Apresiasi Pandaya, Bupati Irna : Ekonomi Kerakyatan Dorong Kemajuan Pandeglang

Pandeglang, badakpos.com – Salah satu komunitas pengusaha di Pandeglang yaitu Pandeglang Berdaya (Pandaya) menggelar kegiatan seminar regional di Pendopo, Selasa (8/10).

Acara tersebut dihadiri kurang lebih 200 para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Bipati Pandeglang Irna Narulita yang membuka acara mengatakan, mengapresiasi Pandaya yang telah menginisiasi jalannya seminar bagi para pelaku usaha kecil. “Pandeglang akan maju didorong dari ekonomi kerakyatan. Kegiatan Pandaya bisa mengangkat perekonomian di Pandeglang, kita selaku Pemerintah akan dukung untuk kemajuan pelaku usaha,”katanya.

Direvolusi industri 4.0, Irna berharap dapat mendorong para UMKM dapat beradaptasi terhadap era digital.”Saat ini kami sudah memfasilitasi bagi para UMKM yaitu di Sentra Batik dan Kuliner (Sebakul) dan pusat kuliner di gedung juang. Jika memang para pelaku usah belum memiliki tempat juga, bisa menggunakan toko online yang saat ini sedang menggeliat,”terangnya.

Ia meyakini, jika dengan menggeliatnya para pelaku usaha UMKM, akan meningkatkan ekonomi masyarakat, mengurangi kemiskinan dan pengangguran.”Seminar regional dengan mengusung tema “Arah baru UMKM Pandeglang” akan mendorong para UMKM semakin berkembang di Pandeglang,” pungkasnya.

Sementara Dede Topik selaku ketua Pandaya mengatakan di Kabupaten Pandeglang sangat banyak peluang yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM. “Mengapa tidak, saat ini reaktivasi akan dimulai, tanjunglesung, dan begitu juga jalan tol. Ini semua potensi yang harus kita manfaatkan agar pala pelaku UMKM bisa ambil keuntungan dengan adanya proyek nasional, jangan sampai jadi tamu dirumah sendiri,” terangnya.

Menurut Dede, UMKM jangan sampai menjadi beban pemerintah, namun ia berharap para pelaku UMKM menjadi mitra pemerintah.”Kami harap bisa dijadikan mitra oleh Pemda Pandeglang untuk membina dan membimbing pelaku UMKM agar memajukan daerahnya dari sektor ekonomi,”harap Dede(Bp-3)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *