ATB – BSMI Pelkes Di Huntara Cigobang, Warga : Kami Serasa Punya Saudara Jauh

0
2

Lebak, Badakpos.com – Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) dan Apoteker Tanggap Bencana (ATB) beserta lembaga dari lintas profesi kesehatan melakukan baksi sosial berupa pelayanan kesehatan (pelkes), dihunian sementara (huntara) kampung Cigobang, Desa Banjarsari Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak Banten, Minggu (2/8).

Salah satu pasien warga huntara Amiran (50), sangat berkesan dengan kehadiran tim relawan khususnya BSMI dan ATB, dirinya dan masyarakat serasa memiliki saudara juah yang selalu dirindukan kehadiranya.

“Terimakasih Relawan BSMI, ATB dan relawan lainya, kami selalu rindu dengan kalian semua, bagi kami relawan adalah saudara jauh yang kehadirannya sangat kami rindukan”, ungkap Wakil ketua RT 01/02 Kampung Cigobang.

Koordinator tim relawan Endang Kusnadi yang juga pengurus BSMI, menyampaikan bahwa, kegiatan pelayanan kesehatan dilakukan dengan cara tim dokter dan perawat berkeliling home visit dari rumah ke rumah, kemudian setelah terdata ada keluhan dan diperiksa, warga langsung memeberikan resep ke apotek huntara yang di komndoi tim ATB.

“Dalam data kami, dari 200 kepala keluarga di huntara Cigobang, sebanyak 115 orang warga penyintas terdata mengalami keluhan penyakit ringan,” tutur Endang.

Sementara, ketua ATB Banten Sumarlin menyampaikan bahwa dirinya dan tim ATB belum menemukan penyakit serius di derita oleh warga huntara Cigobang.

“Dari jumlah obat-obatan yang terdistribusikan melalui rekap resep dokter, kebanyakan penyakit yang diderita warga penyintas adalah, batuk, pilek, gatal – gatal dan alergi”, ungkap Ketua ATB Banten Sumarlin. (BP1).

Komentar dibawah ini