala Desa, A. Chaerudin mengatakan acara ini merupakan persembahan dari masyarakat sebagai bentuk terimakasih kepada Kemensos yang telah memberikan bantuan untuk keperluan kesenian lokal. “Alhamdulillah hari ini pihak kami bisa menampilkan kesenian lokal, dimana alat-alatnya merupakan sumbangan dari Kemensos sebesar Rp50 juta,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kepala Desa menjelaskan bahwa selama ini pihaknya memang sudah mengurus dan mengajukan bantuan ke Kemensos, akan tetapi hal itu tentu butuh proses yang memang tidak mudah. “Sebelumnya pihak kami memang sudah melakukan permohonan bantuan, yang pada akhirnya diberikan langsung melalui Dinsos Pandeglang,” tambahnya.

Hendra, perwakilan Dinsos mengatakan memang sebelumnya Kepala Desa Koncang sudah mengajukan permohonan bantuan kepada pihak kami, lalu diverifikasi ke Provinsi melalui berbagai tahap apakah sesuai RAB atau tidak hingga Kemensos proses bantuan tersebut. “Kemensos memang sudah memberikan bantuan untuk Kesenian Budaya Lokal di Pandeglang, adapun yang mendapatkan bantuan tersebut yaitu Desa Kurung Kambing, Kecamatan Mandalawangi dan Desa Koncang, Kecamatan Cipeucang,” bebernya panjang.

Masih dikatakan Hendra, dengan adanya anggaran dari Kemensos kami berharap agar Kepala Desa dan masyarakat benar-benar bisa mempergunakan dengan sebaik mungkin. “Saya mewakili Dinsos berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan bantuan sebaik mungkin, agar kedepan jika memang lebih baik dan bagus dari ini, tentu kamu akan terus bantu dalam hal apapun,” jelasnya.

Turut hadir Camat Cipeucang beserta jajarannya, Babinsa, Kapolsek, Dinsos Pandeglang, dan para tokoh masyarakat. (BP-10)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *