Saturday, February 27, 2021
Home Blog

Tiga Tahun Janji Tak Terealisasi, Helldy-Sanuji Siap Mundur

0

Cilegon, Badakpos.com – Bakal pasangan calon (Bapaslon) Wali Kota-Wakil Wali Kota Cilegon Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta (Helldy-Sanuji) kembali menegaskan komitmen untuk memenuhi janji-janji kampanyenya nanti apabila unggul pada Pilkada Kota Cilegon.

“Jika dalam tiga tahun tidak bisa merealisaikan janji kampanye, kami siap mundur sebagai bukti keseriusan, tanggungjawab, dan komitmen kami untuk mempimpin Cilegon dengan amanah,” kata Bapaslon Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta dalam perbincangan dengan wartawan di Cilegon, Senin (21/9/2020).

Helldy-Sanuji adalah salah satu dari empat Bapaslon yang akan maju pada Pilkada Kota Cilegon tahun 2020 ini. Tiga Bapaslon lainnya adalah Iye Iman Rohiman-Awab, Ratu Ati Marliati-Sokhidin, dan Ali Mujahidin-Lian Firman.

Helldy-Sanuji didukung oleh Partai Berkarya dan PKS, sementara Iye-Awab didukung PAN, PPP, dan Partai Demokrat. Kemudian, Ati-Sokhidin didukung Partai Golkar, Nasdem, PKB, dan Gerindra, sedangkan Ali Mujahidin-Lian Firman adalah satu-satunya pasangan dari jalur perseorangan.

Dari semua pasangan tersebut, PDIP tidak masuk gerbong koalisi manapun. Partai yang berniat mengusung Ketua DPC PDIP Kota Cilegon Reno Yanuar sebagai bakal calon kepala daerah itu tidak berhasil mendapatkan pasangan.
Sanuji lebih lanjut menjelaskan 10 janji kampanye pihaknya, yakni penyerapan 25.000 tenaga kerja, pembangunan 43 ruang terbuka publik (alun-alun kelurahan), 5.000 beasiswa full sarjana, pembangunan 8 Puskesmas dengan fasilitas utilitas dan SDM yang handal, dan pembangunan fasilitas hobby dan komunitas.

Kemudian, pemberian honor RT dan RW sebesar Rp 1 juta per bulan, 25 persen kenaikan tunjangan kinerja daerah ASN, 50 persen kenaikan honor guru honorer dan madrasah, pemberian Rp 10 juta per tahun dana stimulan operasional DKM dan Rp 100 juta per tahun dana lingkungan RW.

“Janji kampanye adalah suatu komitmen kuat yang akan kami realisasikan jika terpilih, dengan sekuat tenaga, dan dengan semua cara yang dibolehkan oleh perundang-undangan. Dalam kaitan ini, sumberdaya yang ada akan diprioritaskan untuk terlunasinya janji kampanye tersebut,” kata Sanuji.

Menurut Ketua DPD PKS Provinsi Banten itu, sepuluh janji kampanye dimaksud adalah ibarat bendera dari visi dan misi serta program Helldy- Sanuji yang sudah dilaunching belum lama berselang.

Visi Helldy-Sanuji adalah Cilegon baru, modern, dan bermartabat; sedangkan misinya menyangkut perbaikan di bidang pemerintahan, pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, dan masyarakat berperadaban.

Adapun programnya adalah, di bidang pendidikan akan melakukan pemerataan pendidik dan meningkatkan mutu pendidikan agama, dan di bidang ekonomi akan melakukan pengentasan pengangguran dengan meningkatkan industri dan mendorong ekonomi kreatif dan UMKM.

Selanjutnya, di bidang infrastruktur akan melakukan perbaikan serta pelebaran drainase dan penerangan jalan umum, sedangkan pelayanan publik harus benar-benar melayani, cepat, dan modern serta berupaya menciptakan pemerintahan bersih.

Baik Helldy maupun Sanuji saat ini disibukkan dengan agenda menghadiri undangan masyarakat dan menyerap aspirasi warga di berbagai tempat di Kota Cilegon. Keduanya melakukan silaturahim dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam upaya menghindari penyebaran COVID-19. (BP1).

HUT ke 16, Laz Harfa Gandeng Ricky Harun Jadi Brand Ambassador

0

Serang, Badakpos.com – Memaksimalkan peranya sebagai lembaga sosial kemanusiaan berbasis keIslaman, yang menghimpun dan mengelola dana Zakat, Infaq, Sodaqoh, Wakaf, Fidyah (ZISWAF) serta dana sosial lainnya untuk peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan kaum dhuafa, Lembaga Amil Zakat Harapan Dhuafa (Laz Harfa) resmi gandeng Ricky Harun sebagai Brand Ambassador, di gedung Zakat Building Harfa, Kebon Jahe, Kota Serang-Banten, Sabtu (19/9).

Selama 16 tahun, telah banyak kebaikan yang LAZ Harapan Dhuafa tebar untuk membahagiakan sesama. Banyak yang merasakan manfaat dari program-program sosial kemanusiaan yang telah dilaksanakan sebagai bentuk kontribusi kepada masyarakat, baik itu dalam bidang ekonomi, sosial, pendidikan, sanitasi, kesehatan, dan lain sebagainya.

Ricky Harun sebagai seorang publik figur dan artis yang saat ini sering terlibat aktif di kegiatan sosial kemanusiaan dan kajian keIslaman, yaitu di kajian Musawarah (Muda Sakinah Mawaddah Warahmah) yang juga diisi oleh rekan-rekan sesama artis. Sosoknya yang ramah dan bersahaja, dan sering kali tampil dalam tayangan komedi religius, menjadikannya inspirasi bagi banyak penggemarnya.

Indah Prihanande selaku Direktur Utama LAZ Harapan Dhuafa, menjelaskan alasan lembaganya memilih Ricky Harun sebagai Brand Ambassador, karena memiliki rekam jejak yang baik dan terlibat di beberapa kegiatan sosial kemanusiaan.

“Yang pertama karena kami melihat Ricky Harun sebagai seorang publik figur yang memiliki banyak rekam jejak yang baik, khususnya terlibat aktif di kegiatan kemanusiaan juga sosial. Sehingga hal ini kami lihat begitu sejalan dengan visi dan misi dari LAZ Harapan Dhuafa yang memang bergerak dibidang sosial kemanusiaan, seperti pendidikan, kesehatan, kebersihan dan sarana air bersih, sanitasi, dan lain sebagainya. Termasuk, saat ini kami juga sedang fokus untuk menjalankan program pembebasan lahan untuk Rumah Qur’an Anak sebagai program unggulan yang diharapkan dapat mencetak generasi-generasi muda penghafal Al Qur’an”. Ungkapnya.

Dengan adanya kolaborasi kebaikan yang terjalin antara LAZ Harapan Dhuafa dan Ricky Harun sebagai Brand Ambassador, masyarakat dan para penggemar diharapkan bisa lebih dekat dengan sosok inspiratif mereka. Sehingga mereka bisa ikut serta dalam gerakan sosial kemanusiaan yang nanti disosialisasikan oleh Ricky Harun bersama LAZ Harapan Dhuafa.

“Terimakasih LAZ Harapan Dhuafa telah membantu saya belajar menjadi manusia yang lebih baik dan membahagiakan banyak orang. Ini menjadi satu kerjasama sekaligus kolaborasi untuk kebaikan”, ungkap Ricky Harun.

Selama 16 tahun LAZ Harapan Dhuafa, Ricky Harun menilai, telah banyak program-program yang dilaksanakan, baik dalam segi ekonomi, sosial, pendidikan, kesehatan, dan lainnya. “Semoga kerjasama ini diberkahi dan menjadi ladang pahala bagi kita”. Ungkapnya. (BP1).

Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua PGRI, Hj Yuskiah Ternyata Sosok Pemimpin Berkepribadian Menawan

0

Pandeglang, Badakpos.com – Perhelatan pemilihan kepengurusan PGRI Kabupaten Pandeglang sudah selesai, dengan membuahkan hasil Ibu Hj Yuskiah, S.Pd sebagai ketua yang dipilih secara aklamasi.

Terpilihnya Hj Yuskiah menjadi ketua PGRI Kabupaten Pandeglang, ternyata tidak serta merta didapat dari proses pendek hanya dalam satu hari pemilihan, dibalik keberhasilanya menjadi pemersatu organisasi tanpa proses pajang yakni aklamasi, ternyata sosok Hj.Yuskiyah memiliki kepribadian menawan yang sangat dikagumi oleh rekan-rekan satu organisasinya di PGRI.

Ade Sutisna selaku Ketua PGRI Saketi merupakan salah satu pengagum dan pendukung setia tanpa pamrih sosok ketua terpilih Hj.Yuskiah, disela menemani santainya, Ade yang juga sebagai koordinator Administrasi (Kormin) Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatam Bojong menceritakan secara rinci sosok ketua PGRI terpilih kepada badakpos.com, Sabtu (27/6).

Hj.Yuskiah Paling Kanan, Bersma Ade Sutisna Saat Anjangsana Ke Salah Satu Pengurus Demisioner PGRI.
Hj.Yuskiah Paling Kanan, Bersma Ade Sutisna Saat Anjangsana Ke Salah Satu Pengurus Demisioner PGRI.

Sosok santun dan dermawan Ibu Hj.Yuskiah menjadi ciri khas dari kepribadiannya, baik bergaul dalam lingkungan organisasi maupun dengan masyarakat luas, selain itu, Hj.Yuskiah juga dikenal sebagai sosok wanita keibuan yang humble dalam bermasyarakat.

Selain kepribadianya yang menawan, sosok Hj.Yuskiah ternyata memiliki satu kunci yang menjadi penopang dalam keberhasilanya meraih simpati dalam bermasyarakat ataupun pada pemilihan waktu lalu, yakni religius dan dermawan.

Dari sikap religius inilah sosok Hj.Yuskiah dikenal sebagai pribadi yang dermawan, Hj.yuskiah memiliki anak asuh yatim/piatu dari kalangan dhuafa, “Inilah menurut saya jadi penolong mulusnya jalan Bu Hj.Yuskiah menjadi sekarang ini, baik dalam karir ataupun menjadi ketua PGRI sekalipun”, kata Ade Sutisna.

Warga PGRI sebagian besar adalah guru-guru, yang notabene tidak diragukan lagi dalam wawasan, pengetahuan, dan pengakuan masyarakat dalam berbagai aktifitas dilingkungannya, dengan modal tersebut tentunya tidak akan gegabah dalam menentukan sesuatu atau memilih sesuatu, termasuk memilih Ketua PGRI yang telah dilaksanakan di tanggal 23 Juni 2020 kemarin.

Karena, dari guru lah lahir Politisi, lahir dokter, lahir ilmuan, bahkan dari guru lah lahir pemimpin negeri ini, dari sinilah saya yakin kata Ade, soal pemenangan dalam bentuk aklamasi menjadi keniscayaan sebuah organisasi yang di dalamnya tempat berkumpul sosok sosok tauladan, tidak gaduh, tidak ada intrik, tidak ada deal politik dan tidak ada money politik.

Memang manusia tidak ada yang sempurna, tentu ada plus dan minusnya tapi setidaknya ada alasan yang mendasar yang cukup kuat mengapa ibu Hj.Yuskiah terpilih.

Hj.Yuskiah Ke Enam Dari Kiri, Foto Bersama PGRI Pandeglang Saat Konkab PGRI Beberapa Waktu Lalu.
Hj.Yuskiah Ke Enam Dari Kiri, Foto Bersama PGRI Pandeglang Saat Konkab PGRI Beberapa Waktu Lalu.

Pertama, menurut saya kata Ade, tingkat kepedulian ibu Hj.Yuskiah sangat tinggi, peduli terhadap kondisi rekan-rekan satu organisasi, baik dalam keadaan pahit dan keadaan manis sesuai kemampuan tentunya.

Contohnya, Ade menjelaskan, ketika ada rekan yang sakit, beliau menjadi motivasi dengan menjenguk, dan begitu juga ketika ada rekan yang hajatan (pesta perayaan) beliau juga yang selalu mengajak anggota lain ikut membantu, ikut mendukung semampunya dalam kegiatan tersebut, banyak hal-hal yang lain yang beliau tunjukkan yang mencerminkan sikap kepedulian Hj.Yuskiah.

Hal tersebut sederhana memang, kata Ade, bahkan semua orang mampu melakukannya, tapi menurutnya, Hj.Yuskiah lah yang paling peduli dalam masalah itu.

Yang kedua, kata Ade, Sosok Hj. Yuskiah itu, sosok yang bersahaja, merakyat, membuat orang tidak merasa canggung mendekatinya, semua orang diterima dengan ramah dengan tangan terbuka, terkadang orang yang baru bertamu dirumah Hj.Yuskiah akan merasa bingung, jika kebetulan dirumahnya masih ada tamu, pasti bingung membedakan mana tamu dan mana tuan rumah, karena teman-teman yang menjadi tamunya merasa nyaman seperti rumah sendiri, contohnya mengambil makanan sendiri, minuman, Kecuali dalam hal-hal yg privasi, semua tentunya tahu diri, pasti bagi tamu yang baru kenal akan bingung, saya pun awalnya bingung menentukan mana tuan rumahnya saking dekatnya mereka.

Ketiga, Hj.Yuskiah adalah sosok yang tegas dan demokratis, saat dalam menjalankan tugas di keseharian, Hj.Yuskiah terbilang tegas, ketika yang disampaikan itu benar, dirinya (Hj.Yuskiah) pasti sampaikan walaupun itu pahit, dan teguh terhadap pendiriannya, tetapi ketika ada masukan yang bisa diterima oleh semua dan itu dianggap benar, maka biasanya Ibu Yuskiah mau menerimanya dengan terbuka.

Keempat, ibu Hj.Yuskiah beliau dermawan, seperti yang diceritakan diawal.

Kelima, Energis, saya lihat sosok Ibu Hj.Yuskiah sosok yang tidak mengenal lelah saat bekerja, membela rekan, menyelesaikan masalah, bahkan sebelum masalah terselesaikan ia akan terus membela sampai masalah tersebut ada solusinya dan selesai.

Keenam, menurut saya, Hj.Yuskiah ini sosok pemersatu, ia tahu watak dan karakter semua rekannya, itu yang menjadikan dirinya (Hj.Yuskiah) tahu bagaimana perlakuan yang harus terapkan terhadap satu dan yang lainnya, sehingga semua bisa dirangkulnya bersatu dalam visi dan misi yang sama.

Ketujuh, religius, ini pula yang telah dijelaskan di awal, menjadinya orang yang sangat disegani.

Kedelapan, suka menjalin silaturahmi, sehingga banyak yang menjadi sahabat, kerabat, di tiap daerah dan sudah seperti keluarga, itu yang kemarin menjadi kekuatan besar bagai air bah yang tidak terbendung untuk memilih Hj.Yuskiah, kekuatan kekeluargaan dan kebersamaan yang dibangunya menjadi penentu utama aklamasi.

“Banyak lagi sikap-sikap yang ditunjukkan beliau (Hj.Yuskiah), Sejalan dengan tugas Pengurus PGRI sendiri diantaranya melayani, menganyomi, mensejahterakan, meningkatkan harkat marbat dan meningkatkan profesionalisme guru, jadi wajar Hj.Yuskiah terpilih menjadi Ketua PGRI Kabupaten dipemilihan kemarin”, tutup Ade Sutisna.(BP1).

Pandeglang Dapat Kucuran Rp 15 Miliar Untuk Bidang Pendidikan

0

Pandeglang, Badakpos.com – Pemkab Pandeglang kembali mendapatkan kucuran bantuan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik di bidang pendidikan dari Pemerintah Pusat.

Kepala Seksi (Kasi) Sarana dan Prasarana SMP pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang, “Pemerintah Pusat menggelontorkan anggaran (DAK) untuk Kabupaten Pandeglang tahun 2020 dengan total anggaran sebesar Rp 15 miliar,” kata Rifai saat menghadiri bimbingan Teknis (Bimtek) bagi sekolah penerima bantuan DAK tahun 2020 yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang, Kamis (25/6/2020) di Hotel Horizon Altama.

Lebih lanjut Rifai mengatakan adapun jumlah sekolah SMP yang mendapatkan bantuan Dana Alokasi khusus dari Pemerintah Pusat tersebut sebanyak 47 sekolah, rata-rata bantuan DAK tersebut untuk rehabilitasi sekolah yang termasuk rusak sedang, berat dan rusak total, seperti rehabilitasi ruang kelas, perpustakaan, pengadaan alat diantaranya lab, komputer dan lain sebagainya, “Sampai dengan saat ini pihaknya belum mengetahui kapan DAK itu di kucurkan, kami masih menunggu informasi lebih lanjut dari Pemerintah Pusat,“ tuturnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita saat membuka acara Bimtek bagi sekolah penerima DAK tersebut mengatakan program bantuan kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Pandeglang, dalam pengelolaanya harus transparan dan profesional, “hal tersebut tentunya agar terwujudnya pembangunan sekolah yang berkualitas dan tepat sasaran, “katanya.

Bupati Irna berharap kepada seluruh penerima Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 agar betul-betul bisa di pertanggung jawabkan, perencanaan yang matang, pengawasan yang baik, tentunya akan menghasilkan kualitas pembangunan sekolah yang baik dan transparan, “jangan sampai dalam pengelolaan DAK ini ditemukan permasalahan di kemudian hari, “tutupnya. (BP1).

Angota PPS se Kabupaten Pandeglang Dilantik, KPU Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

0

Pandeglang, Badakpos.com – Senin 15 Juni 2020, KPU Pandeglang melantik Panitia Pemungutan Suara (PPS), Pelantikan dilakukan oleh Ketua KPU Pandeglang Ahmad Sujai dan empat komisioner yaitu Ahmad Munawar, Ahmadi, Nunung Nurazizah, dan Samsuri secara bergelombang di 18 lokasi.

Adapun jumlah PPS yang dilantik berasal dari 339 desa/kelurahan yang ada di 35 kecamatan dengan jumlah keseluruhan 1.017 Pelantikan PPS ini menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dimana para peserta,panitia, dan tamu undangan harus memakai masker sebelum masuk ke area tempat acara, diukur suhut tubuh oleh petugas medis dari Dinkes Pandeglang dan mencuci tangan dengan hand sanitizer yang sudah di sediakan panitia.

Komisioner KPU Pandeglang, Melantik Anggota PPS.

Dalam pelantikan ini, Ketua KPU Pandeglang Ahmad Sujai menyampaikan sejumlah hal untuk jadi pedoman PPS antara lain, PPS dalam menjalankan tugas,wewenang serta kewajibannya wajib berpedoman pada asas mandiri, jujur,adil, kepastian hukum, tertib, mengedepankan kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas, profesionalitas, akuntabilitas, efisiensi, efektivitas, dan aksesibiltas.

“PPS juga harus menjamin pelaksanaan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Pandeglang di tahun 2020 ini berjalan secara demokratis yang berasaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” jelasnya.

Menurut Ahmad Sujai, pelaksanaan tahapan ini di masa pandemi Covid-19. Sujai menekankan agar PPS disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Ikuti anjuran pemerintah agar semua petugas sehat selama melaksanakan seluruh tahapan,” harapnya.

Sementara itu, Juru Bicara Penanganan Covis-19 Pandeglang dr Ahmad Sulaeman mengapresiasi pelantikan PPS yang menerapkan protokol kesehatan.

“Sebelum pelantikan PPS kami sudah koordinasi dengan tim gugus kecamatan untuk membantu pelaksanaan pelantikan agar tetap menjalan protokol kesehatan. Kami melihat pelantikan PPS sudah sesuai protokol dan jumlah pesertanya juga tidak terlalu banyak dalam setiap sesinya,” kata Ahmad Sulaeman. (BP1).

Inilah Daftar Obat & Vaksin Yang Dianggap Dapat Mengatasi Covid-19

0

Info Sehat, Badakpos.com – Covid-19 telah menyebar ke berbagai negara dengan cepat. Ribuan orang telah meninggal akibat virus ini. Hal ini menyebabkan dipacunya pengembangan obat atau vaksin yang mampu mengatasi Covid-19.

Seperti dilansir dari farmakoterapi.com, Vaksin Covid-19 pertama di Cina diharapkan siap untuk uji klinis pada akhir April, menurut Xu Nanping, Wakil Menteri Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China.

Selain itu WHO telah mencatat bahwa obat anti virus yang bernama remdesivir telah menunjukkan kemanjuran dalam mengobati infeksi coronavirus.

Amerika Serikat (AS) memulai uji klinis pada manusia di Pusat Medis Universitas Nebraska untuk menguji keamanan dan kemanjuran obat tersebut.

Pasien pertama yang diberikan obat adalah pengungsi dari kapal pesiar Diamond Princess.

Berikut ini beberapa obat atau vaksin yang tengah dikembangkan untuk mengatasi Covid-19:

 

Favilavir

Otoritas kesehatan di China telah menyetujui penggunaan Favilavir, suatu obat anti virus, sebagai pengobatan untuk coronavirus.

Obat tersebut dilaporkan telah menunjukkan kemanjuran dalam mengobati penyakit dengan efek samping minimal dalam uji klinis yang melibatkan 70 pasien. Uji klinis sedang dilakukan di Shenzhen, provinsi Guangdong.

 

TNX-1800

Tonix Pharmaceuticals telah bermitra dengan Southern Research, sebuah organisasi penelitian nirlaba, untuk mengembangkan vaksin coronavirus bernama TNX-1800.

Vaksin ini adalah virus horsepox yang dimodifikasi yang dikembangkan menggunakan platform vaksin horsepox eksklusif milik Tonix.

TNX-1800 dirancang untuk mengekspresikan protein yang berasal dari virus yang menyebabkan infeksi coronavirus.

 

Brilacidin

Brilacidin telah menunjukkan sifat antibakteri, anti-inflamasi dan imunomodulator dalam beberapa uji klinis.

 

INO-4800

Inovio Pharmaceuticals telah bekerja sama dengan Beijing Advaccine Biotechnology Company untuk memajukan pengembangan vaksin sebelumnya, INO-4800, sebagai vaksin coronavirus baru.

Perusahaan telah memulai pengujian pra-klinis untuk pembuatan produk klinis.

 

Remdesivir (GS-5734)

Awalnya dirancang sebagai obat ebola yang dikembangkan oleh Gilead Sciences yang ternyata tidak efektif sekarang sedang diuji dalam uji klinis acak fase III bekerja sama dengan China.

Percobaan sedang dilakukan pada 761 pasien dalam penelitian acak, terkontrol plasebo, double-blind di beberapa rumah sakit di Wuhan.

Hasil dari uji coba diharapkan akan tersedia selama beberapa minggu ke depan. Menurut laporan oleh The New England Journal of Medicine (NEJM), remdesivir, ketika diberikan kepada pasien coronavirus di AS, tampaknya telah meningkatkan kondisi klinis.

 

Galidesivir

Obat antivirus Galidesivir (BCX4430) telah menunjukkan aktivitas spektrum luas terhadap berbagai patogen termasuk coronavirus. Obat ini merupakan penghambat RNA nukleosida polimerase yang mengganggu proses replikasi virus.

Galidesivir telah menunjukkan manfaat bertahan hidup pada pasien terhadap virus mematikan seperti Ebola, Zika, Marburg, dan demam kuning.

 

REGN3048-3051

Dikembangkan oleh Regeneron, kombinasi antibodi monoklonal penetral REGN3048 dan REGN3051 sedang dipelajari terhadap infeksi coronavirus dalam percobaan klinis pertama pada manusia.

Keamanan dan tolerabilitas obat akan dipelajari pada 48 pasien. Kedua antibodi tersebut berikatan dengan protein S dari MERS coronavirus.

Pemberian obat secara intravena dalam model tikus MERS menghasilkan netralisasi tingkat tinggi dari coronavirus MERS dalam sirkulasi darah dengan pengurangan viral load di paru-paru.

IDI dan BSMI Pandeglang Berbagi Dengan Dhuafa Di Muarajaralang.

0

Pandeglang, Badakpos.com – IDI  pengurus cabang kabupaten Pandeglang bersama dengan BSMI sinergis melakukan Aksi sosial kesekian kalinya, berbagi dengan kaum dhuafa dibulan suci ramadhan, kali ini berlokasi di Muarajaralang Kecamatan Cigeulis, Jumat (22/5).

Pemberian bantuan berupa pakaian layak pakai (PLP) dan santunan dhuafa, selain itu IDI & BSMI juga melakukan penyuluhan kesehatan tentang covid-19 dan pencegahanya.

Perwakilan pengurus IDI Cabang Pandeglang, dr.Rizal kepada wartawan menyampaikan, bahwa, donasi tersebut didapat dari donasi keluarga besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Pandeglang dan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Pandeglang, bantuan itupun diberikan sebagai bagian dari rangkaian Hari Bakti Dokter Indonesia.

“Aksi sosial kali ini bertepatan dengan rangkaian Hari Bakti Dokter Indonesia, semoga dengan aksi sosial ini kami (IDI-red) menjadi bagian yang dapat membangun ketahanan kesehatan bangsa dengan kepedulian terhadapa semua komponen masyarakat”, ujarnya.

Sementara, Pudin selaku tokoh masyarakat Muarajaralang menyampaikan ungkapan terimakasih atas donasi dan kepedulian para dokter dan relawan BSMI kepada 200 Kepala Keluarga masyarakat kampungnya.

“Sebagian besar warga kami bermatapencaharian sebagai buruh tani dan pembantu rumah tangga, kami bersyukur kegiatan ini sangat membantu di situasi sekarang ini (Covid-19-red) yang sangat memprihatinkan”, ungkap Pudin.

Ditempat yang sama, pengurus BSMI Pandeglang, Rosmalina menyampaikan bahwa kerjasama ini bukan yang pertama kalinya dengan IDI, “ditengah pandemi ini kami berharap BSMI tetap bisa membantu masyarakat walau dengan keterbatasan”, ujar wanita yang akrab disapa kak Ros. (BP1).

Lima Produk Inovasi Alkes Buatan Lokal Untuk Penanganan COVID-19 Diluncurkan

0

JAKARTA, Badakpos.com – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) membuat lima produk inovasi alat kesehatan (alkes) untuk mendukung penanganan COVID-19. Kelima produk tersebut diluncurkan Presiden RI Joko Widodo secara virtual pada Rabu lalu (20/5).

BPPT melalui Satuan Tugas Riset dan Invonasi Teknologi untuk Penanganan COVID-19 (TFRIC-19) memproduksi alkes berupa RDT kit, PCR tes kit, artificial intelligence pendeteksi COVID-19, mobile laboratorium bio safety level 2 dan emergency ventilator. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa karya inovasi ini sangat dibutuhkan di tengah pandemi.

“Saya lihat sendiri, ada rapid test yang waktu saya tanya produksi berapa, sudah kira-kira 100 ribu (unit). PCR test kit sama, apakah sudah produksi, sudah, apakah sudah uji, sudah 100 ribu (unit). Kemudian ada emergency ventilator yang ini kemarin saya lihat ada karya BPPT, ITB, UI, UGM, PT Dharma, PT Poly Jaya, yang mulai dan ini tinggal produksinya,” ucap Jokowi dalam sambutan yang diunggah pada kanal YouTube Setpres.

Produk inovasi dari TFRIC-19 mendorong ekosistem dalam negeri, khususnya di bidang kesehatan. Di sisi lain, berbagai produk inovasi karya anak bangsa terwadahi dapat mendukung kesiapan dan ketahanan nasional kita dalam konteks penyakit menular.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan bahwa TFRIC-19 merupakan model ekosistem inovasi yang terbangun karena adanya dorongan kebutuhan bersama. Hal tersebut terpicu karena ada rasa kebersamaan yang sangat kuat untuk berbuat sesuatu.

“Untuk itu ditegaskan olehnya, ekosistem inovasi yang sudah terbangun ini harus diteruskan dan diberi penguatan. Berbagai produk inovasi karya anak bangsa pun telah dihasilkan dari sinergi ini yang memang difokuskan untuk penanganan pandemi ini,” ujar Hammam dalam keterangan pers BPPT pada Rabu lalu (20/5).

Melihat kondisi ketergantungan Indonesia ketika menghadapi pandemi ini, Hammam menyampaikan bahwa produk inovasi telah menjawab tantangan itu.

“Semoga kondisi ini menjadi pembelajaran nasional yang baik dan harus kita sikapi dengan positif,” terang Hammam.

Hammam berharap agar inovasi teknologi untuk substitusi impor, untuk ketahanan nasional, sudah saatnya menjadi prioritas. Ini termasuk upaya mendorong tumbuhnya industri hulu dan industri antara.

Ekosistem inovasi yang dibangun dalam TFRIC-19 merupakan sinergi dan kerja sama antara 11 lembaga litbang, 18 perguruan tinggi, 11 asosiasi atau komunitas, 3 rumah sakit, 2 industri dan 6 start up.

“Sudah semestinya kita patut bersyukur, aksi-aksi TFRIC-19 telah dapat dilaksanakan dengan sangat baik, dan beberapa produk inovasi TFRIC-19 telah berhasil kita luncurkan kepada masyarakat, dan mendapatkan apresiasi serta dukungan penguatan hilirisasi dari Bapak Presiden Joko Widodo dalam acara peluncuran virtual, siang tadi,” katanya.

Namun, tantangan yang kini masih dihadapi terkait dengan pelengkap dari alkes PCR test kit yaitu bahan reagen. Pengembangan alkes sempat terkendala oleh ketersediaan alat reagen yang saat ini masih harus impor. Meski begitu pada akhir Mei 2020 PCR test kit akan rampung didistribusikan ke rumah sakit serta laboratorium yang menguji spesimen COVID-19.  (BP1/bnpb.go.id)

Yayasan Irsyadul’ Ibad & POMG Berikan Bantuan Sembako Untuk Warga

0

Pandeglang, Badakpos.com – Bertempat di SDIT Irsyadul’ibad 2 Pandeglang, yang berlokasi di desa Margasana kecamatan pagelaran, pihak yayasan bersama para wali murid salurkan bantuan berupa puluhan paket sembako ke warga sekitar berdasarkan pantauan Badakpos.com pada sabtu (16/5).

Hadir dalam acara tersebut, kepala desa Margasana, ketua Rt 11,Rt 12, Rt 13 dan ketua Rw, ketua komite SDIT, pengurus yayasan juga undangan lainnya.

Ketua yayasan Irsyadul’ibad, Hidayat Rahman dalam sambutannya mengatakan, bahwa ia mengucapkan banyak terima kasih kepada para orang tua murid yang telah dengan ikhlas menyumbang puluhan paket sembako ini untuk dibagikan ke warga dhuafa yang ada di sekitar SDIT.

Masih dikatakan Hidayat Rahman, bantuan paket sembako ini tidak dapat memenuhi kebutuhan, tetapi ini hanya sekadar untuk meringankan beban para sebagian warga di lingkungan Rt 11 hingga 13 atau warga sekitar lokasi SDIT Irsyadul ‘ Ibad 2 Pandeglang, ia juga mengajak ke warga untuk tetap waspada dan menjaga kebersihan lingkungan di masa krisis kesehatan atau pandemi covid-19.

Sementara kepada desa Margasana, Adi Saepulloh menuturkan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada pihak yayasan, kepala sekolah beserta dewan guru dan orang tua murid atas kepedulian kepada warga sekitar Rt 11, Rt 12 juga Rt 13.  Ia menyarankan kepada para ketua rt untuk mengantarkan paket sembako ke rumah warga masing masing yang berhak menerimanya, ” ini lagi pandemi corona, kita harus patuhi himbauan pemerintah untuk tidak berkumpul dan selalu jaga jarak,” terang Kades Margasana.

Dilanjutkan Kades, “semoga ke depannya siswa siswi di SDIT ini semakin bertambah banyak, juga bantuan paket sembako ini bisa untuk meringankan beban kebutuhan warga di saat pandemi covid-19,” tutupnya.

Ditemui ditempat yang sama, salah satu warga sekitar bernama Sidah mengatakan, bahwa ia sangat senang atas pemberian paket sembako dari pihak SDIT Irsyadul’Ibad 2, singkat saja.

Hal lain dikatakan ketua komite SDIT Irsyadul’Ibad 2 Pandeglang bernama Supartika Yuliandani, setiap tahun agenda penyaluran bantuan paket sembako ini selalu dilaksanakan, bahkan untuk tahun mendatang pihaknya ingin lebih banyak menyalurkan paket sembako.

“Dengan demikian warga dhuafa di sekitar lingkungan sekolah bisa lebih banyak yang tersentuh, pada kesempatan bakti sosial peduli dhuafa SDIT Irsyadul’ibad 2 Pandeglang ini dengan slogan indahnya berbagi di bulan yang suci ini, ungkap Supartika Yuliandani.(BP1).

Menguatkan Ekononi Umat Ditengah Pandemi Covid-19, GEMA MA Gelar Seminar Online.

0

Tangerang, Badakpos.com -Ditengah perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang belum terlalu baik di awal tahun 2020, UMKM di Indonesia kembali diuji dengan munculnya pandemik Covid-19 ditengah masyarakat Indonesia.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, DPP Generasi Muda Mathla’ul Anwar (GEMA MA) menginisiasi diselenggarakannya Seminar Online mengangkat tema peluang usaha Mikro Kecil dan Menengah ditengah pandemik Covid-19.

Ketua Umum DPP GEMA MA Ahmad Nawawi, menjelaskan bahwa, Kondisi pandemik COVID-19 yang terjadi hari ini membawa dampak sangat besar di berbagai sektor, termasuk ekonomi, dan UMKM merupakan salah satu sektor usaha yang paling terdampak pandemi Covid-19 karena banyak masyarakat Indonesia yang merubah pola konsumsinya.

“Namun demikian, dampak virus Corona ini juga dapat menjadi kesempatan bagi usaha kecil dan menengah untuk menciptakan peluang usaha sendiri yang bisa dimulai di masa sulit ini,” tutur Nawawi.

Pria yang juga menjadi pengantar dalam daring tersebut menjelaskan, bahwa Ada beberapa faktor yang membuat UMKM masih bisa bertahan ditengah wabah Covid-19.  Yang pertama, umumnya UMKM yang menghasilkan barang konsumsi dan jasa yang dekat dengan kebutuhan masyarakat. Pendapatan masyarakat yang menurun drastis tidak berpengaruh banyak terhadap permintaan barang dan jasa yang dihasilkan. UMKM malah bisa bergerak dan menyerap tenaga kerja meski jumlahnya terbatas dan dalam situasi Covid-19.

Kedua, Nawawi menyampaikan, pelaku usaha UMKM umumnya memanfaatkan sumberdaya lokal, baik sumberdaya manusia, modal, bahan baku, hingga peralatan. Artinya, sebagian besar kebutuhan UMKM tidak mengandalkan barang impor.

Dan yang ketiga, “umumnya bisnis UMKM tidak ditopang dana pinjaman dari bank, melainkan dari dana sendiri,” jelas Nawawi.

“Peran pelaku UMKM ditengah pandemik Covid-19 untuk tetap menjaga pertumbuhan UMKM menjadi sangat penting. Namun pertanyaannya, sampai kapan UMKM bisa terus bertahan, dan berapa banyak pelaku UMKM yang bisa bertahan?. Mengingat kondisi keprihatinan saat ini juga sangat berpengaruh terhadap kemampuan beli masyarakat,” Kata Nawawi.

Menjawab pertanyaan tersebut, menginisiasi terselenggaranya Seminar Online mengangkat tema peluang usaha Mikro Kecil dan Menengah ditengah pandemik Covid-19.

“Kami mengundang beberapa pembicara diantara nya, 1.Riza Damanik, Ph.D (staf khusus Menkop UKM), 2. drg. Arif Rosyid Hasan (Komisaris BSM), 3. Dr. Ahmad Mukhlis Yusuf (Strategic Consulting), 4. Achmad Yakub, S.Sos (Majelis Amanah DPP GEMA Mathla’ul Anwar,  dan saya sendiri sebagai pengantar dalam diskusi tersebut, jelas Nawawi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada, Hari kamis, (14/5), pukul 20.00 – 21.30 WIB. melalui media Aplikasi Zoom meeting.

“Semoga Webinar malam nanti (14/5) dapat memeberikan gagasan pemikiran dan solusi alternative terbaik, untuk menjadikan UMKM sebagai pilihan utama, sehingga menguatkan ekonomi Umat,” tutup Nawawi.(BP1).

Datang Dari Allah, Buktikan Kepada Allah

0

Oleh : Agus Nurcholis Saleh

Penulis adalah : Peneliti dan Pengabdi dari Universitas Mathla’ul Anwar Banten

 

Pertama kali dalam sejarah hidup, hamba menemukan pemimpin yang visioner di level desa. Bertahun-tahun bersinggungan, tapi belum menemukan leader yang se-ide dan se-pemahaman, kecuali yang tadi berjumpa tidak begitu lama. Ia tidak sedang berteori seperti di ruang-ruang kuliah dan pelatihan. Tapi dari semangat pembicaraannya, ia sedang berbahagia dengan telah, sedang, dan akan dilakukan di wilayah desanya.

Apakah penulis terlalu berlebihan? Bisa jadi, tergantung sudut pandang dan bagaimana pembaca berperasaan. Semua perbedaan dipersilahkan, tapi permusuhan tidak direkomendasikan. Bisa jadi saya yang kurang pergaulan, sehingga tidak bisa menemukan yang setara dan jauh lebih hebat darinya. Bisa jadi juga karena saya terlalu lama dipenjara oleh apparatus nihilism. Bertahun-tahun keliling pedesaan, they are business as usual.

Lokasi desanya berada jauh dari pusat kota. Tapi jarak tidak menjadi permasalahan. Ketika usaha dilebihkan, maka hasil akan menyesuaikan. Kalau wilayah desanya ditelantarkan, Ia merasa gagal dalam kepemimpinan.

Apalagi jika sumber daya manusia yang menjadi korban. Oleh karena itu, ia mendorong warganya untuk berpendidikan tinggi tanpa harus bingung tentang biaya. Semua solusi bisa dicari jika se-wilayah desa mau berbagi.

Dia hanya seorang tamatan STM yang aktivitasnya pergi ke lautan. Tapi ia tidak menyebutkan sebagai nelayan atau satu profesi yang berhubungan dengan lautan. Semangat sekali ia bercerita tentang apa yang sudah dilakukan dan apa yang dicita-citakannya. Ia belum memberi nama konsepnya. Tapi beberapa produk yang dihasilkan jajarannya sudah dirancang, dikemas, dan siap edar untuk menambah pemasukan.

Ia memperlihatkan kepada kami buku kecil sederhana bernama ‘tamasya’. Masyarakat harus diberi kesempatan untuk (belajar) saving sekaligus investing n caring. Tamasya adalah singkatan dari tabungan masyarakat. Ia begitu bangga dengan 60 juta yang berhasil terkumpul dari tamasya. Angka itu harus berputar alias produktif. Maka dicarilah warga desanya yang siap maju dengan bantuan permodalan.

Sekarang tidak ada alasan, kecuali karena factor kemalasan. Setelah pulang dari pelatihan organic, saatnya membuktikan. Kemudian ditanya kesiapan, ada tiga orang yang menyatakan. Kemudian diantar ke toko pertanian. Mereka dipersilahkan untuk mengambil bahan-bahan yang diperlukan. Ketiga orang itu mengumpulkan semua peralatan dan perlengkapan. Setelah dihitung, biayanya hanya lebih dari tiga juta dan kurang empat juta. Tidak masalah.

Menjadi aparat itu amanat. Oleh karena itu jangan lupa kepada pemberi amanat. Masyarakat adalah secara syari’at. Tapi secara hakikat adalah Allah SWT. Oleh karena itu, seluruh aparat desanya harus mengikuti pengajian. Kalau tidak, mundur saja dari jajaran aparat desa. Kalau ingin memiliki wibawa, itu harus dimulai dari berserah diri pada Yang Kuasa. Pengajian adalah salah satu perwujudannya.

Panen semangka adalah produk perdana. Tapi hasilnya lebih dari menggembirakan. Hamper empat ton dihasilkan. Dengan harga jual Rp 4.000 per kilogram, maka 16 juta sudah menambah pemasukan. Padahal, modal yang dikeluarkan tidak lebih dari 4 juta. Itupun terbagi kepada tiga orang yang bersedia. Dua untuk sayuran, dan satu untuk buah-buahan. Semangka itulah yang dipilih untuk diwujudkan.

Betapa ia bangga sekali dengan pengalaman berorganik dengan aparat/jajarannya dan masyarakat yang mau diajak maju bersamanya. Tanah adalah pemberian Allah. Lahan sawah adalah ragam dari karunia Allah. Jika tidak diolah dengan benar, maka berdosalah manusia. Jika dosa itu harus dicari muaranya, maka kepala desa akan mendapatkan bagian terbesar dari penelantaran amanah Allah. Itulah yang terngiang-ngiang untuk menghijaukan alam.

Secara sayuran, kacang panjang bisa dipanen selama 28 kali petikan. Alhamdulillah, belipat ganda dari yang diperlakukan biasa. Ada juga terung ungu, cabe rawit yang subur, lalapan, dan lain-lain. Padahal tidak menggunakan pestisida atau obat-obat kimia lainnya. Kepala desa itu mengharamkan penyubur tanaman atau perlakuan lainnya selain menggunakan organisme alamiah yang biasa ada di sawah atau di tanah-tanah sekitar wilayah desanya.

Tanah yang keras adalah akibat dari keserakahan dan ketidaksabaran manusia. Padahal kejadian ini ada di sawah. Untuk bisa menjejakkan kaki sampai betis pun hamper agak mustahil. Pembajak sawah akan kesulitan untuk mengolah tanah di awal penanaman. Itu akibat residu dari pupuk kimiawi yang sudah biasa sekali digunakan oleh banyak petani. Entah berapa kali dalam setahun, tanah-tanah subur itu menjadi uzur.

Zaman orang tua dahulu, tanah sawah itu bisa selutut. Bukti bahwa banyak organisme yang hidup, dan rantai makanan masih terjaga lengkap, sehingga padi tidak akan kekurangan bahan makanan dan tidak akan diganggu oleh hewan-hewan yang terganggu. Saat kecil, hamba masih ingat, bersama-sama menanam padi, maka petani menanam ikan sambil menunggu panen. Saat waktunya tiba, tidak hanya padi yang dipanen, tapi juga ikan.

Sekarang, mari kita menikmati akibat-akibat dari kapitalisme yang jarang mempedulikan lingkungan. Polusi terjadi dimana-mana: air, tanah, dan udara. Bagi mereka, meskipun merusak lingkungan, yang penting pemasukan mengalami peningkatan, setidaknya tetap konstan. Manusia sering lupa bahwa pemberian Allah itu harus dirawat dan dijaga. Janganlah sekadar formalitas kemudian mengorbankan yang lebih substantive.

Awal perubahannya terjadi ketika padi dipaksa untuk segera bisa dipanen, maka dipangkaslah waktu 4 bulan menjadi tiga bulan. Dicarilah perangsang supaya padi cepat-cepat menghasilkan. Mungkin cita-citanya demi swasembada pangan, tapi percepatan yang dipaksakan akan menghasilkan akibat-akibat yang tidak masuk perhitungan. Atau kalau di pohon lain, pernah terdengar istilah hibrida. Itulah ‘drama’ menentang alam semesta.

Hamba is very exciting, tidak menduga dan tidak mengira. Inilah bibit-bibit kemajuan Indonesia. Di tengah isu keterpurukan, diantara kehebohan virus corona, dan di dalam politisasi kekuasaan, ternyata masih ada harapan. Tentu, tidak bisa sendirian memajukan Indonesia, tapi harus dilakukan secara sistematis, terencana, serta mengikis segala pesimis dan individualistis yang sering dipegang teguh oleh para pejabat Indonesia.

Allah adalah dzat yang selalu ada, meskipun tidak Nampak dalam pandangan mata atau terasa oleh indera. Keberadaan Allah adalah untuk kemaslahatan manusia, baik secara indera maupun secara jiwa. Oleh karena itu bacalah di setiap kesempatan yang ada. Bila perlu, buatlah patokan-patokan di mana saja Alquran harus dibaca, supaya badan, pikiran, dan jiwa tetap terjaga. Kalau tidak, sia-sialah hidup manusia.

Alquran adalah panduan hidup manusia. Allah telah menyediakan berbagai jawaban jika diprotes makhluk dunia. Tapi nanti Allah akan berbalik menitipkan pertanyaan. Pertanyaan itu tidak akan berkesudahan. Ayo latih dari sekarang, “Kapankah kita mau membuktikan kesempurnaan kita kepada Allah? Wallahu a’lam.

Jaga Stabilitas Harga Beras Saat Covid-19, Dimyati Borong Beras Petani.

0

Pandeglang, Badakpos.com – Panen raya baru saja berlalu, tetapi harga beras dipasaran mulai tidak stabil, demi menjaga harga beras para petani tetap tinggi, Dimyati Natakusumah anggota DPR Ri Dapil Pandeglang -lebak fraksi PKS memborong 11 ton beras dari Poktan Barokah di wilayah kecamatan pagelaran, Rabu (13/5).

Dengan adanya pembelian beras dari petani ini, harga beras tetap terjaga dan perputaran uang tidak ke luar daerah, bahkan ke luar kecamatan pagelaran pun tidak, hanya berputar di tingkat lokal saja hal tersebut dikatakan Achmad Dimyati Natakusumah usai penyerahan beras bantuan.

Masih dikatakan Dimyati, bahwa Poktan Barokah ini cukup amanah dan bisa dipercaya, terbukti dengan pembayaran uang beras dimuka, pihak Poktan Barokah tidak lepas tangguh jawab, beras yang ada ini sesuai pesanan dan pembayaran. “Adapun harga beras standar sesuai harga Bulog, ini merupakan langkah awal sebagai pelopor, semoga yang lainnya bisa mengikuti, baik itu anggota DPR dari pusat, DPRD provinsi maupun anggota DPRD kabupaten,” terang Dimyati.

Dilanjutkan Dimyati, beras 11 ton ini akan dibagikan di kabupaten Pandeglang dan lebak, sasarannya untuk para Kader PKS, marbot, para jompo dan warga lainnya yang kesusahan terdampak virus corona, intinya beras 11 ton ini akan disalurkan secara bertahap ke 35 kecamatan yang ada di wilayah kabupaten Pandeglang dan 28 kecamatan di lebak.

Ditambahkan Dimyati, agar harga jual beras dari hasil para petani tidak jatuh dan stabil, pihak pemerintah kabupaten Pandeglang harus melakukan perbaikan infrastruktur berupa jalan dan saluran irigasi sebagai salah satu penunjang pokok sarana pertanian, “serta pihak pemerintah daerah harus bisa membeli hasil padi atau beras dari petani, jangan sampai jatuh kepihak yang tidak bertanggung jawab sehingga menyebabkan harga jual murah, juga para petani harus tetap semangat jangan malas kalau ingin berhasil,” pungkasnya.

Ditemui ditempat yang sama, ketua Poktan Barokah bernama Afit Hikmah menuturkan, Alhamdulillah pak Dimyati anggota DPR RI dari fraksi PKS membeli beras sebanyak 11 ton, selain itu ia juga menjual beras ke luar daerah juga gabah ke Bulog, untuk saat ini hasil panen cukup bagus, menghasilkan sekitar 8 ton gabah per hektare, hamparan sawah Poktan Barokah ada 43 hektare.

“Karena ini merupakan sawah tadah hujan, ia mengharapkan pihak pemerintah melalui dinas terkait untuk bisa membuat saluran irigasi yang lebar dari hulu ke hilir, pasalnya di ujung sana ada bendungan sadang,” ungkap Afit.

Masih kata Afit, Demi menjaga kualitas gabah dan beras baik, berharap ada bantuan alat pengering padi, sehingga dikala musim hujan pun tidak akan terkendala, pihaknya juga siap menampung beras dari mana saja asal kualitas terjaga, karena ia sudah punya kemasan beras dengan laber Tani Barokah.

Pada acara tersebut hadir camat, Kapolsek dan anggota Koramil, ketua DPD PKS Pandeglang dan Lebak, para penyuluh pertanian pagelaran, anggota DPRD kabupaten Pandeglang dari fraksi PKS serta undangan lainnya.(BP11).

Menengok Kebijakan Menejemen Kependudukan Dengan Kuliah Lapangan

0

Sejumlah mahasiswa STIA Banten bersama Dosen berkunjung ke Badan Pusat Statistik (BPS) Pandeglang, rabu, (26/02), untuk melakukan kuliah lapangan menengok Manajemen Kebijakan kependudukan.

Seperti diketahui, bahwa Kebijakan Kependudukan adalah kebijakan yang ditujukan untuk mempengaruhi besarnya komposisi, distribusi dan tingkat perkembangan penduduk.

Natta Sanjaya, sebagai akademisi STIA Banten yang juga dosen Ilmu administrasi publik menyampaikan bahwa dirinya melalui lembaga STIA Banten, merasa perlu mengadakan kuliah lapangan yang berkaitan dengan mata kuliah manajemen kebijakan kependudukan, hal ini dilakukan sebagai bentuk Pendalaman pengetahuan tentang kependudukan.

“Ini juga sebagai sarana untuk mahasiswa mencari informasi, data statistik kependudukan, sensus penduduk dan mengetahui sejauh mana tugas dan fungsi dari BPS Pandeglang dalam pengeloaan data kependudukan, mulai dari data kependudukan terkait sosial, ekonomi, pengangguran, pertanian dan lain sebagainya”, Ujar Natta.

Salah satu mahasiswa STIA Banten Ilham, menyampaikan merasa senang dapat mengikuti kegiatan kuliah lapangan.

“Kuliah kita tidak hanya dikelas, selain membosankan dan ngantuk, kuliah lapangan bersama dosen membuat kita memiliki pengetahuan baru diluar kelas, menambah khazanah pengetahuan dan melihat realita antara teori dengan kondisi di lapangan,” Ujar Ilham.

Kepala BPS Pandeglang Tri Cahyo Purnomo, menyampaikan apresiasi pada STIA Banten, atas kunjungan mahasiswanya bersama dosen untuk melaksanakan kegiatan kuliah lapangan di kantor BPS Pandeglang, dirinya berharap apa yang dibutuhkan bagi mahasiswa dapat diterima sebagai referensi mata kuliah manajemen kebijakan kependudukan.

“Kamipun berharap dapat pula mengunjungi kampus STIA Banten salam rangka sosialisasi tentang Sensus penduduk 2020, dan tentu berharap pula kerjasama setiap elemen masyarakat khususnya mahasiswa agar dapat membantu mensosialisasikan program BPS pada masyarakat dalam rangka turut mensukseakan sensus penduduk di th 2020 ini,” Ujar Kepala BPS. (BP1).

Kembalikan Keceriaan Anak Penyintas Banjir Lebak, BSMI Beri Dukungan Psikososial.

0

Lebak, Badakpos.com – Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) menurunkan tim LDP untuk mengembalikan senyum anak-anak penyintas banjir bandang Lebak dengan memberikan dukungan psikososial, kegiatan tersebut dilaksanakan di SDN 01 Tanjungsari, Desa Tanjungsari, Kecamatan Maja, Kab Lebak, kamis (16/1).

Bencana banjir bandang yang melanda Kabupaten Lebak, 1 Januari 2020 lalu, menyisahkan luka bagi bangsa Indonesia saat mengawali tahun 2020. Banjir tersebut meluluhlantahkan apapun yang ada di hadapannya hingga rusak bahkan hanyut tak berbekas.

Bukan hanya berdampak bukan hanya kerugian materil, tetapi juga berdampak pada psikologis para penyintas bencana banjir bandang Lebak, tak terkecuali psikologis anak – anak pasca bencana.

Koordinatos Posko BSMI banjir bandang Lebak, Ida Amalah menyampaikan, bahwa dalam kesempatan tersebut, BSMI melalui tim psikososial, merasa senang dapat membantu masyarakat melalu kegiatan berupa dukungan psikososial.

“Kegiatan dukungan psikososial ini bertujuan untuk memberikan dukungan psikologi dan sosial bagi anak penyintas bencana banjir, agar bisa bangkit dan kembali beraktifitas pasca bencana,” ujar Ida kepada badakpos.com saat diwawancara usai kegiatan LDP, kamis, (16/1).

Ida juga menambahkan, bahwa Kegiatan dukungan psikososial kali ini berlokasi di SDN 01 Tanjungsari, Desa Tanjungsari, Kecamatan Maja, Kab Lebak, ini merupakan kegiatan ke dua kalinya dari tim psikososial BSMI, yang sebelumnya mengawali keseruan kegiatan dukungan psikososial ini di salah satu Sekolah Dasar (SD) dan TK (Taman Kanak-Kanak) di Kecamatan Sajira, Lebak Banten.

“Sedikitnya 6 orang relawan turut serta berparitisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (15/1),” ungkap Ida.

Pihak sekolah SDN 01 Tanjungsari yang menjadi tempat pelaksanaan psikososial ini pun, sangat mendukung dengan adanya kegiatan ini. Terbukti dengan antusiasnya siswa yang mengikuti sebanyak 105 siswa yang rumahnya terdampak langsung bencana banjir bandang.

Dari pantauan tim badakpos.com, nampak sekali keceriaan dan hebohnya anak-anak ketika tim psikososial mengajak mereka bermain dan belajar baik di lapangan hingga di dalam kelas.

Tema dalam kegiatan psikososial cukup unik dan kreatif dari sebelumnya, yaitu dengan mengusung tema ‘Menanam Pohon’ dengan berbagai kegiatan menarik seperti role play hujan deras yang akhirnya mengakibatkan longsor dan banjir , lalu membuat pra karya gambar pohon diatas kertas, hingga games menjadi seru.

Pesan moral yang ingin disampaikan oleh tim psikososial mengusung tema kegiatan ini, karena ingin anak-anak kembali menjaga lingkungan sekitar dengan hal kecil yaitu menanam pohon.

Jujun Junaedi Kepala SDN 01 Tanjungsari menyampaikn ungkapan rasa terimakasih terhadap tim psikososial BSMI, Yang telah bersedia menghibur anak-anak.

“Saya berharap setelah kegiatan ini (psikososial-red), sembari belajar mengajar sekolah efektif (aktivitas) lagi, dan anak-anak termotivasi atas dampak positif kegiatan hari ini” Ujar Jujun Junaedi. (BP1).

SDIT Irsyadul ‘Ibad Raih Nilai Ujian Tertinggi Se-Kabupaten.

0

Pandeglang, Badakpos.com – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Irsyadul ‘Ibad Pandeglang meraih nilai terbaik pertama dalam Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat Sekolah Dasar se – Kabupaten Pandeglang.

Hal tersebut diungkapkan koordinatir wilayah pendidikan dan kebudayaan (Korwil Dikbud) Tati Hartati dalam sambutanya pada acara wisuda SDIT Irsyad Ibad Pandelang, Kamis (21/6) di Aula serbaguna Riz Hotel Kadu pinang.

“Selain mendapat nilai tertinggi di Kabupaten Pandeglang, SDIT Irsyadul Ibad juga membawa harum nama Pandeglang di tingkat Provinsi Banten mendapat raihan ke enam”, ujar Tati.

Kepala Sekolah SDIT Irsyadul Ibad Pandeglang Isuti Rachman menyampaikan ungkapan rasa syukur atas raihan prestasi sekolah yang dipimpinnya, Isuti mengungkapkan, hal tersebut diraih atas kerjasama semua pihak.

“Upaya ini berhasil atas dorongan dan kerjasama sinergis antara lembaga pendidikan diantaranya para guru dan orang tua murid, mentahun lalu kita masih peringkat ke 8, Alhamdulillah tahun ini kita masuk peringkat ke 6 se-Provinsi Banten”, terang Isuti.

Dalam sambutanya Isuti juga menyampaikan permohonan doa pada hadirin tamu undangan, untuk anak – anak SDIT yang mengikuti mengikuti lomba karate di ajang Olimpiade Olahraga dan Seni Nasional (O2SN) tingkat provinsi mewakili kabupaten Pandeglang.

Ketua Yayasan Irsyadul Ibad, Hidayat Rahman mengapresiasi prestasi yang tengah dicapai oleh SDIT Irsyadul Ibad.

Dalam kesempatan tersebut wartawam Badakpos.com mewawancarai secara khusus salah satu wali murid SDIT, Pamungkas Wirasanti Dewi ibu dari Alya Aqila.

Ibu yang akrab di sapa Dewi tersebut menuturkan, bahwa SDIT merupakan sekolah yang sangat membuatnya terbantu sebagai orang tua.

“Seharusnya porsi terbesar dalam mendidik anak adalah tanggung jawab kedua orang tua, dengan adanya pola pendidikan dan pola asuh SDIT saya merasa puas dan senang”, ungkapnya.

Dewi juga menuturkan, bahwa karen kualitas itulah ketiga putera – puterinya bersekolah di Yayasan Irsyadul Ibad. (BP1).

Penilaian SAKIP Pandeglang Terus Meroket

0

Pandeglang, Badakpos.com – Laporan Sistem Akuntabikitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) merupakan evaluasi penilaian yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), atas capaian kinerja Pemerintah Daerah.

Tahun 2016 Kabupaten Pandeglang mendapatkan penilaian SAKIP dengan predikat CC, tahun 2017 naik menjadi B, dan tahun 2018 kenaikan predikat ditorehkan kembali menjadi BB. Hal ini menunjukan, jika Pemda Pandeglang terus konsen dalam peningkatan penyelenggaraan pemerintah agar hasil pelaksanaan pembangunan sesuai dengan perencanaan dan penganggaran.

Peningkatan ini menunjukan tren positif dari upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang dalam melakukan pembenahan pelaksanaan program pemerintahan. Bukan isapan jempol belaka, di era kepemimpinan Irna dan Tanto Kabupaten Pandeglang banyak mengalami kemajuan dari berbagai aspek salah satunya peningkatan penilaian SAKIP dari Kemenpan-RB.

Melihat hasil evalusi SAKIP Pandeglang meningkat, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengapresiasi kepada seluruh elemen terkait, “Kami ucapkan terimakasih kepada pihak Kemenpan RB yang terus membimbing kami untuk dapat meningkatkan pelaksananaan program pemerintah daerah,” kata Bupati usai acara penyerahan SAKIP di Trans Convention Center (TCC) Hotel Trans Bandung, Senin (28/1).

Irna mengaku, capaian ini merupakan hasil kinerja dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pandeglang, “Mereka memiliki visi yang sama agar pelaksanaan program pemerintahan terus membaik, dan tujuan kita tidak hanya penilaian saja, namun SAKIP merupakan kewajiban, karena laporan ini memang harus baik sehingga predikatnya dari masyarakat karena mendapat pelayanan terbaik, “terangnya.

Irna menilai, SAKIP memberikan dampak terhadap efisiensi anggaran, karena terintegrasi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan evaluasi diantaranya melalui proses Cascading,” Kurang lebih ada 150 program kegiatan yang berhasil dipangkas dalam rangka optimalisasi anggaran, sehingga kurang lebih dapat menghemat anggaran 40 miliar, “ujarnya.

Hasil dari efisiensi anggaran, kata Irna akan dialihkan kepada program pelayanan dasar seperti kesehatan, pendidikan dan infrastruktur,” ini tentu lebih bermanfaat dan tepat sasaran, oleh sebab itu kegiatan yang supatnya hanya output bukan kepada outcome banyak kami pangkas, “tutupnya.

Penyerahan laporan SAKIP diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Komjen Pol Safruddin.

T-SHIRT Tanjung layar

0

BADAK COLLETION

T-SHIRT SAVE BADAK

0

ALTERNATIF DESAIN KAOS

ACCESSORIES/gantungan kunci

0

 

 

 

 

 

 

 

Bio Design

0

Pandeglang, Badakpos.com – Bio design adalah suatu konsep dalam mendisain yang mengacu pada bentuk-bentuk mahluk hidup dan alam lingkungan. Bio design muncul sebagai jawaban atas perkembangan desain pada tahun 1970-an yang cenderung lebih mengutamakan fungsional, teknis , tidak menampilkan keakraban antara desain yang di hasilkan dengan manusia sebagai pengguna.

Sekitar tahun 1980 Luigi colani seniman Jerman adalah salah satu pencetus pertama yang  memulai gagasan bio design dan di aplikasikan pada berbagi desain, seperti mobil, pesawat terbang, kamera, pakaian dan sejumblah peralatan rumah tangga.

Bio design yang di kembangkan Luigi colani dari segi bentuk lebih cenderung meniru karakter binatang, tumbuhan atau segala sesuatau yang ada di alam.

Contoh  karya Luigi colani

https://designmuseum.org/designers/luigi-colani

www.cnn.com/2011/11/22/tech/luigi-colani-design/

 

 

 

Badakpos mencoba menampilkan desain meja dengan paradigma yang mengacu pada konsep bio design.

Back To School

0

SPECIFIKASI PRODUK TAS

DIMENSI  50 x 30 x 20 cm

MATERIAL  dollby /badan tas, busa mesh/backpoam, pvc/frontpoam, tali webbing 2.5cm, kepala sleting n05.

 

 

 

 

 

GAMBAR TAMPAK

 

Lulusan LKP Pandeglang Go Nasional, Ini Nama Lembaganya

0

PANDEGLANG – Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) BMC (Be Master Course) merupakan lembaga kursus yang didirikan tahun 2006. Sampai saat ini, lembaga tersebut telah melahirkan banyak tenaga-tenaga terampil  sesuai kebutuhan perusahaan-perusahaan yang ada.  Tak heran jika lulusan LKP BMC cepat terserap di dunia usaha. Namun, apakah lulusannya sudah siap go nasional, berikut pemaparan dari pemilik lembaga.

Acu Saparudin salah seorang pimilik LPK BMC mengatakan bajwa lulusan dari LPK BMC tidak diragukan lagi, lantaran selain guru pengajarnya yang handal lembaga tersebut sudah bertaraf nasional.

“Setiap lulusan Bahasa Inggris dari kami itu diuji kembali oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) dari Jakarta, untuk memastikan kualitas pendidikan mereka,”kata ucu saat diwawancarai wartawan Badak Pos, Senin (8/5).

Acu memaparkan, program pembelajaran yang ada di BMC saat ini adalah Program Kursus  Bahasa Inggris, Desain  Grafis, Teknik komputer, Bahasa Jepang, Bimbingan Belajar, dan Taman Bacaan Masyarakat.

“Sasaran lembaga kami yaitu bagaimana peserta kursus memiliki kompetensi dan dapat terserap oleh dunia usaha,”ungkapnya.

Acu menambahkan, pada prinsipnya setiap lembaga kursus tentu akan berorientasi kepada profit. Namun BMC memiliki perbedaan  dengan lembaga kursus lainnya.

“Pada prisnsipnya kami ada aturan pembayaran dalam kursus, tapi tidak semua peserta kursus dikenakan biaya, jika membawa Surat Keterangan Tudak Mampu (SKTM) mereka kami gratiskan,” tambahnya.

Awal pembentukan LKP BMC, kata Acu, yaitu dari rasa keperduliannya terhadap lingkungan dimana ia tinggal.   Saat itu masyarakat setempat masih minim kompetensi di bidang Komputer dan Bahasa Inggris.

“Alhamdulillah keberadaan LKP BMC dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, karena dengan keberadaan kami masyarakat dapat terbantu,”sambungnya.

Saat ini lembaga kursus tersebut semakin besar, dan menempati kampus di  Jl. Raya Labuan Km. 5 Kadulisung (depan Mts model pandeglang 1).

Irna : Setiap SKPD Harus Memiliki Kegiatan Unggulan

0

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang Hj.Irna Narulita didampingi Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban, Pejabat (Pj) Sekda Ferry Hasanudin membuka Pembahasan Draft Transformasi RPJMD menjadi Roadmap kegiatan unggulan/prioritas, di Oproom Sekretariat Daerah Kabupaten Pandeglang, Senin (8/5).

Transformasi RPJMD menjadi Roadmap kegiatan unggulan/prioritas merupakan suatu kegiatan untuk melakukan identifikasi dan telaahan secara akademik/teknokratik dalam menjabarkan tujuan serta arah kebijakan RPJMD dalam bentuk kegiatan prioritas unggulan, sebagai acuan target kinerja SKPD.  Demikian yang disampaikan Bupati Pandeglang Hj.Irna Narulita saat membuka acara tersebut.

“Saya menginginkan tersedianya dokumen perencanaan yang implementatif khususnya terkait dengan kegiatan prioritas/unggulan bagi masyarakat sesuai dengan tujuan RPJMD, serta dapat memberikan kemudahan dan akselerasi pencapaian tujuan yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Pandeglang”, katanya.

Lebih lanjut Irna meminta setiap SKPD membuat program unggulan sebagai prioritas utama rencana kerja.

“Dan dalam penetapan kegiatan unggulan ditiap SKPD harus sesuai dengan hasil identifikasi permasalahan yang ada, agar kegiatan yang menjadi prioritas bisa menjawab isu permasalahan ditengah masyarakat, sehingga tujuan dan arah kebijakan yang tertuang dalam RPJMD sesuai dengan target yang telah ditetapkan didalam RPJMD Kabupaten Pandeglang”, jelasnya.

Kegiatan ini berlangsung selama satu hari penuh dan ditutup oleh Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban.

Sebelum penutup acara, Wakil Bupati Pandeglang menyampaikan agar kegiatan unggulan di tiap-tiap SKPD yang menjadi prioritas dapat dijadikan acuan kinerja oleh SKPD sehingga kegiatan unggulan yang direkomendasikan dalam dokumen transformasi RPJMD tersebut menjadi komitmen bersama sehingga dapat dilaksanakan dengan benar, serta dapat menghasilkan rumusan yang positif, konstruktif dan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Kegiatan pembahasan draft transformasi RPJMD menjadi Roadmap kegiatan unggulan/prioritas yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pandeglang dihadiri para Assisten Daerah, serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Pandeglang (BP-1)

Humas Pandeglang Tanggapi Pernyataan H.A. Dimyati

0

PANDEGLANG – Humas Pemerintah Kabupaten Pandeglang (Humas Pemkab Pandeglang) menanggapi pernyataan yang disampaikan H.A Dimyati Natakusumah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR.RI) dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), mengenai kepemimpinan Irna Narulita dan Tanto Warsono Arban (Bupati dan Wakil Bupati)

Sebelumnya, H.A Dimyati Natakusumah yang juga suami dari Hj. Irna Narulita mengungkapkan, bahwa Hj. Irna Narulita dan H. Tanto Warsono Arban dalam memimpin harus berada di tengah masyarakat dan tidak terkesan ekslusif.

Menanggapi hal tersebut, Humas Kabupaten Pandeglang yang disampaikan Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Pandeglang, Mustandri mengatakan, H.A Dimyati merupakan pigur yang dapat memosisikan dirinya sebagai peran publik dan peran domestik (keluarga).

“Sebagai peran publik sudah sewajarnya masyarakat mengetahui apa yang menjadi kebijakannya sebagai Anggota DPR-RI,” katanya.

Sedangkan dalam peran domestik, ungkap Mustandri, beliau (H.A.Dimyati-red) adalah kepala keluarga dan bu Irna adalah ibu rumah tangga.”Ini publik tak perlu tahu banyak. Sebab masalah privasi. Jadi harus dimaklumi mana peran publik dan mana peran domistik. Kita harus maklumi dan hargai pendapat tersebut. Apalagi pak dim pejabat publik.”ungkap Mustandri.

Lanjut Mustandri, pihak Pemerintah Daerah tentu mengucapakan terimakasih kepada siapapun yang memberikan masukan untuk pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang.

“Kami ucapkan terimakasih untuk masukan dari Pak Dimyati, sebagai otokritik untuk perbaikan dalam menjalankan roda pemerintahan. Apalagi pak Dimyati pernah menjabat dua periode menjadi Bupati Pandeglang,” ungkapnya.

RIZKI NATAKUSUMAH, IKUT PAMERKAN OBYEK WISATA PANDEGLANG DI NOTTINGHAM

0

Pandeglang – Rizki Natakusumah salah satu mahasiswa asal Pandeglang ikut memamerkan obyek wisata Pandeglang di Nottingham Inggris.

Hal itu terungkap pada acara Indofest yang digelar di Chilwell Olympia Sport Centre Kota Nottingham, dua jam dari London, Sabtu (6/5), siang waktu setempat.

Indofest ini merupakan agenda tahunan diadakan pelajar Indonesia di Inggris sejak tahun 2004. Dalam indofest ini menampilakan festival budaya, kuliner serta pertandingan olahraga.

Acara Indofest memang menjadi salah satu ajang untuk masyarakat Indonesia yang ada di Inggris Raya ini untuk bertemu kawan, menikmati makanan khas Indonesia, belanja bahan makanan yang impor dari Indonesia, menonton ajang pentas seni dan permainan tradisional Indonesia, serta pelayanan lapor diri dari KBRI dan pertandingan olahraga.

Rizki mengatakan, Ini pertama kalinya dalam Indofest dihadiri Dubes RI di London Dr.Rizal Sukma, dan Hanna Satryo. Objek-objek wisata yang ada di Tanah Air juga dipromosikan, ujar Rizki Natakusumah salah satu putra Bupati Pandeglang yang bertugas di stan promosi pariwisata dari Kabupaten Pandeglang di Indofest.

Rizki pun membagi-bagikan brosur tentang berbagai objek wisata di Kabupaten Pandenglang kepada pengunjung terutama warga Inggris yang datang dalam Indofest.

Terpisah, Kadis Pariwisata H. Abdul Ghaffar Alhatiri mengatakan, dengan di pamerkan nya beberapa obyek wisata Kabupaten Pandeglang di Negara lain, akan memberikan dampak positif bagi promosi wisata di Pandeglang.

“Jika semua pelajar Pandeglang yang ada diluar daerah melakukan hal yang sama, wisata pandeglang akan dengan mudah dikenal oleh daerah lain,” katanya.

Menurutnya, ini hal bagus yang harusnya ditiru oleh para pelajar asal Pandeglang.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Rizki Natakusuma. Karena sudah berpartisipasi untuk mempromosikan obyek wiasata yang ada di Pandeglang,” terangnya.

PERTAMA DI PANDEGLANG, KOLABORASI WAYANG AJEN & WAYANG KULIT PESISIR.

0

PANDEGLANG – Pertama di Kabupaten Pandeglang pagelaran spektakuler kolaborasi Wayang Ajen (Golek) dengan Wayang Kulit, Sabtu (6/5) di Pantai Karangsari Carita.

Dalam pegelaran ini menampilkan ki dalang wayang ajen Wawan Gunawan, dan ki dalang Rusdi (Wayang Kulit), dengan lakon Palagan di Alengka.

Acara ini dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Kemenpar Dra. Esthy Reko Astuti, Asdep Pengembangan Pariwisata H. Mumus Muslim, Kabid Wisata Budaya  Wawan Gunawan, Kadis Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati, Anggota DPRD Kabupaten Pandeglang Komisi II Nenti, Anggota DPRD Kabupaten Pandeglang Komisi IV Supriyadi, Asda Ekbang Girgijantoro, Kadis Pariwisata Kabupaten Pandeglang H. Abdul Ghaffar Alhatiri, Kadis PU Tata Ruang, Perumahan Rakyat Sarif Hidayat, Kadisdukcapil TB. Safrudin, Kepala BKD, Ali Fahmi Sumanta, Kabag Humas Mustandri, Kabag Umum Bunbun Buntaran, dan Camat Carita Ai Sitinurohmah.

 

Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita mengatakan, ucapan terimakasih kepada pihak Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Provinsi yang mensukseskan terlaksananya acara ini.

Menurutnya, kegiatan ini dapat memberi manfaat besar di dunia pariwisata di pandeglang. Karena wayang dapat menjadi salah satu media penyuluhan, hiburan dan promosi.

PERSIPAN KEMBALI UNJUK GIGI, INI JAWABAN SANG MENEJER.

0

 

PANDEGLANG – Persipan kembali unjuk gigi menundukan Persikota dengan skore 3-2, Sabtu (6/5) di Stadion Badak Pandeglang.

“Tiga kali berturut meraih kemenangan merupakan hal yang luar biasa. Keberhasilan ini hasil kerjasama tim yang solid, dan apabila dilakukan pembinaan dengan baik, Persipan akan bicara ditingkat nasional,” demikian dikatakan Moh. Amri selaku Menejer Persipan.

Amri menjelaskan, kemenangan pertama Persipan saat melawan Bantara Serang dengan skore 2-0, kedua melawan Persira Lebak dengan skore 2-0, dan yang ketiga melawan Persikota dengan skore 3-2.

“Dengan hasil seperti ini, Insya Allah untuk juara grup sudah dipastikan akan kami raih,”ungkapnya.

Untuk menuju empat besar, kata Amri, masih ada satu pertandingan yang harus dilakoni yakni melawan Serang Jaya FC minggu 15:00 Wib di Stadion Badak Pandeglang.

“Tentu ini tidak akan mudah. Tapi kita akan berusaha semaksimalmungkin. Tapi walaupun pertandingan ini berakhir seri, kita tetap lolos ke perempat final,” ungkapnya.

Amri menuturkan, kemenangan Persipan ini adalah semangat, modal baru, bagi kebangkitan sepak bola Pandeglang yang sudah meredup.

“Kita juga melihat banwa Antusias masyarakat terutama generasi muda terhadap persipan sangat tinggi. Dan Kita juga bangga ibu bupati sangat mendukung terhadap persipan, Bahkan dia langsung menyaksikan pertandingan perdana di stadion untuk itu kami mohon dukungan moril maupun materil dari masyarakat,” tuturnya.

BANK MANDIRI HENTIKAN SEMENTARA LAYANAN MANDIRI ONLINE

0

JAKARTA – Bagi Anda pengguna layanan Bank Mandiri yang biasa menggunakan sistem mandiri Online mungkin dikejutkan oleh hilangnya layanan online bank plat merah ini sejak Jumat (5/5).  Hal ini dikarenakan Bank Mandiri memang menghentikan sementara layanan online mereka sejak Jumat kemarin.

Terkait penghentian sementara layanan jasa online Bank Mandiri, pihak perusahaan diwakili Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas menyatakan Bank Mandiri memang menghentikan sementara layanan Mandiri Online sejak kemarin. Langkah tersebut diambil menyusul beberapa laporan kehilangan dana nasabah pengguna layanan tersebut.  Ia menegaskan  pihak bank Mandiri akan melakukan langkah investigasi terhadap kasus ini.

“Tim internal kami mendeteksi adanya system corrupt, sehingga saat ini kami memandang perlu untuk melakukan upgrade system agar nasabah bisa lebih nyaman lagi bertransaksi,” ujar Rohan dalam keterangan resminya, Sabtu (6/5)

Bank Mandiri memberi jaminan jika dana nasabah hilang akibat kerusakan sistem Layanan Mandiri Online maka pihak Bank akan mengganti seluruh kerugian nasabah. Rohan juga meminta nasabah untuk segera melapor ke call center Bank Mandiri di nomor 1400 bila terjadi masalah dengan dananya.

Dalam akun Twitter resminya, pihak Bank Mandiri memastikan bahwa nasabah akan dikirim informasi jika layanan Mandiri Online sudah berfungsi kembali.  Menurut Rohan kemungkinan perbaikan akan memakan waktu sekitar satu hingga dua hari.

Mandiri Online adalah layanan transaksi keuangan yang menggabungkan antara layanan mobile banking dengan internet banking. Layanan tersebut diluncurkan Bank Mandiri pada 21 Maret 2017 lalu. (BP-3)

HUKUMAN APA YANG PANTAS UNTUK AHOK? INI JAWABAN DR. ALFIAN TANJUNG.

0

Jakarta- Menurut pantauan Badakpos dilokasi aksi, diperkirakan puluhan ribu masa aksi damai lima kosong lima (505) longmarch dari mulai Rumah Sakit Budi Kemulyaan, melewati Bunderan Hotel Indonesia, Balai Kota, Kementerian Perikanan dan Kelautan untuk menuju Mahkamah Agung (MA), Jum’at (5/5).

Dalam orasinya Dr. Alfian Tanjung, sebagai tokoh agama menyampaikan, aksi ini merupakan penolakan atas tuntutan jaksa untuk terdakwa Basuki Tjahya Purnama alias Ahok, yang dituntut satu tahun dengan masa percobaan dua tahun.

“Tuntutan tersebut sama saja membiarkan ahok lepas dari sebuah hukuman,”katanya.

Alfian Tanjung mencontohkan presedennya Arswendo Atmowiloto yang memposisikan Nabi Muhammad.SAW, dalam hasil surveynya berada di urutan ke 11 dan  di bawah orang terpopuler seperti Soeharto,  Zaenuddin M.Z, Camelia Malik dan bahkan dibawah Arswendo yang menempati urutan ke-10…

“Karena surveinya tersebut, dirinya dihukum selama lima tahun. Sama halnya dengan Permadi yang hukum penjara karena menistakan Agama,” ungkapnya.

Alfian menjelaskan, seseorang yang menistakan agama, sesuai Pasal 1 Ayat 56A KUHP penista agama harus dikenakan hukuman sekurang nya 5 tahun penjara.

“Jelas, tuntutan jaksa sangat tidak logis untuk ahok yang sudah menistakan agama,”jelasnya.

Alfian juga menyampaikan, aksi damai 505 ini tidak ada unsur politik.Ini merupakan panggilan jiwa untuk membela Al-Qur’an dan Agama Islam.

“Kami tidak ada keperluan lain, walaupun pilkada Jakarta sudah selesai, kami tetap melakukan aksi damai, karena belum ada keadilan hukum untuk orang yang sudah menistakan agama kami,”ungkapnya.

Lebih lanjut, diungkapkan oleh salah satu orator lainnya mengungkapkan bahwa Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai semboyan Bhineka Tunggal Ika.

“Jadi walaupun kita berbeda, tentu harus saling menghargai satu sama lainnya. Karena kami juga mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya. (BP-1)

MENGHADAPI PERTANDINGAN PENTING ESOK HARI MELAWAN PERSITA TANGERANG, KUBU PERSIPAN DIPENUHI OPTIMISME

1

PANDEGLANG  – Persipan saat ini sedang mengikuti pertandingan di Liga Nasional Soeratin Under Seventeen (U17). Dua kali pertandingan, PERSIPAN  selalu meraih hasil yang gemilang, diantaranya skore 2 – 0 saat melawan Bantara Serang, dan skore 2 – 0 melawan Persira Lebak. Akankah hasil gemilang ditorehkan kembali saat melawan Persikota, Jum’at (5/5) di Stadion Badak Pandeglang.

Hadi Mawardi Assisten Manager PERSIPAN  mengatakan, optimis dapat meraih kembali kemenangan saat melawan Persita besok.

“Pemain kita sudah masuk training centre selama 16 hari. kami juga menjalankan pola latihan tiga kali sehari. menu latihan berdasarkan saran dari bidang teknik, untuk itu kami siap untuk bertanding,” kata Hadi saat dihubungi melalui telpon seluler.

Hadi juga menyampaikan, pihaknya beserta jajaran persipan menargetkan untuk juara di Regional Banten dan lolos keputaran selanjutnya.

“Kami harap do’a restu dan dukungan masyarakat Pandeglang agar persipan meraih prestasi terbaik,”harapnya.

Hadi menjelaskan, PERSIPAN  berada di grup A, satu grup bersama Persira, Bantara FC, Serang Jaya FC, dan Persikota.

“Alhamdulillah PERSIPAN  sekarang berada di puncak klasemen sementara. Mudah-mudahan besok saat bertanding kami tetap konsisten, sehingga dapat mempertahankan posisi sebagai pemuncak klasemen,”jelasnya. (BP-2)

PEMERINTAH HARUS DAPAT MENJABARKAN ARTI OTDA, TIDAK MENGESAMPINGKAN INOVASI DAERAH

0

PANDEGLANG – Achmad Dimyati Natakusumah, salah satu putra daerah yang pernah menjabat sebagai Bupati Pandeglang selama dua periode, menyikapi pelaksanaan roda pemerintahan di Kabupaten Pandeglang, Dimyati mengatakan , daerah tentu harus dapat menjabarkan arti dari Otonomi Daerah, dan tidak mengesampingkan kerjasama baik nasional maupun internasional untuk memajukan daerah tersebut.

“Otonomi daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri untuk urusan pemerintahan dan kepentingan rakyat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Maka Pemkab Pandeglang harus fokus dan lebih banyak ada ditengah masyarakat untuk mensukseskan otda didaerah Kabupaten Pandeglang, menuju rumah sehat keluarga sejahtera,” katanya.

Dengan adanya otonomi daerah, kata Dimyati, bukan lantas daerah menutup rapat untuk tidak menerima kerjasama dari para pemegang modal untuk berinvestasi di Pandeglang. Justru malah sebaliknya, dengan hadirnya para investor di pandeglang akan membuka sebuah peluang usaha untuk memajukan daerah.

“Kita harus coba membuka tangan kita untuk dapat menerima keberadaan investor semata- mata untuk kemajuan pandeglang. Namun apabila hadirnya mereka membawa mudarat, ini harus kita cegah,” jelasnya.

Menurut Dimyati, Pelaksanaan otonomi daerah selain berlandaskan pada acuan hukum, juga sebagai implementasi tuntutan globalisasi yang harus diberdayakan dengan cara memberikan daerah kewenangan yang lebih luas, lebih nyata dan bertanggung jawab, terutama dalam mengatur, memanfaatkan dan menggali sumber-sumber potensi yang ada di daerah masing-masing.

“Dengan sumberdaya yang besar di pandeglang, salah jika tidak dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat. Karena Pelaksanaan otonomi daerah merupakan titik fokus yang penting dalam rangka memperbaiki kesejahteraan rakyat. Pengembangan suatu daerah dapat disesuaikan oleh pemerintah daerah dengan potensi dan kekhasan daerah masing-masing,” paparnya. (BP-2)

H. A. DIMYATI NATAKUSUMAH PIMPIN KUNKER PARLEMEN KE PERU

0

LIMA – H. A. Dimyati Natakuaumah, memimpin kunjungan kerja DPR RI Komisi 1 ke parlemen Peru dan diterima langsung oleh ketuanya di Gedung Parlemen Peru, Rabu (3/5). Kunjungan ini adalah dalam rangka mempererat hubungan antar parlemen Indonesia dan Peru serta meningkatkan kerjasama diantara kedua lembaga legislatif ini.

“Parlemen Peru menyambut positif kunjungan kami dan merekapun berharap kunjungan ini dapat bermanfaat bagi hubungan antara parlemen Peru dan Indonesia,” demikian dikatakan Dimyati melalui sambungan telepon kepada Badakpos.

Selain misi mempererat hubungan antar parlemen, maka kunjungan anggota Komisi 1 DPR RI ini adalah juga untuk melihat secara langsung kinerja kedutaan besar Indonesia di Peru dalam kerja kerja diplomasinya.

“Bagaimanapun, kinerja kedutaan besar akan memiliki dampak yang besar terhadap hubungan bilateral antara ketua negara. Bila kedubes kita efektif menjalankan tugas dan fungsinya, maka hal ini akan berimbas pada positifnya hubungan Indonesia – Peru. Itulah harapan kami,” ujar Dimyati.

Kunjungan kerja kali ini diikuti oleh 9 anggota Komisi 1 DPR RI. Selain Peru, kunjungan yang direncanakan akan berlangsung hingga tanggal 12 Mei mendatang ini juga akan mengunjungi beberapa negara lain di kawasan Amerika Selatan. (BP-1)

 

Diversifikasi Tanaman Menguntungkan Petani

0

Pandeglang, Badakpos.com –  Upaya diversifikasi tanaman merupakan salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas pertanian.  PT Easwest Seed Indonesia mencoba untuk mengajak para petani melakukan hal ini.  Salah satu petani yang sudah bekerjasama dengan PT Easwest Seed Indonesia adalah Ustad Jaenudin petani kunci dari Desa Bojen Kecamatan Sobang.

Jaenudin menuturkan, pihaknya bergabung mulai dari tahun 2002 hingga saat ini. Dari mulai anggota kelompok tani 4 orang, sampai berjumlah 135 petani pada tahun 2005. Dan tahun 2012 anggota kelompoknya sudah mencapai 500 orang.

“Karena satu kelompok tidak boleh lebih dari dua ratus orang, maka kelompok kami pecah menjadi empat. Tiga kelompok lainnya diketuai oleh Abdullah, Johadi, dan Sama’aun,” katanya.

Masih kata Jaenudin, sebelum pihaknya bergabung, ekonomi di daerah setempat kurang baik karena menanam hanya satu komoditi yaitu padi.

“Tapi setelah bergabung, kami menanam benih sayuran kemudian ditanami kacang panjang dan paria.  Alhamdulillah ekonomi di desa kami bertambah maju,” jelasnya.

Jaenudin memaparkan, setelah pihaknya bekerjasama dengan PT Eastwest seed Indonesia (Eswes) banyak sekali keuntungan yang diperoleh. Namun kata Jaenudin, petani juga harus serius dalam perawatan tanamannya, karena tanaman ini akan dijadikan sebagai benih unggul oleh perusahaan.

“Waktu kelompok kami masih 500 orang, satu kali panen kami dapat mencapai 10 milyar dibayar oleh perusahaan. Setelah dibagi empat paling 2 milyar yang kami peroleh. Bulan ini saya nanam semangka, benih yang kami dapat 26 kilo, harga perkilonya satu juta dua ratus,” paparnya. (BP-2)

IRNA : PERUSAHAAN BOLEH UNTUNG, PETANI HARUS SEJAHTERA

0

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita membuka acara Expo Produksi Benih PT Easwest Seed Indonesia. Kerjasama ini selain membuat perusahaan mendapat keuntungan dengan benih yang unggul, petanipun harus sejahtera.  Demikian disampaikan Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita saat membuka Inovasi Expo Produksi Benih PT Easwest Seed Indonesia, Rabu (3/5) di Desa Sekong, Kecamatan Cimanuk.

Menurut Bupati, dalam kerjasama yang baik jelas akan ada simbiosis mutualisme. Pada akhirnya kesejahteraan para petani yang harus diutamakan.

“Petani juga harus telaten dalam mengurus tanamannya. agar benih yang didapat merupakan benih unggulan,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Seed Operation PT Easwest Seed Indonesia Agung Subroto menyampaikan, Kerjasama ini sudah berjalan dari tahun 2001. Dalam kurun waktu kurang lebih enam belas tahun ini sudah banyak petani yang berhasil.

“Sentra petani kita ada di tiga kecamatan yaitu Sobang, Patia, dan Angsana. Dengan jumlah 20  kelompok, 850 petani yang menggunakan produk kami cap Panah Merah,” katanya.

Agung menjelaskan, inovasi pembenihan yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan petani. Acara expo ini ada di dua tempat  yaitu jawa timur dan Provinsi Banten tepatnya di Pandeglang.

“Benih kita ini hibrida hasil dari perkawinan bibit unggul.  Yang akan kita sebarluaskan diantaranya, cabai, paria, oyong, buncis, kacang panjang, dan sawi,” jelasnya.

Hadir dalam acara ini, Anggota DPRD Kabupaten Pandeglang Anton Haerusamsi komisi III, Komisaris PT Eastwest Seed Indonesia Ahmad Yuniarto, PLT Kepala Dinas Pertanian Wowon Dirman, Kadiskomsantik Yahya Gunawan Kasbin, Kasat Pol-PP Dadan Saladin, Kabag Humas Mustandri, Kabag Umum Bunbun Buntaran, Kabab Pemerintahan Doni Hermawan, Muspika Kecamatan, dan camat Cimanuk Hj. Nuriah. (BP-1)

PD BPR BERKAH TERUS TINGKATKAN PROFESIONALITAS

0

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang Hj Irna Narulita menghadiri Launching program undian berkah berhadiah Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD BPR) Berkah yang dilaksanakan di Rizki Hotel, Rabu (3/5). Dalam kesempatan itu, Irna menyampaikan bahwa seiring majunya dunia perbankan, PD BPR berkahpun harus terus meningkatkan profesionalitas sebagai perusahaan milik daerah.

Menurutnya, Pengelolaan PD. BPR Berkah harus lebih baik lagi, mulai dari sarana dan prasarana dan kerjasama dengan pihak swasta lainnya, karena tidak dapat bekerja sendiri.

“Pemerintah akan mensupport terkait OJK nya. Penyertaan modal akan kami tambah, karena pemerintah percaya kepada perusahaan daerah dan kinerja perusahaan daerah,” jelasnya.

Bupati juga mengucapkan ribuan terimakasih kepada nasabah. Adanya launching ini merupakan apresiasi untuk para nasabah, diharapkan tingkat kepercayaan masyarakat dan nasabah semakin baik.

“Kedepannya BPR dapat memberikan kontribusi lebih banyak lagi dalam rangka peningkatan perekonomian, diantaranya melalui perkreditan kepada masyarakat,”ungkapnya.

Hadir dalam acara ini, Kabag Ekonomi Provinsi Jawa Barat Yudi, Perwakilan bjb Bandung Ucu, Dewan Pengawas PD. BPR Berkah Triwasgito, BPR Kerta Ai Suherlan, Bank Banten Anto, Bjb Pandeglang Wahyu, Jamkrida Indra, BPR Amal Bakti Hamdi, Kadiskomsantik Yahya Gunawan Kasbin, Kepala Badan Pelayanan pajak Daerah Utuy Setiadi. (BP-1)

PANDEGLANG SUDAH SIAP TANAM JAGUNG SECARA BERTAHAP

0

 

PANDEGLANG – Kabupaten Pandeglang yang sebelumnya ditargetkan oleh Provinsi Banten seluas 85.860 ribu hektar, ternyata sampai hari ini sudah ada Calon Petani dan Calon Lahan (CPCL) 51.526 ribu hektar. Dan yang sudah ditanam Bulan April 4.537 hektar, siap tanam bulan Mei 6.055 hektar, Juni 14.495 hektar, Juli 11.054 hektar, Agustus 2.616 hektar, dan September 12.727 hektar.

Demikian disampaikan Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita saat rapat Upaya Khusus (Upsus) Jagung di Polda Banten, Selasa (2/5).

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Provinsi Banten yang telah mengakomodir usulan dari Kabupaten Pandeglang untuk bantuan Herbisida.

“Dengan dibantunya 400 liter herbisida diharapkan dapat membantu perluasan areal tanam jagung di Kabupaten Pandeglang,” jelasnya.

Sementara Kadis Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid mengatakan, luas areal tambah tanam jagung untuk Provinsi Banten yang sudah ada Calon Petani dan Calon Lahan (CPCL) mencapai 128.095 hektar. Menurutnya, jumlah ini sudah cukup sesuai dengan apa yang ditetapkan Menteri Pertanian.

Agus Tauchid berharap, kepada Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT) yang ada di Prov Banten harus dapat jemput bola untuk paska panen jagung.

“Kebutuhan jagung di Banten kurang lebih mencapai 10.000 ton perhari, dan selama ini disuplai dari luar banten. Dengan GPMT dapat jemput bola ke petani di Banten, jelas akan mengurangi ongkos produksi perusahaan karena tidak terlalu jauh,” harapnya.

Hadir dalam acara ini, Wakapolda Banten Kombes Pol Aan Suhanan, Forkopimda Banten, para Kepala SKPD Prov Banten, Komandan Kodim 0601 Letkol Inf Ganiahardi, Asda dua Kabupaten Pandeglang Girgijantoro, perwakilan dari Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT).

PJ. SEKDA PANDEGLANG; PANDEGLANG DIHARAPKAN MEWAKILI PROV BANTEN PADA POMNAS

0

PANDEGLANG – Kabupaten Pandeglang menggelar acara Pekan Olah Raga Mahasiswa Kabupaten Pandeglang (POMKAB). Dari hasil POMKAB diharapkan dapat menjaring mahasiswa yang berprestasi, sehingga Pandeglang dapat menjadi Wakil Banten di Pekan Olah Raga Mahasiswa tingkat Nasional (POMNAS) mendatang.  Demikian disampaikan Pj. Sekda Pandeglang Fery Hasanudin, usai acara pembukaan POMKAB di gedung Graha Pancasila (GP), Selasa (2/5).

Menurutnya, Pemerintah Daerah sangat mensupport sekali dengan kegiatan olah raga POMKAB. Hal ini terlihat dari anggaran yang diberikan untuk acara tersebut.

“Untuk saat ini memang masih kecil. Namun setelah ini akan dilakukan evaluasi, agar anggaran yang diberikan lebih besar lagi dalam rangka pembinaan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olah raga Moh. Amri menyampaikan, kegiatan ini merupakan agenda rutih tahunan yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali, dan saat ini merupakan POMKAB ke-4.

“Acara ini dilaksanakan dari tanggal 2 – 5 Mei 2017. Diikuti oleh enam perguruan tinggi di Pandeglang yakni Babunnajah, STIA Banten, STAISMAN, UNMA Banten, dan STKIP Mutiara Banten,” katanya.

Amri menjelaskan, ada enam Cabang olahraga  yang dilombakan dalam kegiatan ini diantaranya, Badminton, Futsal, Catur, Tenis Meja, Atletik, dan Sepak Bola.  Hadir dalam acara ini, Wakapolres Pandeglang, Sekdispora, Ketua Umum  PB FOPMI Ari Umbara, Ahmad Syahroni Sekjen PB FOPMI. (BP-1)

KETUA BAZNAS PANDEGLANG : BAZNAS MEMILIKI PERAN PENTING DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN

0

PANDEGLANG – Ketua Baznas Kabupaten Pandeglang Drs.Aah Wahid Maulany mengatakan dalam waktu dekat akan menyusun program kerja untuk bisa mewujudkan harapan yang diinginkan oleh Bupati Pandeglang terkait dalam rangka pengentasan kemisikinan, masalah pendidikan dan kesehatan,  Hal itu diungkapkan Aah Wahid usai dilantik sebagai ketua Baznas Kabupaten Pandeglang, Selasa (2/5) di Pendopo Kabupaten Pandeglang.

“Kami memiliki harapan bagimana Baznas Kabupaten Pandeglang sebagai lembaga pengelola zakat infak dan sodaqoh kedepan lebih baik, untuk itu kami dituntut bekerja lebih professional dan amanah serta harus memiliki terobosan untuk lebih meningkatkan kinerja dalam menjalankan tugas, sehingga betul-betul mendapatkan kepercayaan dari masyarakat”, paparnya.

Prosesi Pelantikan pimpinan BAZNAS Kabupaten Pandeglang dihadiri oleh Pj.Sekda Pandeglang Ferry Hasanudin, Assisten Pemerintahan Ida Novaida, Assisten Ekbang Girgi Jantoro, Wakil Ketua Baznas Provinsi Banten KH.Suhri Utsman, perwakilan MUI Kabupaten Pandeglang serta para Kepala SKPD. (BP-1)

BUPATI HJ. IRNA NARULITA LANTIK KETUA BAZNAS PANDEGLANG

0

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang Hj.Irna Narulita melantik 4 orang Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pandeglang periode  Tahun 2017-2022, di Gedung Pendopo, Selasa (2/5).

Dalam surat Keputusan Bupati Pandeglang Nomor 451.12/Kep.132-Huk/2017 tentang pengangkatan pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pandeglang periode tahun 2017-2022, disebutkan bahwa keempat pimpinan Baznas tersebut terpilih sebagai Ketua Drs.H.Aah Wahid Maulany, M,Pd, Wakil Ketua I Drs.H.M.Acang, M.Ag, Wakil Ketua II Drs. Suherman dan sebagai Wakil Ketua III Drs.Anas Ubaidillah.

Dalam sambutanya Bupati Pandeglang Hj.Irna Narulita mengajak kepada seluruh jajaran pengurus Baznas Kabupaten Pandeglang periode 2017-2022 yang baru dilantik untuk bekerja menyusun program dan kegiatan yang terarah, terukur dan terprogram yang baik untuk mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Irna juga menyampaikan Badan Amil Zakat harus mempunyai terobosan serta inovasi dalam menjalankan tugasnya, karena Baznas merupakan mitra Pemerintah.  Untuk itu dalam pengelolaanya harus professional, transparan sehingga tujuan untuk menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai.

“Saya berharap kepada kepengurusan yang baru untuk segera melaksanakan tugas serta bersinergi dengan SKPD serta masyarakat dalam menyusun program kerja kedepan, agar Baznas Kabupaten Pandeglang lebih baik lagi”, jelasnya. (BP-1)

TANTO ARBAN : SDM MERUPAKAN INDIKATOR UTAMA PENINGKATAN PEMBANGUNAN

0

PANDEGLANG – Sumber daya yang handal dan profesional tentu sangat dibutuhkan dalam meningkatkan mutu pembangunan di suatu daerah. Oleh sebab itu, Sumber Daya Manusia dapat dikatakan faktor utama peningkatan pembangunan khususnya di Pandeglang.

Demikian dikatakan  Wabup Pandeglang Tanto Warsono Arban, saat diwawancarai wartawan Badak Pos kemarin, Minggu (30/4).

Menurutnya, SDM aparatur Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang harus terus di upgrade (ditingkatkan), untuk peningkatan kwalitas diri masing – masing.

“Mari kita terus tingkatkan kemampuan dan keahlian diri kita, untuk berperan dalam memajukan Kabupaten Pandeglang,” ungkapnya.

Wabup mengatakan, SDM yang handal akan lebih maksimal dalam mewujudkan pembangunan apabila didukung dengan kerjasama sang solid.

” Saya yakin Pandeglang semakin professional.  Yang paling terpenting inovatif, laksanakan tugas dengan baik, dan terus mengedepankan kerjasama tim,” jelasnya. (BP-1)

BUPATI PANDEGLANG : SEBA BADUY MENYIRATKAN PESAN MORAL YANG MENDALAM

0

PANDEGLANG –  Seba Baduy mungkin memang lebih terasa gaungnya di Kabupaten Lebak mengingat wilayah adminsitrasi warga Baduy yaitu Desa Kanekes memang berada di wilayah Kabupaten Lebak.  Namun ternyata, warga baduy juga memiliki keterikatan dengan Kabupaten Pandeglang sehingga mereka menyempatkan diri untuk singgah di Pendopo Kabupaten pandeglang guna menyerahkan symbol hasil bumi mereka kepada pemimpin daerah di Pandeglang.  Sebelum ke Pemprov Banten, Jaro Saidi dan warga baduy lainya singgah di Pendopo Pandeglang untuk menyerahkan hasil bumi, dan diterima langsung Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, Sabtu ( 29/4).

Bupati Hj. Irna Narulita mengatakan, seba baduy ini memberikan pesan moral yang mendalam. Hal itu dilihat dari pesan yang mereka sampaikan bahwa kelestarian alam dan lingkungan harus di jaga.

“Selain dari hasil bumi yang kita ambil, tentu kelestarian hutannya harus dijaga untuk kelangsungan ekosistem lainya dan menjaga terjadinya bencana alam akibat dari erosi,” disampaikan Bupati Hj. Irna saat menerima seba di Pendopo Pandeglang.

Jumlah warga baduy yang melakukan seba ke Pandeglang kali ini kurang lebih sebanyak 50 orang dipimpin oleh seorang pemimpin baduy, Jaro Saidi.   Di depan bupati, Jaro Saidi mengatakan, seba ini tradisi turun – temurun (kokolot) dimana warga baduy turun gunung untuk memberikan hasil bumi kepada para penggede termasuk di Pandeglang.  Jaro Saidi juga  mengingatkan untuk menjaga kelestarian alam di Banten – Pandeglang.

” Jaga Gunung Karang, Aseupan, Pulosari, Madur, dan Leuwueng, laut supaya alam lestari jauh dari bahaya,” katanya.

Hadir dalam acara ini Inspektur Inspektorat Iskandar, Staf Ahli bidang Ekonomi E. Andi, dan Kadis Pendidikan Salman Sunardi, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ramadani, dan Sekdis Kominfo Nurhasan. Setelah dari Pandeglang, seba baduy akan dilanjutkan berjalan menuju Pemprov Banten. (BP-1)

“KARTINI-KARTINI” PANDEGLANG PEROLEH PENGHARGAAN

0

PANDEGLANG – Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Pemerintah Kabupaten Pandeglang menyerahkan penghargaan kepada sosok sosok wanita Pandeglang yang dinilai memiliki prestasi tersendiri. Penghargaan diserahkan langsung oleh Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat upacara peringatan Hari Kartini di alun-alun Pandeglang, Jumat (28/4)

Penerima penghargaan tahun ini berasal dari berbagai latar belakang profesi yaitu
1. Kowad Berprestasi diberikan kepada SERKA KOWAD SRI BUDIYATI
2. Perempuan Berprestasi Pengrajin Industri Kecil Menengah
– Hj. ETI SUHERTI ANYAMAN PANDAN DESA KADULIMUS KE. BANJAR
– KIKI RIZKI FEBRIAN, Jam tangan Kayu Cikek Babakan Karaton Jl. Talaga Rt.02/12 No.57 Kelurahan                            Karaton, Kecamatan Majasari
– DILA KOPI Badak Kp. Ciherang Kelurahan Pandeglang Kecamatan Pandeglang
3. Petugas kebersihan wanita terbaik :
– SITI HODIJAH
– NENG SADIAH
– SAWINAH
4. Penyuluh KB Perempuan Berprestasi
– RUSMIATI UPT DP2KBP3A Kec. Panimbang
– RATU MAESAROH UPT DP2KBP3A Kec. Carita
– KHULWAH UPT DP2KBP3A Kec. Cisata
5. Penyuluh Pertanian Perempuan Berprestasi
– YOYOH R.S.St
– ESTI MELIYANI, SP
– IYOH MASRIAH, S.St
6. Kelompok Wanita Tani Berprestasi (KWT)
– JULAEHA Ketua KWT Binangkit Desa Talagasari Kec. Saketi
– LILIS Ketua KWT Insan Mandiri Desa Ciherang Kec. Cisata
– ENOK HAERIYAH Ketua KWT
7. Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Perempuan :
– NOVI SUPIYANI, SE Kecamatan Cadasari
– SRI PERMATASARI, S.Sos Kecamatan Majasari
– SUKAEBAH Kecamatan Cipeucang
– WIWIN KHOTIMAH Kecamatan Cikeudal
– HETI SUAYANTI Kecamatan Sobang
– SAMSIAH, S.Pd.i Kecamatan Munjul
8. Apresiasi Kinerja SKPD diberikan kepada
– Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Pandeglang
– Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
9. PAKERTI UTAMA 1
– Pakarti Utama 1 “Pelaksana Terbaik Tertib Administrasi Kategori Kecamatan” diberikan kepada : TP. PKK           Desa Citumenggung, Kecamatan Bojong
– Pakarti Utama 1 “Pelaksanaan terbaik pencegahan kekerasan dalam rumah tangga kategori kecamatan”           diberikan kepada: TP.PKK Kelurahan Sukaratu Kecamatan Majasari
– Pakarti Utama 1 “Pelaksanaan pola asuh anak dan remaja dalam rumah tangga kategori kecamatan”                   diberikan kepada : Tp.PKK Kelurahan Karaton Kecamatan Majasari
– Pakarti Utama 1 “ Pelaksana PAUD Berkah Bersatu Terintegrasi Posyandu Kategori Kecamatan” diberikan         Kepada: Tp.PKK Desa Citumenggung Kecamatan Bojong.
– Pakarti Utama 1 “Pelaksana terbaik UP2K abadi sadulur kategori kecamatan” diberikan kepada: Tp.PKK            Desa Citumenggung Kecamatan Bojong.
– Pakarti Utama 1 “Pelaksana terbaik hatinya PKK kategori kecamatan” diberikan kepada : TP.PKK                              Kondang Jaya Kecamatan Cisata
– Pakarti Utama 1 “ Pelaksana terbaik posyandu kategori kecamatan” diberikan kepada: TP.PKK Desa                      Cimanuk Kecamatan Cimanuk.

Bupati berharap dengan adanya penghargaan seperti ini maka kaum wanita akan semakin termotivasi untuk maju dan berprestasi. (BP-2)

EKPPD PANDEGLANG PERINGKAT KE 1 DI BANTEN, KE 79 DI TINGKAT NASIONAL

0

PANDEGLANG – Saat ini terdapat 542 daerah otonom, yang terdiri dari 34 provinsi, 415 kabupaten dan 93 kota. Berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) tahun 2016 terhadap laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah tahun 2015, Kabupaten pandeglang meraih peringkat 1 di Prov banten, dan ke 79 ditingkat Nasional.

“Untuk itu pelaksanaan otonomi daerah harus mampu meningkatkan kinerja pelayanan publik sesuai dengan kepentingan masyarakat,”

Hal ini disampaikan Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, saat menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Kartini dirangkaikan dengan Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXI tahun 2017 di Alun-alun Pandeglang, Jum’at (28/4).

Menurut Bupati, penilaian yang diberikan pemerintah pusat sesuai dengan keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 120 – 10421 tahun 2016 tentang Penetapan Peringkat, dan Status Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah secara nasional tahun 2015. Dari hasil tersebut  Kabupaten Pandeglang berada di peringkat 79 dengan skor 3,1570 menyandang predikat sangat tinggi.

“Dalam hal ini saya berpesan kepada seluruh SKPD/OPD untuk senantiasa mendorong dan mendukung upaya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah di bidang pelayanan publik melalui electronic government,” katanya. (BP-1)

BUPATI PANDEGLANG : DATABASE KEPENDUDUKAN DIPANDANG DAPAT MEMPERCEPAT PELAYANAN DAN PENIGKATAN IPM

0

PANDEGLANG – Untuk mengetahui jumlah penduduk baik dari tingkat Kesehatan, Pendidikan, dan Keluarga Berencana, Kabupaten Pandeglang dipandang perlu memiliki Database kependudukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Dengan database tersebut kita dapat mengetahui jumlah akseptor, jumlah warga putus sekolah, dan masyarakat yang memiliki penyakit akut. Dengan begitu permasalahan yang terjadi dapat segera tertangani,” demikian disampaikan Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita saat membuka acara Rakor Keluarga Berencana (KB) di Hotel Rizki, Jum’at ( 28/4).

Bupati menyampaikan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Pandeglang masih rendah. Untuk meningkatkan IPM tersebut diantaranya peningkatan mutu kesehatan dan pendidikan di masyarakat.

“Saya harap tiga Unit Pelaksana Tugas (UPT), baik Keluarga Berencana, Puskesmas, dan Pendidikan harus bergerak masif (bersama) untuk meningkatkan drajat kesehatan dan pedidikan di masyarakat. Saya tidak ingin ada masyarakat yang sakit akut dan putus sekolah tidak terdata oleh upt setempat,” jelasnya.

Bupati juga berharap, Rapat Koordinasi Keluarga Berencana (Rakor KB) ini jangan hanya sebatas menggugurkan kewajiban semata yang tidak ada output nya.

“Kegiatan ini harus ada outcome nya. Silahkan rumuskan dalam rakor ini, gagasan dan pemikiran seperti apa untuk menyelesaikan beberapa masalah kependudukan yang saat ini tengah terjadi,” harapnya.

Sementara itu Deden Kuswan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Kb & Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak (P2KBP3A) mengatakan, dalam rangka melaksanakan program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh PAKBP3A Kabupaten Pandeglang tahun 2017, agar dapat berjalan dengan lancar perlu adanya dukungan dari semua unsur melalui komitmen yang ditetapkan dalam forum rakor program Keluarga Berencana.

“Adapun peserta yang diundang dalam acara ini adalah seluruh Camat, Kepala UPT Puskesmas se Kabupaten Pandeglang, Kepala UPT DP2KBP3, dan Organisasi Perangkat Daerah terkait,” katanya.

Hadir dalam acara ini Pj Sekda Pandeglang Fery Hasanudin, Asda Ekbang Girgijantoro, dan Kepala Dinas Kesehatan Indah Dinarsiani. (BP-1)

WABUP TANTO ARBAN BUKA SOSIALISASI SDG’S KABUPATEN PANDEGLANG

0
????????????????????????????????????

PANDEGLANG – Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Pandeglang menyelenggarakan Sosialisasi SDG’s Kabupaten Pandeglang, Jumat (28/4) di Hotel Sopyan Inn Altama.

Acara Sosialisasi tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban yang didampingi Kepala Bappeda Kabupaten Pandeglang Kurnia Satriawan, serta Sekretaris Bappeda Ade Surahman.

Dalam sambutanya Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban mengatakan data BPS menunjukan bahwa jumlah tingkat pengangguran di Kabupaten Pandeglang masih 10.22% dari total penduduk 1.194.911 jiwa, dan penduduk miskin sebanyak 113.140 atau menyentuh angka kisaran 9,5%,

“Terkait hal tersebut Pemerintah Kabupaten Pandeglang harus melakukan langkah-langkah pembenahan izin investasi untuk menarik para investor, sehingga dapat memberikan kemudahan pada industri padat karya yang sangat kita butuhkan”, katanya.

Tanto menambahkan Pemerintah Kabupaten Pandeglang saat ini masih memiliki pekerjaan rumah dalam mengentaskan desa tertinggal, dari jumlah 75 Desa tertinggal di Kabupaten Pandeglang, tahun ini akan dientaskan sebanyak 12 Desa, dan tahun depan (2018) ditargetkan 16 Desa sudah terbebas dari predikat Desa tertinggal,

“Terobosan dalam upaya pengentasan desa tertinggal itu akan kami fokuskan pada pembangunan infrastruktur jalan, akses pelayanan kesehatan dan pendidikan”,

Lebih lanjut kata Tanto untuk meningkatkan akses penyaluran tenaga kerja, kita perlu meningkatkan keterampilan tenaga kerja lokal yang pada gilirannya akan meningkatkan produktivitas pembangunan.  Terkait dengan permasalahan tersebut Pemerintah Daerah memprioritaskan pendampingan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan diharapkan sebanyak 326 Desa di Kabupaten Pandeglang tahun ini sudah memfungsikan BUMDES sebagai penggerak prekonomian masyarakat Desa.

“Untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pandeglang ditengah kondisi ekonomi global saat ini, diperlukan sinegritas Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Pemerintah Provinsi Banten serta Pemerintah Pusat.  Perihal kebijakan Pemerintah terkait pertumbuhan produk domestik bruto harus difokuskan pada upaya mendorong perluasan kesempatan kerja yang lebih layak.”  katanya.

Sebanyak 45 orang peserta, terdiri dari pimpinan perangkat Daerah, perguruan tinggi, serta pimpinan lembaga swadaya masyarakat mengikuti kegiatan sosialisasi SDG’s tersebut. (BP-1)

????????????????????????????????????

STOP PRESS : SITUS TELKOMSEL TERINDIKASI DISERANG HACKER

0

JAKARTA – Bila anda hari ini, Jumat (28/4) menuliskan kata ‘Telkomsel’ pada mesin pencari situs  anda, maka Anda akan dikejutkan dengan tampilan pada laman pencarian Telkomsel.  Pada laman www.telkomsel.com tertulis “FUCK TELKOMNYET” dan bukan TELKOMSEL seperti biasanya.  Ada indikasi hacker telah berhasil meretas situs ini dan mengubah teks tampilan.

Pada bagian keterangan, tercantum teks yang menyatakan rasa kekecewaan atas mahalnya harga kuota internet yang ditawarkan Telkomsel.

“Pegimane bangsa Endonesia mau maju kalo internet aja mahal. Babi! Makan aja susah, apalagi beli kuota internet. Monyet! Murahin harga kuota internet, Nyet!”

Begitu isi keterangan situs tersebut.  Belum ada konfirmasi resmi melalui laman Telkomsel mengenai kejadian ini. (BP-3)

TRADISI SEBA BADUY, DIMULAI HARI INI

0

LEBAK – Tradisi tahunan dari masyarakat baduy di Kabupaten Lebak Provinsi Banten, dimulai hari ini, Jumat (28/4). Sekitar pukul 10 pagi ini, rombongan warga baduy memulai perjalanan mereka dari kampung mereka di Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar menuju pusat pemerintahan Kabupaten Lebak di Kecamatan Rangkasbitung. Jarak yang akan mereka tempuh lebih kurang 100 km dengan berjalan kaki. Rangkaian acara Seba Baduy akan berakhir besok, Sabtu (29/4) di kota Serang.

Seba Baduy adalah sebuah tradisi yang telah dilakukan oleh leluhur kaum baduy sejak jaman kerajaan. Mereka melakukan perjalanan untuk mempersembahkan berbagai hasil bumi mereka kepada raja atau “penguasa daerah”. Persembahan upeti ini sebagai bentuk rasa syukur mereka atas hasil pertanian mereka selama satu tahun.

Di era kemerdekaan, warga baduy tetap mempertahankan tradisi ini dan mempersembahkan upeti mereka kepada bupati di Kabupaten Lebak. Selanjutnya mereka akan melanjutkan perjalanan menuju Serang untuk menyerahkan simbol rasa syukur mereka kepada Gubernur Banten.

Puncak dari kegiatan Seba Baduy akan diadakan di Pendopo Kabupaten Lebak malam ini. Acara akan dipimpin langsung oleh Bupati Lebak, Hj. Iti Octavia Jayabaya, dan dihadiri seluruh jajaran muspida Kabupaten Lebak. (BP-2, foto : sayanusantarablogspot.com, meretasjalanwordpress,com)

Festival Golok Day, Upaya Pelestarian Budaya Di HUT Kota Cilegon Ke 18

0

Cilegon, Badakpos.com – Salah satu rangkaian kegiatan HUT Kota Cilegon ke 18 adalah penyelenggaraan Festival Golok Day yang akan berlangsung tanggal 30 April 2017. Hal ini merupakan upaya pemerintah Kota Cilegon dalam rangka melestarikan dan merayakan senjata tradisional khas Banten.

Tahun ini adalah tahun kedua pelaksanaan Festival Golok Day dan akan diisi dengan serangkaian kegiatan eksklusif seperti Seminar Golok, Coaching Clinic Pembuatan Senjata, Demo Penggunaan Senjata, Pawai Pendekar, Festival Pencak Silat Nusantara, Golok Day Award dan Pameran Pusaka Nusantara.

Dikutip dari laman Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Ketua Pelaksana Golok Day 2017 Jamhari Sakti menjelaskan, event ini merupakan ajang silaturahmi antarpendekar nusantara disamping melestarikan warisan seni budaya nusantara khususnya golok dan lintas seni beladiri yang ada di Indonesia. Untuk tahun ini penyelenggara mengundang pendekar senusantara seperti dari Jakarta, Bekasi, Bogor, Lampung, Karawang, Bandung dan daerah lainnya.

Jamhari menjelaskan dalam kegiatan ini masyarakat dapat lebih mengenal beragam jenis golok khas Banten dan daerah lain.

“Selain golok khas Banten seperti golok Sulangkar peninggalan suku adat Baduy Kabupaten Lebak dan Ciomas Kabupaten Serang, bukan berarti hanya golok khas Cilegon saja yang akan dimunculkan dalam agenda kebudayaan tersebut, pihak panitia juga mengundang para perajin khas Banten Selatan dan Banten Utara,” ujarnya.

Pihak Dinas Pariwisata Provinsi Banten menyambut baik dan mendukung kegiatan ini karena dapat menjadi agenda wisata budaya yang menarik kunjungan wisatawan ke Banten. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, Golok Day merupakan kegiatan yang menjadi salah satu ikon yang dapat mengangkat potensi seni budaya dan pariwisata Kota Cilegon. (BP-2, Sumber : dispar.bantenprov.go.id)

MASYARAKAT DESA SUKASARI IKUTI PENDIDIKAN WAWASAN KEBANGSAAN

0

PANDEGLANG – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pandeglang menyelenggarakan Pendidikan Wawasan Kebangsaan dan diikuti  oleh berbagai elemen masyarakat di Desa Sukasari. Acara dibuka oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik sekaligus Plh. Kepala Badan Kesbangpol Firman Abdul Gani, Kamis(27/04).

Hadir dalam kesempatan ini, Kasdim 0601, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Pandeglang, Kapolsek, Danramil dan seluruh aparat Kecamatan Pulosari.

Plh. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengharapkan pelatihan ini tidak hanya sekedar seremonial belaka, melainkan dapat memberikan pemahaman, wawasan dan kompetensi bagi masyarakat serta aparatur desa dalam menjalankan pemerintahan.

“Semoga dengan adanya pendidikan ini dapat meningkatkan pemahaman, dan pengetahuan tentang semangat, nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara, dan akhirnya menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air,” ucapnya.

Menurutnya demi kelancaran pelaksanaan tugas,  aparatur pemerintah desa dituntut untuk tidak hanya menguasai teknis atau aturan penyelanggaraaan pemerintahan saja melainkan juga memiliki wawasan kebangsaan.

“Di desa, baik masyarakat ataupun  aparatur pemerintahan perlu sekali dibekali nilai-nilai wawasan kebangsaan, kesadaraan disiplin, dan intregritas yang tinggi,” tegasnya. (BP-1)

MENTERI PDTT : BUMDES TAK BOLEH HANYA SEREMONI SEMATA

0

JAKARTA – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) mengatakan, dengan adanya BUMDes, akan  dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Di Indonesia, menurutnya, saat ini kurang lebih ada 4000 BUMDes yang sukses.  Demikian disampaikan Menteri PDTT, Eko Putru Sandjojo saat menghadiri penandatanganan kerjasama beberapa kabupaten dengan Bulog Pusat dan Kopelindo, di Jakarta (27/4).

“Jadi BUMDes ini jangan hanya seremoni semata, namun harus serius dalam pengelolaannya untuk memajukan ekonomi desa,” katanya.

Menurutnya, tidak hanya kualitas infrastruktur desa yang menjadi perhatian Pemerintah, namun ekonominyapun harus dapat berkembang.

“ Untuk itu harus ada Program Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades), diantaranya membuat klaster untuk program unggulan desa. Persoalan di desa yang saat ini dihadapi adalah kurang fokus terhadap program unggulan,” jelasnya.

Terpisah, Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita menyampaikan, pihak Pemerintah Daerah sangat support sekali dengan dibuatnya Mitra BUMDes. Dengan adanya mitra BUMDes, ekonomi masyarakat dapat terus berkembang.

“Selain dari produk dari milik BUMN, produk unggulan daerah setempatpun dapat dimasukan disana. Sehingga produk UMKM yang saat ini sudah ada dapat memiliki nilai ekonomis untuk menambah penghasilan masyarakat,” katanya. (BP-1)

PANDEGLANG TANDATANGAN KERJASAMA DENGAN BULOG DAN KOPELINDO

0

JAKARTA – Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita menandatangani MOU  kerjasama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) pusat dan Kopelindo, Kamis (27/4) di Hotel Rasuna Jakarta.  Dengan dengan adanya kerjasama tersebut, maka akan dibentuk PT Mitra Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Nusantara di tiap Kabupaten Kota. Mitra BUMDes tersebut akan membawahi mitra BUMDes yang ada di desa.

Selain Kabupaten Pandeglang, ada tujuh kabupaten lainnya yang ikut menandatangani  kerjasama ini yaitu  Kabupaten Sleman, Bojonegoro, Kebumen, Indramayu, Bone, Kerinci, dan Muara Bungo.

Hadir pada acara ini  Menteri  Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro, Menteri BUMN Rini Soemarno, Dirut BRI Pusat Suprajarto, Wakil Dirut BNI Heri Sidarta, Divisi Bank Mandiri Anastasya Hendayani, Eksekutif Manager Bank BTN Budi Wiryanto, PIHC Direktur SDM Ahmad Tausin, Dirut Sanghiang Sri  Saipul Bahri, Direktur Pemasaran PT. Peetani Maryadi, Direktur Hubungan Strategis Pos Indonesia Nur Fajriyansah, dan Direktur Jasindo Jasindo Solihah.

Direktur Perum Bulog Djarot Kusumayanto menyampaikan, Perum Bulog merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang digandeng untuk bekerjasama dengan BUMN lainnya dalam membentuk anak perusahaan yang dinamakan PT. BUMDes Nusantara.

“Dengan adanya PT. BUMDes Nusantara ditiap kabupaten dan membawahi BUMDes di kabupaten tersebut, diharapkan dapat meningkatkan usaha milik desa. Dan mewujudkan ekonomi perdesaan yang berkeadilan,” katanya. (BP-1)

bottle rack

0

SELEKSI KEMAMPUAN DASAR SEKOLAH KEDINASAN DIMULAI HARI INI

1

JAKARTA – Mulai hari ini, Selasa (25/4) hingga Juni mendatang beberapa kementerian melaksanakan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD)  bagi lulusan sekolah menengah atas yang ingin berkarier sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).   SKD untuk sekolah-sekolah kedinasan tahun ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Dikutip dari laman menpan.go.id, untuk menghadapi tes seleksi ini para peserta haruslah mempersiapkan diri mereka baik mental maupun fisik karena hal ini  sangat berpengaruh dalam kelancaran mengerjakan soal. Peserta tes perlu mempersiapkan diri dengan membaca hal-hal yang berkaitan dengan materi yang diujikan. Terdapat tiga materi yang diujikan dalam SKD yakni wawasan kebangsaan, intelegensi umum, dan karakteristik pribadi.

Analis Pelayanan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Fika Zaviera Remalia yang mengikuti tes CPNS menggunakan CAT tahun 2014 mengaku bahwa pengerjaan tes CAT itu sangat mudah.

“Tes CAT itu ngga susah kalau kita benar-benar persiapkan dengan baik. Ngga ribet juga waktu lagi ngerjain tesnya, langkah-langkahnya simpel bagi sudah familiar dengan teknologi informasi,” ujarnya.

Hal senada  disampaikan  oleh Yusuf Widayat yang saat ini bekerja sebagai pelaksana pemeriksa di Bea Cukai. Dirinya tidak menemui banyak kendala karena sudah sering latihan soal. Begitu juga dengan Darnella Puspita yang saat ini bekerja sebagai Analis SDM Aparatur di Kementerian PANRB.

Dirinya mengaku mulai membiasakan diri mengerjakan soal-soal yang mengasah kemampuan berhitung. Selain itu juga mempersiapkan diri membaca hal-hal yang berkaitan dengan wawasan kebangsaan seperti UUD 1945, sejarah dan kebijakan-kebijakan pemerintah lainnya. Selain itu, hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah mengenai fisik. Kondisi prima sangat mendukung kesuksesan dalam pengerjaan soal.

Pengolah data junior Kementerian Keuangan Alby Prilia Anggana mengatakan bahwa dirinya tidur dan makan cukup menjelang tes. Hal ini juga diamini Asisten Konselor Adiksi BNN Oktavia Ruthdian. Untuk menjaga konsentrasi dan stamina, perlu mengisi perut dengan makan secukupnya. (BP-2, sumber : HUMAS MENPANRB, Foto : newst.com)

Pj. SEKDA : PARKIR HARUS TERTIB DAN TIDAK MENIMBULKAN KEMACETAN

0

PANDEGLANG – Dinas Perhubungan mengadakan pembinaan kepada juru parkir tepi jalan umum di wilayah Kabupaten Pandeglang, tujuannya adalah agar parkir lebih  tertib dan tidak menimbulkan kemacetan.   Acara ini dibuka oleh Pj. Sekda Pandeglang, Fery Hasanudin, Selasa (25/4) di Hotel Pandeglang Raya, Pandeglang.  Dalam kesempatan ini Fery berharap juru parkir dapat ikut menjaga ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

“Saya harap setelah dilakukan pembinaan ini para petugas parkir dapat lebih disiplin dan tanggung jawab, sehingga memberikan kenyamanan kepada para pengguna kendaraan,” Ujar Fery di hadapan peserta pembinaan.

Menurutnya, saat ini kerap terjadi indisipliner di kalangan para pertugas parkir. Hal itu terlihat dari sikap para juru parkir yang tak acuh saat pengendara datang, dan menghampiri pengendara hanya saat pengendara hendak keluar.

“Biasanya ini terjadi di beberapa kantong parkir. Kedepan ini tidak boleh terjadi. Dan harus selalu berikan kenyamanan kepada para pengendara,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Pandeglang Tata Nanzar  menyampaikan, tujuan dari pembinaan ini agar menciptakan petugas parkir yang professional. Disamping memberikan kontribusi kepada Pendapatan Asli Daerah, juga meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Menurutnya, dasar hukum penetapan retribusi parkir tepi jalan umum di wilayah Kabupaten Pandeglang, yakni Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Pandeglang nomor 10 tahun 2010 tentang Retribusi Jasa Umum.

“Tarif yang ditetapkan sesuai peraturan tersebut yaitu, Rp. 1000,- untuk sepeda motor, Rp. 2000,- untuk Kendaraan Roda empat, dan Rp. 5000,- untuk Bus atau Truck. Adapun lokasi parkir diantaranya Karangtanjung, Pasar Pandeglang, Pasar Majasari, Pasar Saketi, Pasar Bojong, Pasar Picung, Pasar Menes, Pasar Labuan, Pasar panimbang,” katanya.

Tata menjelaskan, permasalahan yang saat ini kerap terjadi di lokasi perparkiran tepi jalan umum diantaranya, munculnya petugas liar dan petugas parkir gadungan, tarif parkir yang tidak sesuai dengan yang telah ditetapkan, masalah karcis tidak diberikan kepada pengguna jasa, masalah atribut seragam dan perlengkapan petugas, dan tempat parkir yang tidak teratur.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut, saya harapkan koordinator harus menginventarisir para juru parkir yang ada di wilayah koordinasinya. Setiap juru parkir harus mendapat surat tugas dari Dinas Perhubungan,” jelasnya. (BP-1)

DIKLAT PIM II PEJABAT PROVINSI BALI DILAKSANAKAN DI KECAMATAN SUMUR

1

PANDEGLANG – Diklat Pim  II Pejabat  Provinsi Bali akan dilaksanakan di Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang.   Pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang Fery Hasanudin menerima peserta diklat ini Selasa (25/4) di Gedung Garuda Pendopo Pandeglang.  Dalam kesempatan ini Fery  berharap ada terobosan atau inovasi yang dilakukan para peserta diklat, yang dapat digunakan oleh warga setempat.

Menurut Sekda, atas nama Pemerintah Daerah, pihaknya sangat menyambut baik Diklat Pim II pejabat Provinsi Bali dilaksanakan di Pandeglang.

“Hasil dari para peserta dalam pengembangan yang dilakukan disana untuk memajukan desa, nanti dapat kami tindak lanjuti,” ungkapnya.

Peserta yang mengikuti Diklat Pim II ini kurang lebih sebanyak tiga belas (13) orang peserta, yang dikelola oleh Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM) Provinsi Bali.

Sementara itu, Ketua rombongan diklat Pim II Provinsi Bali, Made Parta Kusuma menyampaikan, tempat yang akan menjadi lokus Diklat Pim II yaitu 2 desa yang ada di Kecamatan Sumur masing-masing  Desa Kertajaya, dan Desa Sumberjaya.

“Kami ucapakan terima kasih atas penyambutan yang sangat baik ini dari Pemerintah Kabupaten Pandeglang. Dan kami juga mohon dukungan dan bantuan dari Pemerintah Daerah guna kelancaran pelaksanaan Diklat Pim II ini,” katanya.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Dan Diklat (BKD) Pandeglang Ali Fahmi Sumanta menyampaikan, ini merupakan hal yang positif untuk Kabupaten Pandeglang menjadi lokasi pelaksanaan Diklat Pim II Provinsi Bali. Karena diklat Pim ini lebih ke arah peraktek kerja lapangan membangun desa, dan inovasi pengembangan desa.

“Bersyukur Pandeglang mendapat kunjungan dari BPSDM Bali. Ini jadi ajang promosi potensi daerah. Dengan begitu kita dapat inovasi dalam pengembangan daerah setempat,” kata Fahmi usai acara penerimaan di Pendopo Pandeglang. (BP-1)

CILEGON, GELIAT KOTA KECIL DENGAN SEJARAH PANJANG

0

CILEGON – Tanggal 27 April setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Kota Cilegon. Cilegon memang memperoleh status Kotamadya pada 27 April 1999.  Tahun ini, Kota Cilegon akan merayakan HUTnya yang ke-18.  Terkait HUT Kota Cilegon kali ini, pihak Pemkot Cilegon menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan bernuansa budaya di Cilegon, diantaranya penyelenggaraan acara Cilegon Ethnic Carnival dan Festival Golok Day yang akan dilaksanakan pada tanggal 29-30 April 2017.

Tak salah bila Cilegon menyelenggarakan kegiatan bernuansa kebudayaan karena sesungguhnya kota ini memiliki akar kesejarahan yang cukup panjang.  Dikutip dari Wikipedia, Kota Cilegon dalam pembentukannya mengalami beberapa masa, yang dimulai dari masa Sultan Ageng Tirtayasa (tahun 1651 – 1672). Pada tahun 1651 Cilegon merupakan kampung kecil dibawah kekuasaan Kerajaan Banten, pada masa itu Cilegon berupa tanah rawa yang belum banyak didiami orang. Namun sejak masa keemasan Kerajaan Banten dilakukan pembukaan daerah di Serang dan Cilegon yang dijadikan daerah persawahan dan jalur perlintasan antara Pulau Jawa dan Sumatera. Sejak saat itu banyak pendatang yang menetap di Cilegon sehingga masyarakat Cilegon sudah menjadi heterogen disertai perkembangan yang sangat pesat.

Pada masa penjajahan Belanda, Cilegon sempat membara dan mengadakan perlawanan kepada Belanda untuk membebaskan diri dari penindasan penjajahan Belanda. Puncak perlawanan rakyat Cilegon kepada Kolonial Belanda yang dipimpin oleh KH. Wasyid yang dikenal dengan pemberontakan Geger Cilegon 1888 tepatnya pada tanggal 9 Juli 1888, mengilhami rakyat Cilegon yang ingin membebaskan diri dari penindasan penjajah dan melepaskan diri dari kelaparan akibat tanam paksa pada masa itu

Produk budaya masyarakat cilegon antara lain tarian Bendrong Lesung, Patingtung Bambu, Pencak Silat Khas Cilegon, Rampak Bedug dan Ubrug. Produk Budaya lain berupa benda adalah Batik Lereng Lesung Mandiri, Golok, dan alat musik patingtung, apalagi dengan adanya Sanggar Batik Krakatoa Cilegon yang mengedepankan batik lokal dengan motif yang tidak lepas dengan budaya Cilegon. (BP-4, sumber : Dispar Banten, Wikipedia, Foto : Pelabuhan Merak 1932)

WASPADA, GELOMBANG TINGGI DI SELAT SUNDA

0

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Pusat mengeluarkan peringatan dini adanya bahaya gelombang tinggi di beberapa kawasan perairan nusantara, termasuk diantaranya Selat Sunda bagian selatan dan perairan selatan Pulau Jawa, Senin (24/4).  Peringatan berlaku mulai pukul 7 pagi hingga 5 petang hari ini.

Gelombang diperkirakan dapat mencapai ketinggian 2,5 – 4 meter (rough sea) dan ketinggian gelombang ini dapat membahayakan kapal-kapal kecil.  Selain Selat Sunda dan perairan selatan Pulau Jawa, gelombang tinggi ini juga diperkirakan akan menerjang wilayah-wilayah : Perairan barat Aceh, Perairan barat Kep. Simeulue hingga Kep. Mentawai, Perairan Bengkulu hingga barat Lampung, Selat Bali bagian selatan, Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, Samudra Hindia barat Sumatra hingga selatan NTT. (BP-3, sumber : http://www.bmkg.go.id/)

MASYARAKAT SADAR WISATA, PILAR PENTING SEKTOR PARIWISATA

0

PANDEGLANG – Seindah apapun sebuah tempat wisata tidak akan menjadi destinasi utama para wisatawan bila masyarakat di lokasi wisata tersebut tidak memiliki kesadaran wisata. Pemahaman inilah yang saat ini secara kontinyu disosialisasikan melalui berbagai kegiatan oleh Pemkab Pandeglang. Salah satunya adalah dengan mengembangkan kelompok sadar wisata (pokdarwis) yang dibentuk di desa-desa lokasi pariwisata.

“Kami menyadari, apapun program pariwisata yang dibuat pemerintah, tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan dari masyarakat. Karena itu, Pemkab terus mendorong pembentukan pokdarwis di Pandeglang,” ujar Bupati Pandeglang, Irna Narulita kepada badakpos.

Pokdarwis berada di garda depan pembangunan pariwisata Pandeglang. Kelompok masyarakat ini diharapkan memiliki kesadaran dan rasa tanggung jawab untuk membuat desa mereka ramah dan nyaman bagi para wisatawan. Dengan demikian kepuasan kunjungan wisatawan dapat terus meningkat dan berimbas pada jumlah kunjungan wisatawan ke Pandeglang.

“Wisatawan yang merasa puas atas pelayanan masyarakat di tempat kunjungannya, tentu akan bercerita kepada relasi mereka. Promosi wisata yang bersifat testimonial seperti ini, biasanya sangat efektif dan mengundang orang untuk melakukan kunjungan,” ujar Irna.

Irna berharap, pokdarwis yang telah terbentuk dapat terus aktif mempromosikan daerah mereka. Pihak Pemkab juga telah mempersiapkan beberapa kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan kepariwisataan mereka.

“Saya harap, pokdarwis dapat menjadi agen promosi langsung dari setiap lokasi wisata di Pandeglang,” tutur Irna.

HARI BUMI, POKDARWIS CIBUNGUR BERSIH BERSIH PANTAI

0

PANDEGLANG – Bermacam cara dilakukan kelompok masyarakat untuk menyambut Hari Bumi yang jatuh tanggal 22 April setiap tahunnya. Pemuda Kampung Cibungur Desa Cibungur Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Pandeglang yang tergabung dalam Pokdarwis Kp. Cibungur tak mau ketinggalan. Mereka secara mandiri melaksanakan kegiatan bersih-bersih di sepanjang pantai kampung Cibungur.

“Acara ini untuk membuktikan bahwa kami, pemuda kampung Cibungur juga memiliki rasa peduli terhadap nasib bumi kita. Terlebih, keindahan bumi Cibungurlah yang kami harap dapat menjadi penyokong ekonomi warga melalui sektor pariwisata,” ujar Saiful, Ketua Pokdarwis Kp. Cibungur kepada badakpos.

Pada kesempatan ini, Pokdarwis juga sekaligus mematangkan rencana mereka untuk melakukan penanaman pohon mangrove di sekitar muara sungai Cibungur.

“Kami tengah melakukan kegiatan penghijauan di sekitar pantai Cibungur. Beberapa pohon telah kami tanam. Rencananya, kami ingin menanam mangrove di muara Cibungur sehingga keindahan pantai ini akan semakin alami,” tegas Saiful.

Saiful mengatakan proposal kegiatan ini tengah mereka susun untuk diajukan kepada pihak-pihak terkait.

“Kami berharap adanya dukungan dari Pemkab Pandeglang dan pihak-pihak lain yang berkaitan dengan upaya penghijauan ini. Kami juga telah konsultasikan rencana program ini kepada ketua Forum Desa Wisata Propinsi Banten dan tanggapannya sangat positif,” kata Saiful lebih lanjut.

Merintis sebuah desa wisata jelas membutuhkan kerja keras dan ketekunan, namun hasil yang akan diperoleh pada saatnya juga sebanding dengan perjuangan yang dilakukan. Saiful dan kawan kawan tak pernah putus harapan bahwa suatu hari desa mereka akan menjadi desa wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan. (BP-2, foto : Pokdarwis Kp. Cibungur)

TABRAKAN BERUNTUN DI PUNCAK BOGOR, TIGA TEWAS DI TEMPAT

0

BOGOR – Tabrakan beruntun yang melibatkan lebih dari 10 kendaraan bermotor roda empat dan dua, terjadi di Jalan Raya Puncak, tepatnya di turunan Selarong Desa Cipayung Kecamatan Mega Mendung Kab. Bogor, Sabtu (22/4) sekitar jam 17.30 WIB.

Bus Pariwisata HS bergerak dari arah puncak menuju ke arah Gadog dan setiba di TKP kendaraan hilang kendali lalu bergerak ke kanan jalan dan menabrak kendaraan, mobil maupun motor, yang bergerak dari arah berlawanan. Tercatat setidaknya ada enam mini bus dan beberapa sepeda motor yang terseruduk bus ini.

Tiga korban tewas di lokasi kejadian atas nama Okta Riyansyah (26) warga kota Palembang, Zainudin warga Kabupaten Bogor dan Dadang Sulaeman (45) Kades Citeko kecamatan Sutejo Kabupaten Bogor.

Tiga korban luka berat masing-masing Aris Risbeni seorang pelajar dari Tangerang dan Saiful Bahri karyawan swasta dari Jakarta dan seorang pengendara motor yang belum diketahui identitasnya, dan tiga korban luka luka ringan dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Ciawi dan RSGP Cisarua untuk memperoleh penanganan medis. (BP-3)

REKTOR UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA BANDUNG MENINGGAL DUNIA SAAT BERMAIN TENIS

0

BANDUNG – Dunia pendidikan kehilangan salah satu putra terbaiknya. Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Prof. H. Furqon, MA, Ph.D, menghembuskan nafas terakhir minggu (22/4), saat melakukan aktivitas olahraga tenis di lapangan tenis UPI Ledeng, Bandung.

Almarhum yang lahir tahun 1957 ini didiagnosa terkena serangan jantung sesaat setelah bertanding tenis dengan kolega-koleganya. Sempat dibawa ke RS Advent Bandung, namun almarhum dinyatakan telah meninggal dunia oleh pihak rumah sakit. Salah seorang staf pengajar di UPI yang dihubungi badakpos, mengatakan beliau memang pernah mengalami serangan jantung beberapa waktu yang lalu.

Prof. Furqon, Ph.D. terpilih menjadi Rektor Universitas Pendidikan Indonesia masa bakti 2015-2020 dalam sidang pleno Majelis Wali Amanat (MWA) UPI yang diselenggarakan pada bulan Mei 2015. Beliau menggantikan Prof. DR. Sunaryo Kartadinata yang telah selesai masa jabatannya.

Lulusan University of Pittsburgh Amerika Serikat (1993) ini sebelumnya menjadi Kepala Badan Litbang Kementerian Pendidikan Kebudayaan. Visi yang dibawakannya saat pemilihan rektor UPI adalah membangun budaya kerja sama atau coorporate culture targeted behavior.

Selamat jalan profesor, semoga UPI dapat menjadi universitas rujukan untuk dunia pendidikan di Asia Tenggara, seperti cita-citamu. (BP-2, foto : beritaupi.edu)

PERSIPAN STAGNAN, KADISPORA KALANG KABUT CARI BANTUAN

0

PANDEGLANG – Club Persatuan Sepakbola Pandeglang (Persipan) yang dulu pernah booming, kini sedang mengalami penurunan (stagnasi). Hal itu membuat Kadispora Moh. Amri kalang kabut cari bantuan dari pihak swasta.

“Memang saat ini tidak ada anggaran untuk pengembangan Club Persipan. Namun walaupun demikian, kami akan berupaya untuk dapat menggandeng sponsor agar Persipan dapat hidup kembali,” Hal ini dikatakan Kadispora Moh. Amri saat diwawancarai, usai acara Kejuaraan Taekwondo Championship Banten V Open 2017, di Graha Pancasila, Sabtu (22/4).

Amri mengatakan, walaupun saat ini anggarannya nol, pihaknya tetap optimis Persipan bisa bicara minimal di tingkat propinsi.

“Setelah melihat pertandingan persahabatan melawan Perserang, ternyata Persipan memiliki potensi yang besar jika dikelola dengan manajemen yang baik,” ungkapnya.

Untuk menghidupkan kembali Persipan, kata Amri, akan dilakukan pembibitan yang berjenjang. Hal itu dilakukan untuk melihat bakat yang dimiliki dari sejak dini.

“Pembibitan akan coba kami lakukan dari mulai usia 11 tahun hingga 14 tahun, dengan begitu potensi yang dimiliki akan terlihat. Karena untuk pengembangan Persipan tidak dapat dilakukan secara dadakan,” jelasnya. ( BP-1)

DANREM 064 MY : SALURKAN HOBBY DAN GALI POTENSI UNTUK MENGUKIR PRESTASI

0

PANDEGLANG – Komandan Korem (Danrem) 064 Maulana Yusuf (MY), Kolonel TNI (CZI )Ito Hadiarto mengatakan, kegiatan kejuaraan seperti ini merupakan wadah penyaluran hobi dan menggali potensi untuk mengukir prestasi.  Hal ini disampaikan Ito pada pembukaan Kejuaraan Taekwondo Championship Banten Open V di Pandeglang, Sabtu (22/4).

“Kita perlu berlatih terus untuk menjaga prestasi kita, agar dapat memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara,” Kata Danrem 064 MY.

Menurut Kolonel Ito, kegiatan ini juga dapat membangun kualitas pribadi yang jujur.  Tema dalam kegiatan ini adalah “Bersama rakyat TNI kuat, Hebat dan Profesional”.

“Saya harap peserta agar dapat menunjukan penampilan terbaik dan sportivitas. Menang kalah itu biasa, yang kita tunjukan adalah kekompakan,” jelasnya.

Hadir dalam acara ini perwakilan dari Kementerian Pemuda dan Olah Raga, Ketua KONI Banten Hj. Rumiah Kartoredjo, Ketua KONI Pengprop Banten E Kosasih Samanhudi, Komandan Kodim 0601 Pandeglang Letkol Inf Ganiahardi, Komandan Yonif 320 Badak Putih, Asda Administrasi H. M Olis Solihin, Kadispora Moh. Amri, Kepala BKD Ali Fahmi Sumanta, dan Ketua KONI Pandeglang H. Syahrudin. (BP-1)

KEJUARAAN TAEKWONDO CHAMPIONSHIP BANTEN OPEN V DIGELAR DI PANDEGLANG

0

PANDEGLANG – Kejuaraan Taekwondo Championship Banten Open V digelar di Kabupaten Pandeglang, Sabtu (22/4) di Graha Pancasila.  Acara tersebut diikuti 46 Club dan 743 Atlit yang berasal dari lima propinsi di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Sumatra Barat, dan Kalimantan Timur.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita menyampaikan,  pihak Pemerintah Dearah sangat mendukung dan mengucapkan terima kasih, karena Pandeglang telah dipercaya untuk menjadi tuan rumah dalam kejuaraan Taekwondo Championship Banten Open V tahun 2017.

“Selamat datang kepada para atlit di Kabupaten Pandeglang. Semoga ini jadi ajang untuk bertukar ilmu dan silaturamhi,”katanya.

Menurut Bupati Hj. Irna Narulita, kegiatan ini merupakan sebagai wahana untuk menjaring para atlit potensial di Propinsi Banten.

“Selama ini cukup banyak medali emas yang disumbangkan untuk Propinsi Banten dari Cabang olahraga  Taekwondo,” ungkapnya. (BP-1)

DESAIN MINIMALIS RAK BUKU

0

Desain minimalis merupakan cabang atau pengembangan dari konsep desain modern.

Konsep minimalis pada desain muncul seiring dengan tuntutan gaya hidup modern yang serba cepat, efisien, praktis dan dinamis.

Dari nilai-nilai tersebut secara langsung mempengaruhi terhadap perkembangan desain,

seperti racangan untuk produk peyimpanan buku/rak buku.

 

Disini penulis coba merancang rak buku berdasarkan pertimbangan antara lain:

Efisien. Mengolah bahan sesuai dengan karakteristik bahan yang ada/lembaran papan kayu. Perakitan produk di buat dengan cara lepas pasang/knockdown.

Simple. Dari segi bentuk lebih mengutamankan fungsi tanpa menambahkan ornament/hiasan2 tertentu.

Proporsi. Keseimbangan bentuk baik dimensi maupun ruang.

Stylish. Model dibuat menyerupai pohon dengan cabang dan ranting difungsikan sebagai  penempatan buku.

Unsur  efisien, simple, proposional dan stylish merupakan sebagai nilai estetika bagi aliran/mazhab konsep minimalis.

1.065 KOPERASI TIDAK SEHAT, AKAN DIHAPUS

0

PANDEGLANG – Para pengelola koperasi ‘abal-abal’ di Pandeglang sebaiknya bersiap-siap karena Pemkab Pandeglang akan menertibkan keberadaan koperasi di Pandeglang. Syarat untuk mendirikan koperasi, jelas harus berbadan hukum karena menyangkut hak dan kwajiban sebagai lembaga. Oleh sebab itu 1.065 Koperasi yang tidak sehat (tidak berbadan hukum) di Pandeglang, akan dihapus.

Demikian dikatakan Kadis Koperasi dan UMKM Cecep Juanda, saat dihubungi melalui telpon seluler, Jum’at (21/4).
Cecep menjelaskan, saat ini jumlah koperasi yang ada di pandeglang dari perjalanan waktu secara alami mencapai 1.500 unit. Dengan dihapusnya 1.065, akan mennyisakan 435 Koperasi yang aktif dan sehat.

“Yang menghapuskan koperasi adalah Kementerian Koperasi, berdasarkan PP 17 tahun1994 tentang pembubaran koperasi,” jelasnya.

Cecep menegaskan, siapapun yang hendak mendirikan sebuah koperasi, yang paling utama harus diperhatikan adalah berbadan hukum. Karena itu merupakan persyaratan yang paling utama.

” Jika tidak berbadan hukum, bukan koperasi namanya,” ungkapnya. (BP-1)

KADISDIK SALMAN SUNARDI : KECAMATAN MANDALAWANGI DAN BOJONG JADI PILOT PROJEK PROGRAM USAID

0

PANDEGLANG – Dalam Rangka meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Pandeglang, Dinas Pendidikan telah bekerjasama dengan USAID PRIORITAS dalam program pelatihan pembelajaran yang baik dan pelatihan manajemen yang baik. Kecamatan Mandalawangi, dan Bojong jadi pilot projeck program tersebut.  Hal ini disampaikan Kadis Pendidikan Salman Sunardi usai penutupan USAID Prioritas di oproom Setda Pandeglang, Kamis (20/4).

Salman menjelaskan, pelatihan pembelajaran yang baik diikuti oleh para guru, sedangkan untuk manajemen yang baik oleh kepala sekolah.

“Kami harap para guru maupun kepala sekolah yang ikut program USAID ini dapat menularkan ilmu yang didapatnya, agar pendidikan di Pandeglang terus berkembang,” jelasnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama Koordinator USAID Provinsi Banten Dr. Rifki Rosyad mengatakan, Sejak 2012, USAID PRIORITAS telah bekerja bersama dengan tujuh (7) pemerintah kabupaten di Banten untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar. Kabupaten yang sudah menjalin kerjasama yakni Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kota Cilegon, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Serang.

“Program ini berlangsung selama lima tahun, dari 2012 hingga 2017. Di Mandalawangi ada enam Sekolah Dasar, dan dua madrasah diantaranya SD Gunungsari 2, Gunungsari 1, Kurung kambing 1, Kurung Kambing 3, Mandalasari 1. Kurung Kambing 4. Madrasah Ibtidaiyah Min 2 Pandeglang, MI Waru,” katanya.

Terpisah, Baet Hibatullah salah satu Guru dari Kecamatan Mandalawangi yang terpilih mengikuti program tersebut menyampaikan, setelah mengikuti pelatihan jelas ada perbedaan yang dirasakan olehnya dalam proses belajar mengajar.

“Biasanya kalo kita sedang mengajar suka ada kejenuhan, dan bahkan ada pembelajaran yang dianggap kurang menyenangkan oleh siswa. dalam pelatihan ini kita diajarkan bagaimana cara berinovasi, agar meningkatkan minat belajar dan membaca para siswa,” katanya. (BP-1)

BUPATI IRNA BUKA O2SN TINGKAT SD DAN SMP KABUPATEN PANDEGLANG

0

PANDEGLANG – Perhelatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)  Tingkat SD dan SMP Kabupaten Pandeglang Tahun 2017 secara resmi dibuka oleh Bupati Pandeglang Hj.Irna Narulita, Kamis (20/4) di Alun-alun Pandeglang.

Pembukaan event tahunan tersebut ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Bupati Pandeglang Hj.Irna Narulita yang didampingi Dandim 0601 Letkol Inf Ganihardi, Wakapolres Pandeglang dan Pejabat (Pj) Sekda Pandeglang Ferry Hasanudin, turut hadir pula para Assisten Daerah, Kepala SKPD, para Camat, serta para Kepala Sekolah SD dan SMP Se-Kabupaten Pandeglang.

Dalam sambutanya Bupati Pandeglang Hj.Irna Narulita mengatakan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) merupakan ajang yang bergengsi, perhelatan O2SN menjadi suatu wahana yang mempersatukan kita, untuk menunjukan bahwa kekuatan kita dengan kebersamaan.  Diharapkan O2SN dapat melahirkan atlit-atlit yang profesional sehingga bisa  berprestasi di tingkat yang lebih tinggi.

Bupati menambahkan pengembangan dibidang olahraga harus menjadi perhatian kita semua,“Untuk itu saya mengajak seluruh stake holder serta komponen masyarakat, untuk mendukung penuh kegiatan dibidang olahraga, agar Kabupaten Pandeglang kedepan memiliki atlit yang handal dengan segudang prestasi, sehingga bisa mengharumkan Kabupaten Pandeglang ditingkat Provinsi maupun tingkat nasional,” ujar Irna.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang Salman Sunardi mengatakan kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa (O2SN) yang diselenggarakan setiap tahunnya tidak hanya berorientasi pada kejuaraan, akan tetapi esensinya terletak pada nilai pendidikan, yaitu menjadikan kegiatan ini sebagai pengalaman belajar (learning experience).

Masih kata Salman memang benar dalam perhelatan O2SN ini ada ajang kompetisi dan unjuk kemampuan, akan tetapi pada dasarnya kegiatan lomba tersebut merupakan ajang pembelajaran, serta pengembangan sikap dan kepribadian siswa, seperti sikap saling menghargai, saling menghormati, kalah atau menang dalam perlombaan O2SN bukanlah tujuan, tetapi dapat dijadikan motivasi dalam rangka mencapai tujuan.

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat SD dan SMP diselenggarakan selama 2 hari yaitu tanggal 20 sampai dengan 21 april 2017, dengan cabang yang diperlombakan/dipertandingkan diantaranya :  Tingkat SD meliputi atletik, bulutangkis, tenis meja renang, pencak silat karate dan bola voli, sedangkan untuk Tingkat SMP jenis cabang yang diperlombakan antara lain catur, futsal, atletik, renang, bulutangkis, pencak silat, karate, tenis meja dan bola volley. (BP-1)

KESBANGPOL PROPINSI BANTEN ADAKAN KEGIATAN PENGUATAN ORMAS

0

SERANG – Badan Kesbangpol Propinsi Banten kembali menyelenggarakan kegiatan Penguatan Kelembagaan Organisasi Kemasyarakatan dan Mitra Kerja Pemerintah Propinsi Banten, Selasa (18/4). Kegiatan yang mengambil tempat di Hotel Jayakarta Anyer SERANG ini dibuka oleh Sekretaris Badan kesbangpol Banten Drs. H. Atep Mahpud, M.Si.

Dalam kesempatan ini, Atep mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan UU No. 17 Thn 2013 & PP No. 58 thn 2016 yg merupakan peraturan pelaksanaan dari UU No. 17 Thn 2013 terkait kebijakan ORMAS. Selain itu, kegiatan juga bertujuan untuk mengoptimalkan pemberdayaan Ormas sebagai mitra kerja pemerintah dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan.

“Harapannya, melalui kegiatan ini pengurus Ormas dapat lebih mengerti dan memahami peraturan-peraturan dan kebijakan-kebijakan tentang Ormas. Dengan demikian, Ormas dapat lebih meningkatkan partisipasi dan keberdayaan masyarakat, terutama dalam mengembangkan kesetiakawanan sosial, gotong royong dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, menjaga, memelihara dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Atep.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa yang telah dilaksanakan pada bulan Maret lalu. Selain perwakilan dari ormas-ormas se Propinsi Banten, acara kali ini juga dihadiri oleh wakil dari Kantor Kesbangpol kabupaten/kota se Propinsi Banten. Bertindak sebagai pemateri adalah Prayogo Heri Cahyono, SE, MM dari Ditjen Polpum Kemendagri dan Sukidarfi Ismail, SH, MM dari Kanwil Kemenkumham Banten. (BP-2)

BUPATI PANDEGLANG : PERAN RW SEBAGAI UJUNG TOMBAK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

0

PANDEGLANG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pemberdayaan Lembaga dan Organisasi Masyarakat Pedesaan Tingkat Kabupaten Pandeglang Tahun 2017, Rabu (19/4) di Hotel Mutiara Carita.

Kegiatan bimbingan teknis bagi Ketua Rukun Warga (RW) diselenggarakan dalam rangka upaya Pemerintah untuk meningkatkan kapasitas lembaga kemasyarakatan, dengan mengusung tema optimalisasi kelembagaan desa untuk meningkatkan penyelenggaraan administrasi Pemerintah dan perencanaan pembangunan partisipatif di desa dan kelurahan.

Sebanyak 240 Ketua RW (Rukun Warga) dari 19 Kecamatan diikut sertakan dalam kegiatan bimtek tersebut yang dihadiri oleh Bupa
ti Pandeglang Hj.Irna Narulita didampingi Assisten Pemerintahan Ida Novaida serta Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Pandeglang Taufik Hidayat.

Dalam sambutanya Bupati Pandeglang Hj.Irna Narulita mengatakan sebagai lembaga kemasyarakatan desa mempunyai tugas untuk melakukan pemberdayaan masyarakat desa, karena lembaga kemasyarakatan tersebut bersentuhan langsung dengan masyarakat, “peran ketua RW sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan desa, sebagai ujung tombak Pemerintahan yang mempunyai kewenangan dari tingkat kecamatan sampai Desa/Kelurahan dalam pelaksanaan Pembangunan”, katanya.

Bupati menambahkan Ketua RW harus turut serta dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, “Untuk itu Ketua RW harus memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai ketua RW, sehingga dapat memberikan pemikiran yang positif kepada Pemerintah dan dapat memberikan gagasan untuk kemajuan pembangunan di Desa”, lanjutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Pandeglang Taufik Hidayat mengatakan tujuan dari kegiatan bimtek ini adalah dalam upaya meningkatkan kapasitas lembaga kemasyrakatan, “karena mereka merupakan mitra dari pemerintah desa dan kelurahan dalam hal pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat di desa”, jelasnya.

RAK BUKU PORTABLE

0

Badakpos .com- Penulis disini mencoba menampilkan produk rak buku mengancu pada prinsip/konsep

“Bentuk mengikuti fungsi”, istilah terkenal dalam dunia desain industri dan arsitektur “form follows function”.

Secara umum rak buku dibuat sedemikian rupa dan tampak sebagai bentuk  yang difungsikan untuk menyimpan buku semata.

Dari segi bentuk produk rak buku bisa kita kembangkan lebih jauh, antara lain dengan menambahkan serta menggabungkan fungsi-fungsi lain pada rak yang berkaitan dengan aktifitas membaca buku.

Seperti penempatan notes, alat tulis, kaca mata, CD, laptop dsb. Pada perkembangannya sarana tersebut sudah menjadi kebutuhan bagi kegiatan membaca buku.

Dari data kebutuhan di atas dapat kita olah sedemikian rupa menjadi produk rak buku  dengan tampilan berbeda seperti pembaca lihat pada desain yang penulis tampilkan.

BUPATI LANTIK PENGURUS GOW PERIODE 2017-2021

0

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang melantik sebanyak 30 orang anggota pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOW) periode 2017-2021di Pendopo Pandeglang, Rabu (20/4).  Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak (DP2KBP3A) H. Deden Kuswan, dan Hj. Umi Abdurahman sebagai Istri Muspida (Perip).

Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita dalam sambutannya menyampaikan, GOW ini merupakan mitra kerja pemerintah yang sangat strategis untuk membantu dalam mewujudkan pembangunan.

“Perempuan sekarang tidak hanya obyek pembangunan, namun perempuan harus punya terobosan untuk menunjukan kehadirannya di berbagai bidang pembangunan,” katanya.

Menurut Bupati, perempuan juga sangat memiliki peranan yang tinggi dalam pendidikan terhadap anak. Untuk itu perempuan harus cerdas, dan berahlakul karimah.

“Walaupun ikut dalam sebuah organisasi untuk mendorong pembangunan daerah, tetap tidak melupakan kodratnya. Perempuan harus patuh kepada suaminya, dan memberikan pendidikan kepada anak – anaknya,” jelasnya.

Menurut Ketua Gabungan Organisasi Kewanitaan (GOW) Pandeglang Ny Hj. Titin Djuartini Endjang, GOW merupakan wadah dari seluruh organisasi kewanitaan yang ada di Kabupaten Pandeglang.  Adapun jumlah Organisasi Wanita di Pandeglang, kata Hj. Titin, kurang lebih sebanyak 27 organisasi wanita, diantaranya PKK, Dharmawanita, Persit Kodim, Yonif, Bayangkari dan lain sebagainya.

“GOW ini sebagai wadah gabungan dari  seluruh organisasi di pandeglang. Tugasnya sebagai tim yang mengkoordinasikan. Kalau kegiatannya tergantung di masing organisasinya sendiri,” katanya. (BP-1).

Tanjung Lesung Dikunjungi Pelaku Bisnis Pariwisata Se-Indonesia

0

PANDEGLANG – Upaya memperkenalkan Tanjung Lesung sebagai primadona baru pariwisata Indonesia tidak hanya dilakukan oleh pemerintah semata, namun juga melibatkan partisipasi aktif dari para pelaku bisnis pariwisata di Propinsi Banten.  Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Provinsi Banten menggagas pagelaran Banten Travel Mart 2017 pada tanggal 19-21 April 2017.  Kegiatan dilaksanakan di Tanjung Lesung Beach Resort dan dihadiri oleh perwakilan ASITA seluruh Indonesia.

Dikutip dari laman facebooknya, Ketua ASITA DPD Banten, Mukhlis Ikhsor Gatot mengatakan Travel Mart merupakan ajang pertemuan para pelaku industri pariwisata dalam bentuk business meeting antara penjual dan pembeli yang dilakukan serius tapi santai, rekreatif dan non formal serta merupakan forum dialog antara travel agent/tour operator, hotel dan pengelola objek wisata Banten sebagai seller dengan para Travel agent/Tour Operator potensial dalam dan luar negeri sebagai buyer.  Mukhlis mengatakan, Banten Travel Mart akan menjadi kegiatan tahunan ASITA Propinsi Banten.

“Banten memiliki segalanya. Ratusan buyers dan sellers sudah mengkonfirmasi hadir, datanya masih kami godok hingga tanggal pelaksanaan nanti,” ujar Mukhlis.

Mukhlis manambahkan, sejak ditetapkannya Tanjung Lesung sebagai 10 destinasi prioritas pemerintah, diharapkan Banten Travel Mart bisa meningkatkan 100 persen kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di Banten pada tahun ini.

“Jurusnya, melalui kerjasama antara pelaku bisnis dalam dan luar negeri. Ini bisa meningkatkan peran industri wisata untuk kesejahteraan masyarakat Banten,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung pagelaran Banten Travel Mart ini. Sebagai kawasan Ekonomi Kohusus, Tanjung Lesung merupakan salah satu kawasan wisata nasional yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Pemerintah pusat akan membantu secara optimal agar masyarakat sekitar bisa merasakan manfaatnya. (BP-2, Sumber : Dispar Banten, Foto : tanjunglesung.com)

RAPAT CPCL UPSUS JAGUNG, PANDEGLANG CAPAI 51 RIBU CPCL

0

SERANG – Hingga Saat ini jumlah CPCL (Calon Petani dan Calon Lahan) Pandeglang mencapai 51.526 hektar, hal ini terungkap pada rapat CPCL Upsus Jagung Provinsi Banten, di gedung Pendopo Gubernur Banten KP3B, Selasa (18/4).  Kabupaten lainnya yakni Lebak CPCL nya mencapai 30 ribu hektar, Kabupaten Serang 3.348 hektar, Kota Serang 85 hektar, Kabupaten Tanggerang 275 hektar, dan Kota Cilegon 250 hektar.

Rapat tersebut dipimpin oleh Sekretariat Daerah Provinsi Banten Ranta Soeharta. Dihadiri oleh Komandan Korem 064 Maulana Yusuf (MY) Kolonel Czi Ito Hardianto, Bupati Pandelang Hj Irna Narulita, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, Dandim Kabupaten Pandeglang Letkol Inf. Ganiahardi, Dandim Lebak, Serang, Cilegon, Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT) Hudian, Kadis Pertanian Provinsi Banten Agus Tauchid, dan perwakilanlainnya dari beberapa Kabupaten/Kota yang ada di Banten.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita menyampaikan, keseriusan Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang dalam mensukseskan Provinsi Banten sebagai sentra jagung di Indonesia sangat tinggi.   Dimana Pandeglang, hingga saat ini masih memverifikasi lahan dalam perluasan areal tanam jagung.

“Dari 100 ribu hektar yang ditargetkan,  70 ribu sudah ada.  51,526 sudah CPCL, sisanya 18 ribu lagi kami harap 28 April sudah CPCL semuanya,” katanya.

Menurut Bupati Hj. Irna Narulita, dalam rangka menunjang perluasan areal tanam jagung, Pemerintah Kabupaten Pandeglang sangat membutuhkan Herbisida dan Eksavator.

“Kami harap dukungan dari Dinas Pertanian Provinsi Banten untuk memberikan bantuan herbisida, dan Eksavator dalam rangka perluasan areal tanam jagung,” jelasnya.

Sekda Provinsi Banten Ranta Soeharta menyatakan rasa optimis Provinsi Banten dapat terwujud menjadi sentra jagung. Hal itu terlihat dari Jumlah CPCl dari tiga Kabupaten Yakni Pandeglang, Lebak, dan Kabupaten Serang yang  terus meningkat.

“Saya harap pada rapat yang akan datang di Polda Banten, CPCL nya meningkat lagi. Karena sesuai instruksi Menteri Pertanian minimal diatas seratus ribu hektar, sekarang sudah hamper 142 ribu hektar yang CPCL,” katanya.

Untuk meningkatkan motivasi masyarakat dalam menanam jagung, pihak Propinsi Banten melalui Dinas Pertanian akan melakukan kerjasama dengan ikatan perusahaan pakan ternak, untuk dapat menampung hasil panen.

“Selama ini permasalahan yang dipikirkan oleh masyarakat yaitu menjual hasil panen. Pihak propinsi sudah bekerjasama dengan Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT) agar dapat manampung hasil panen dari para petani,” jelasnya. (BP-1)

DIKLAT INFORMASI DAN DOKUMENTASI UPAYA TINGKATKAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

0

PANDEGLANG – Sebanyak 40 orang peserta setingkat sekretaris Dinas dan Badan serta pejabat pelaksana pengelola informasi dilingkup Pemkab Pandeglang mengikuti diklat informasi dan dokumentasi angkatan 1 pola kontribusi Tahun 2017, Selasa (18/4) di Hotel Sopyan Inn Altama.

Acara diklat tersebut secara resmi dibuka oleh Pejabat (Pj) Sekda Pandeglang Ferry Hasanudin didampingi oleh Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Banten serta Kepala Bidang pendidikan dan pelatihan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pandeglang Ipah Rusipah.

Dalam sambutanya Pejabat (Pj) Sekda Pandeglang Ferry Hasanudin mengatakan Pemberlakuan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik (UU KIP) merupakan momentum penting dalam mendorong keterbukaan informasi kepada publik, untuk itu salah satu tugas pejabat pengelola informasi dan dokumentasi adalah menyediakan informasi publik bagi pemohon informasi, dengan adanya pejabat pengelola informasi dan dokumentasi, diharapkan, informasi publik dapat berjalan efektif dan akuntabel. Sehingga aparatur petugas atau pejabat pelaksana informasi dan dokumentasi (PPID), mampu memberikan kemudahan dalam penyampaian informasi keruang publik secara cepat, akurat.

“Terkait yang menjadi landasan pedoman bagi setiap Organisasi Perangkat Daerah(OPD) dalam melayani masyarakat yang membutuhkan informasi yaitu transparan, akuntabilitas serta keseimbangan hak dan kewajiban. Sehingga hak-hak publik terhadap permintaan informasi yang berkualitas secara nyata dapat terpenuhi. katanya

Ferry menambahkan dalam pelaksanaan PPID pejabat pelaksana informasi diwajibkan dapat mengetahui seluas-luasnya informasi yang berkenaan dengan jalannya Pemerintahan, sehingga kepentingan dan kebutuhan terhadap informasi publik yang disampaikan akan sejalan dengan apa yang diharapkan.

Kegiatan diklat informasi dan dokumentasi angkatan 1 diselenggarakan oleh BPSDMD Provinsi Banten bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pandeglang dilaksanakan selama 4 hari terhitung dari tanggal 17 sampai dengan 21 april 2017. (BP-1)

MENGHARUKAN, SURAT IBUNDA AZRIEL KEPADA ORANG TUA HAFIZ

0

PANDEGLANG – “Buat Hafiz,,,Cepat sembuh ya sayang.  Insya Allah, Allah sayang Hafiz.  Kita semua sayang Hafiz…”.  Begitulah bunyi sepenggal kata-kata yang ada dalam surat yang ditulis oleh ibunda Azriel kepada Hafiz dan kedua orangtuanya.  Seperti diberitakan sebelumnya, Azriel dan Hafiz adalah dua anak Pandeglang yang didiagnosa terserang penyakit meningitis (Baca : http://badakpos.com/anak-pengidap-meningitis-menunggu-uluran-tangan-donatur/),

Setelah menjalani perawatan intensif di RSUD Serang dan dilakukan bedah kepala, Azriel akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada hari Sabtu (17/4) yang lalu.  Jenasahnya dimakamkan di Kp. Parakan Desa Banyumas Kecamatan Bojong Pandeglang Sabtu siang.

“Buat orang tua Hafiz, Semangat terus.  Harus kuat dan yakin.  Ikhlaskan saja, Insya Allah yang terbaik yang kita dapat…” begitu isi surat selanjutnya.

Surat tersebut dititipkan ibunda Azriel, Rica Nuryanti, untuk disampaikan kepada orang tua Hafiz melalui relawan Pandeglang Care Movement (PCM) yang bertakziah ke rumah orangtua Azriel  Senin (17/4) siang kemarin.  Saat ini, Hafiz masih menjalani perawatan di RSUD Pandeglang dan menunggu kondisi stabil untuk dilakukan operasi.

Kepada relawan PCM, Rica mengucapkan terimakasih atas perhatian PCM kepada nasib anaknya dan anak-anak lain yang juga tengah didera sakit.  Dia juga berharap relawan PCM terus melanjutkan perjuangannya untuk mengawal hak-hak anak di Pandeglang.

“Saya sangat berharap kepada relawan PCM  agar tetap peduli mengawal hak-hak anak terutama dalam bidang kesehatan,” ujarnya.

Ahmad Subhan, ketua PCM menyatakan bahwa PCM akan terus mengawasi program-program pembangunan di Pandeglang khususnya yang berkaitan dengan isu kesehatan anak.  Ia menilai fasilitas kesehatan yang ada di Pandeglang selama ini masih sangat jauh dari kata layak untuk anak-anak yang membutuhkan perawatan intensif.

“Ruang anak di RSUD Pandeglang itu sangat-sangat tidak layak anak menurut kami.  Kami akan terus mendorong pemerintah untuk meningkatkan fasilitas kesehatan di Pandeglang.  Kami berharap pihak RSUD Pandeglang dapat segera menyediakan fasilitas Prenatal Intensif Care Unit (PICU) dan Natal Intensif Care Unit (NICU),” tegas Ahmad kepada badakpos.

Di Kabupaten Pandeglang memang masih banyak anak yang membutuhkan perawatan medis yang memadai.  Hal ini antara lain disebabkan masih rendahnya tingkat pengetahuan orang tua terhadap pentingnya kebutuhan gizi bagi para balitanya.  Perlu ada upaya serius dari pemerintah kabupaten untuk menangani persoalan ini karena menyangkut perkembangan fisik dan mental generasi pewaris Pandeglang. (BP-1, foto : PCM).

SELAMAT JALAN AZRIEL SAYANG

0

SERANG – Perjuangan telah dijalani, segala ikhtiar telah dilakukan, namun takdir berkata lain.  Azriel (6 tahun) yang divonis menderita meningitis, akhirnya meninggal dunia setelah menjalani perawatan selama lebih dari satu bulan DI RSUD Serang dan sempat dilakukan tindakan bedah kepala kepadanya, Sabtu pagi (15/4).  Siang itu juga Azriel dikebumikan di kampung halamannya, Kp. Parakan Desa Banyumas Kecamatan Bojong Pandeglang. (Baca : http://badakpos.com/anak-pengidap-meningitis-menunggu-uluran-tangan-donatur/ )

Beberapa anggota relawan PCM melakukan takziah ke rumah orang tua Azriel hari ini Senin (17/4).  Relawan ditemui oleh keluarga Ade Fathon di kediamannya.

Ayahanda Azriel, Ade Fathon mengucapkan terimakasih kepada tim relawan PCM yang telah memberikan perhatian kepada anak kandungnya selama dalam perawatan.  Ia mengaku telah ikhlas melepas kepergian Azriel.

“Kami telah berusaha semampu kami, namun rupanya Allah lebih saying sama Azriel.  Kami ikhlas melepas kepergiannya,” ujar Ade yang tampak masih belum dapat menyembunyikan kesedihannya. (BP-1, foto : PCM)

VONIS RINGAN BAGI PELAKU PERDAGANGAN SATWA DILINDUNGI DISAYANGKAN WCS

0

Dua kasus perdagangan ilegal kulit harimau sudah dijatuhi vonis di Pengadilan Negeri Jambi. Masing-masing EK dan MN, mendapat vonis sama, delapan bulan kurungan, dan denda Rp 500.000 dan Rp1 juta subsider satu bulan kurungan.

Dikutip dari mongabay.co.id, Legal Advisor Wildlife Crime Unit, Wildlife Conservation Society (WCS), Irma Hermawan menyayangkan hukuman yang dia anggap sangat ringan ini.

“Sungguh disayangkan vonis sangat ringan. Apalagi terdakwa memiliki lebih dua barang bukti,” ujarnya.

Kedua pelaku adalah pemain lama perdagangan ilegal harimau dan termasuk jaringan perdagangan antarprovinsi serta lebih dari dua harimau yang telah mereka perdagangkan.

Jaksa,  seharusnya mengetahui kasus-kasus terkait tumbuhan dan satwa liar dituntut hukuman berat dan multi undang- undang seperti tercantum dalam surat edaran Kejaksaan Agung.

Untuk mencegah kasus kembali terulang, WCS terus mendorong isu tumbuhan dan satwa liar masuk kurikulum Badiklat Polri dan Kejaksaan. Dengan demikian diharapkan pihak kepolisian dan kejaksaan dapat mengajukan tuntutan yang lebih layak bagi para pedagang satwa yang dilindungi. (BP-2, foto : mongabay indonesia)

PANDEGLANG JADI TUAN RUMAH PELAKSANAAN LKS SMK TINGKAT PROV BANTEN

0

PANDEGLANG – Lomba Kompetisi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan agenda rutin tahunan. Dan tahun ini Kabupaten Pandeglang menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan LKS SMK tahun 2017, Senin (17/4) di Alun – alun Pandeglang. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan SMK se Propinsi Banten.

Dalam perlombaan LKS ada 38 mata lomba, Teknologi 23 matà lomba, Pariwisata 6 mata lomba, Pertanian 5 mata lomba, dan IT 4 mata lomba. Lama pelaksanaan dari tanggal 16-19 April tahun 2019.

Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita mengatakan sangat menyambut baik dan mendukung kegiatan ini, lantaran merupakan ruang menyalurkan bakat bagi para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

“Kita harus terus meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Pandeglang. Disinilah mereka dapat menunjukan bakatnya. Karena hanya dengan produktifitas, dan kreatifitas mereka dapat bersaing dengan bangsa lain di dunia pasar kerja,” katanya.

Menurutnya, dengan tidak mengesampingkan bidang lain, dalam LKS tahun ini Pandeglang fokus di pertanian, perikanan, dan pariwisata.

“Kita fokus di bidang yang mereka kuasai dan dapat diaplikasikan sehari – hari,” ungkapnya.

Bupati juga menyampaikan, saat ini Pemerintah Daerah belum dapat menampung sepenuhnya siswa lulusan SMK. Namun pemerintah tidak boleh melarang mereka bekerja diluar daerah.

“Nanti jika kami (pemerintah) siap dengan lapangan pekerjaan, mereka akan kami panggil untuk berkarya di Pandeglang, sebagai putra daerah yang siap untuk memajukan Pandeglang,” harapnya.

Sementara itu Asisten Satu Provinsi Banten Anwar Mas’ud yang mewakili Pj. Gubernur Banten menyampaikan, pelaksanaan kegiatan LKS SMK ini dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Provinsi Banten. Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten sangat berkomitmen dalam meningkatkan kualitas siswa SMK.

“Sehingga lulusan SMK bisa terserap di berbagai lapangan pekerjaan yang ada, sekaligus untuk mengurangi angka pengangguran yang ada di Provinsi Banten,” katanya

PT KAI Mencari Karyawan Kontrak

0

Anda sedang mencari kerja? Terbuka peluang bagi Anda untuk berkarya di PT Kereta Api Indonesia. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi ini membutuhkan tenaga kontrak untuk ditempatkan di Surabaya. Batas waktu pengiriman lamaran adalah hari ini Senin (17/4).

Dikutip dari laman resmi Kementerian BUMN, Sabtu (15/4/2017), berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi pelamar :

Lowongan:
– Announcer
– Customer Service on Station

Syarat dan Ketentuan:
– Minimal D3
– Lancar dalam berbahasa Inggris
– Berpenampilan menarik
– Punya pengalaman kerja
– Tinggi badan minimal 160cm
– Berat badan ideal

Kirimkan hardcopy (CV, fotocopy ijazah, surat keterangan sehat) kepada:
Manager Angkutan Penumpang Daop 8 Surabaya. Kantor PT KAI Daop 8 Surabaya. jl. Gubeng Masjid (sebelah stasiun gubeng baru) Surabaya. Berkas dikirimkan paling lambat 17 April 2017. (BP-2, foto : wikipedia)

Kiat Bugar Sepanjang Hari

0

Info Sehat, Badakpos.com – Saat ini kita memasuki musim pancaroba, peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Perubahan cuaca ini acapkali menimbulkan masalah kesehatan, mulai yang ringan seperti serangan influenza hingga yang berat seperti kasus demam berdarah. Ini artinya kita semua harus bersiap diri menghadapi perubahan cuaca ini agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menghambat aktivitas kita.

Langkah pertama adalah dengan mengkonsumsi air putih minimal 1.5 hingga 2 liter sehari atau kurang lebih 8 gelas dalam sehari. Kecukupan konsumsi air putih ini dapat disesuaikan dengan aktivitas masing-masing. Mereka yang bekerja di lapangan dan mengeluarkan banyak keringat tentu memiliki kecukupan air dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan mereka yang beraktivitas dalam ruangan.

Kedua, berolahragalah secara teratur. Banyak orang tidak menjalani olahraga karena memiliki ‘mindset’ bahwa yang namanya olah raga itu butuh waktu khusus, tempat khusus, serta berbagai hal yang sulit untuk diterapkan. Padahal, olah raga teratur yang dimaksud bisa berupa jalan kaki. Olah raga jalan kaki dipercaya sebagai olah raga yang paling sederhana namun memiliki efek positif untuk kesehatan, salah satunya dapat merampingkan perut buncit dan efektif membantu mengatasi masalah obesitas.

Langkah ketiga, jagalah emosi Anda. Hubungan antara emosi dan kesehatan seseorang sangat kuat. Emosi manusia berpengaruh terhadap kinerja organ tubuh. Penjelasan yang paling memungkinkan tentang dampak dan pengaruh emosi terhadap kesehatan seseorang adalah tingkat stress yang dialami oleh seseorang bisa menjadi pemicu terbentuknya ‘radikal bebas’ dalam tubuh. Radikal bebas ini dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan berbagai penyakit kronis.

Selanjutnya, Anda harus mengkonsumsi makanan sehat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Makanan sehat ini harus kaya nutrisi, alami dan steril. Sedangkan syarat tambahan untuk makanan sehat adalah mengandung senyawa zat antioksidan. Makanan yang mengandung antioksidan sebaiknya masuk dalam daftar menu yang harus dikonsumsi setiap hari. Hal ini tentunya untuk menjaga tubuh agar senantiasa segar bugar serta terhindar dari berbagai ancaman penyakit degeneratif.

Langkah terakhir untuk menjaga kebugaran tubuh Anda adalah dengan banyak tersenyum. Berbagai penelitian medis menunjukkan bahwa senyuman dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh seseorang. Tak heran bila Islam mengajarkan kita untuk menebarkan senyuman dan salam.

Inilah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebugaran Anda. Selamat mencoba dan sehat selalu. (BP-3 Dari berbagai sumber, foto : dream.co.id, lemonina.wp)

TELKOMSEL TAWARKAN KERJASAMA DENGAN PEMDA PANDEGLANG

0

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang menerima Ganeral Manager dari Telkomsel di Pendopo Minggu (16/4). Dalan pertemuan tersebut, tidak lain untuk jalin kerjasama dengan Pemda dalam kemudahan akses telekomunikasi.
Sementara Bupati Hj. Irna Narulita mengatakan, pemerintah menyambut baik kerjasama ini.

“Sepanjang memberi keuntungan atau dampak untuk masyarakat kenapa tidak. Namun juga harus sesuai prosedur,” katanya.

Sementara General Manager (GM) Telkomsel Yossi Hamdeni menyampaikan, kerjasama yang dijalin diantaranya info layanan sosial.

“Nanti kami akan buat layanan informasi terkait kesedian bank darah dan lokasi yang terjadi kemacetan di jalan nasional dan protokol,” katanya.

Menurutnya, rencana detail program akan dirancang kembali. Namun intinya adalah mempermudah akses komunikasi dan informasi untuk masyarakat.

“Kami akan susun untuk program lanjutan. Nanti kita akan sampaikan kembali setelah rancangannya selesai,” jelasnya.

Hadir dalam acara tersebut Asda Ekbang Girgijantoro, Kadiskomsantik Yahya Gunawan, Kabag Humas Mustandri, Kasubag Pemberitaan Caswa, Hasan Kurdi General Manager Sales, Fahrul Rizzal Wistern Telkomsel, Andri Kurniawan, Rony R. Ruzain, Yusuf Saputra. (BP-1)

BUPATI LEPAS KAFILAH MTQ KABUPATEN PANDEGLANG

0

Pandeglang – Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita melepas Kafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Pandeglang di Pendopo, Minggu (16/4)  Jumlah kafilah yakni 146 orang terdiri dari Pimpinan Kafilah 46, Pembina 42 orang, Official 23 orang, Peserta 58 orang, dan tenaga teknis 15 orang.

Dalam sambutannya Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita mengatakan, keberhasilan dalam meraih pestasi tergantung dari niat. Apabila punya niat yang kuat insya Allah akan berhasil.

“Mudah-mudahan di MTQ kali ini kita bisa meraih tiga besar karena kita saat ini mengikuti semua cabang dan golongan yang dilombakan, “katanya.

Menurutnya, hasil MTQ tahun sebelumnya dapat dijadikan pembelajaran. Tahun ini diharapkan lebih baik tahun sebelumnya.

“Untuk itu semua kafilah harus fokus, dan optimis untuk dapat meraih prestasi lebih baik lagi,” jelasnya.

Bupati juga menyampaikan, pemerintah akan berupaya memberikan apresiasi untuk para peserta jika dapat meraih prestasi di MTQ XIV Banten.

“Jika ada yang meraih medali emas, kami akan ajukan kepada DPRD untuk memberikan apresiasi dengan UMROH ke tanah suci,” ungkapnya.

Pj. Sekda Pandeglang Fery Hasanudin selaku panitia dan juga Ketua Umum (Ketum) LPTQ Kabupaten Pandeglang menyampaikan, kafilah yang dilepas akan bermukim Hotel Acacia Anyer. Adapun cabang dan golongan yang diikuti 9 Cabang 25 golongan.

“Dari sembilan cabang itu adalah, Tilawah alqur’an, Hifdzil Qur’an, Tafsir Al- Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Kaligrafi Al-Qur’an, Musabaqah Makalah Al- Qur’an, Qiroatul Qutuk ( baca kitab kuning), Hifdzil Hadist,” katanya.
Hadir dalam acara ini, Ketua Kemenag Kabupaten Pandeglang H.Amin, Anggota DPRD Pandeglang Yangto, dan para Alim Ulama.(BP-1)

IRNA : LULUSAN STAISMAN TIDAK DIRAGUKAN KEMAMPUANNYA

0

PANDEGLANG – Banyak orang hebat dan berhasil di Indonesia umumnya, khususnya Banten berasal dari perguruan tinggi Kabupaten Pandeglang. Secara tidak langsung perguruan tinggi di Pandeglang banyak berkontribusi untuk bangsa ini, salah satunya mahasiswa lulusan Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh Mansur (STAISMAN) yang tidak diragukan lagi kemampuannya.

Hal demikian disampaikan Bupati Hj Irna Narulita saat menghadiri Wisuda STAISMAN di Hotel Wira Carita, Sabtu (15/4).

Menurut Bupati, para mahasiswa harus merasa bangga dan optimis dengan apa yang sudah didapat di STAISMAN. Ini merupakan modal dasar untuk kita menatap masa depan.

“ Dengan Ilmu, Wawasan, dan Pengetahuan yang diraih disini (STAISMAN-red) merupakan modal kita. Jika tidak punya ilmu jangan harap kita bisa bersaing dengan dunia luar,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua STAISMAN DR. M. Noor Anzali mengatakan, kurang lebih ada 120 orang siswa yang di wisuda saat ini. Dari jumlah tersebut, Pendidikan Guru Agama Ibtidaiyah (PGMI) 42 orang, dan Pendidikan Agama Islam (PAI) 78.

Hadir  dalam acara ini Koordinator Kopertis Wilayah II Jawa Barat dan Banten Drs. Nasihudin, Ketua Yayasan Syekh Mansur Pandeglang Drs. Nunung Sutisna M.Pd, Kadis Pendidikan Salman Sunardi, dan para Alim Ulama. (BP-1)

CANGKIR MONCONG TEMPURUNG KELAPA

0

CANGKIR MONCONG TEMPURUNG KELAPA

Badakpos.com- Cangkir sebagai alat minum banyak di buat dari tempurung kelapa,sebagian besar pengrajin/produser cangkir secara umum bentuk permukaan cangkir selalu datar.

 

Dari sisi desain kita coba kembangkan bentuk cangkir tempurung kelapa dengan sebagian memocong pada permukaan dan posisi pegangan/handle samping badan cangkir.
Bentuk moncong dan pegangan/handle di samping badan cangkir ,secara fungsi untuk kenyaman dan memudahkan dalam melaksanakan aktifitas minum.

 
Tampilan dari keseluhan bentuk akan terlihat unik dan menarik dipadu dengan bahan dasar tempurung kelapa.

KEMENPAR ADAKAN PELATIHAN SDM KEPARIWISATAAN DI TANJUNG LESUNG

0

PANDEGLANG – Kementerian Pariwisata, Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan dan Asisten Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia Kepariwisataan, menyelenggarakan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan Bagi Masyarakat, Sabtu (15/4).  Acara dilaksanakan di Hotel Tanjung Lesung Pandeglang.  Hadir pada acara ini Bupati Pandeglang, Irna Narulita.  Dalam sambutannya, Irna menyatakan apresiasi yang tinggi atas penyelenggaraan kegiatan ini.  Hal ini berkaitan dengan percepatan program KEK Pariwisata di Tanjung Lesung dan juga pembangunan jalan tol Jakarta – Tanjung Lesung.

“Tanjung Lesung Pandeglang termasuk ke dalam 10 Bali baru di Indonesia.  Kita harus bangga memiliki potensi wisata yang luar biasa,” ujar Irna kepada peserta pelatihan.

Saefullah Saiful, salah seorang peserta pelatihan merasa sangat senang dengan adanya kegiatan seperti ini.  Sebagai warga di daerah wisata, pelatihan dasar semacam ini akan sangat berguna dalam upaya merintis desa mereka menjadi desa wisata.

“Kami memiliki keinginan kuat untuk menjadikan desa kami sebagai desa wisata.  Kegiatan seperti ini meningkatkan motivasi kami untuk mewujudkan harapan kami,” ungkap Saiful kepada badakpos.

Saiful berharap, kegiatan ini akan dilanjutkan dengan kegiatan  pelatihan serupa dengan materi yang lebih mendalam.  Dengan demikian pemahaman mereka terhadap sektor pariwisata dapat terus ditingkatkan.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berkelanjutan guna meningkatkan pengetahuan kami.  Selain itu pemerintah, melalui dinas pariwisata juga terus memberikan pendampingan kepada kami baik dari sisi sumber daya manusia maupun pembiayaan,” ujar Saiful yang mewakili Kelompok Sadar Wisata Kp. Cibungur Desa Cibungur Kecamatan Sukaresmi Pandeglang. (Foto2 : Saefullah Saiful)

MUSABAQAH KITAB KUNING DISELENGGARAKAN DI PANDEGLANG

0

PANDEGLANG – Pondok Pesantren Kenanga yang terletak di Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang kembali menyelenggarakan Musabaqah Kitab Kuning yang diikuti oleh santri santri dari lima (5) Kabupaten yang ada di Banten. Musabaqah kali ini adalah penyelenggaraan yang ke dua (2) dan dibuka oleh Bupati Pandeglang, Sabtu (15/4). Acara ini akan berlangsung selama dua hari dan final tanggal 29 April 2017 di Provinsi Banten.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita yang memberikan sambutan pada pembukaan musabaqah mengatakan pentingnya bagi generasi muda untuk mempelajari kitab keagamaan di tengah derasnya arus globalisasi yang kerap merubah cara pandang dan gaya hidup generasi muda.

“Seiring majunya jaman, budaya mengaji mulai tergoyahkan. Dengan adanya Musabaqah Kitab Kuning, diharapkan dapat memperkokoh iman Islam di era kemajuan jaman dan teknologi” ujarnya.

Acara Musabaqah ini melibatkan para ulama dan tokoh keagamaan dari beberapa pesantren di wilayah Kabupaten Pandeglang, Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak dan Kota Cilegon. Hadir pada acara pembukaan antara lain DWP PKB Banten Rahmat Abdukl Gani, Anggota DPRD Priv Banten Toni Fatoni Mukson, Anggota DPRD Pandeglang, Ade Muamar, Lukman Hakim, Aminudin, dan Pengasuh Ponpes Kenanga K.H. TB Abdul Hakim

SEJARAH PANJANG KOPASSUS

0

NASIONAL – 16 April 1952, atas prakarsa Kolonel A, W. Kawilarang, terbentuklah Kesatuan Komando Tentara Teritorium III Siliwangi.  Gagasan ini lahir berdasarkan pengalaman Kawilarang saat bertempur dengan pasukan komando RMS saat terjadi pemberontakan di Maluku Selatan.  Kawilarang menginginkan agar pasukan Siliwangi juga memiliki sebuah satuan tempur komando yang taktis dan dapat bergerak cepat.

Gagasan Kawilarang rupanya menarik Mabes TNI hingga akhirnya pada tanggal 18 Maret 1953, kesatuan komando milik teritorium III Siliwangi inipun kemudian diambil alih dan dirubah namanya menjadi Korps Komando Angkatan Darat (KKAD).  Seiring dengan bertambahnya jumlah pasukan, maka pada tahun  1955, KKAD ditingkatkan menjadi Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD).  Pasukan inilah yang kemudian dibawah komando Sarwo Edhie Wibowo menjadi garda depan pasukan TNI saat menumpas pemberontakan PKI di tahun 1965.

Desember 1966, nama RPKAD dirubah menjadi Pusat Pasukan Khusus AD (Puspassus AD), namun nama ini tidak begitu popular dan hanya bertahan hingga tahun 1971.  Ketka itu nama pasukan elit angkatan darat Indonesia ini dirubah menjadi Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassanda),  Kopassanda berperan besar saat mendorong integrasi Timor Timur.  Pasukan inilah yang pertama kali mendarat di Dilli, Timtim.

Prestasi yang melambungkan nama Kopassandha adalah saat melakukan operasi pembebasan sandera pesawat DC-9 Woyla Garuda Indonesian Airways yang dibajak oleh lima orang yang mengaku berasal dari kelompok ekstremis Islam “Komando Jihad” yang dipimpin Imran bin Muhammad Zein, 28 Maret 1981. Pesawat yang tengah menerbangi rute Palembang-Medan itu sempat didaratkan di Penang, Malaysia dan akhirnya mendarat di Bandara Don Mueang, Bangkok. Di bawah pimpinan Letkol Sintong Panjaitan, pasukan Kopassandha mampu membebaskan seluruh sandera dan menembak mati semua pelaku pembajakan. Korban yang jatuh dari operasi ini adalah Capa (anumerta) Achmad Kirang yang meninggal tertembak pembajak serta pilot Kapten Herman Rante yang juga ditembak oleh pembajak. Imran bin Muhammad Zein ditangkap dalam peristiwa tersebut dan dijatuhi hukuman mati.

Tanggal 26 Desember 1986, nama Kopassanda dirubah menjadi Komando Pasukan Khusus AD (Kopassus AD) dan nama ini terus digunakan hingga hari ini.  Markas besar Kopassus berada di Cijantung Jakarta namun pasukannya tersebar di beberapa daerah, termasuk satu grup yang berada di Serang Banten.

Diusianya yang ke 65 tahun, Kopassus telah menunjukkan prestasi yang luar biasa.  Bahkan pasukan ini sering disnadingkan dengan pasukan-pasukan elit dari negara terkemuka karena kemampuan tempurnya yang luar biasa.  Dirgahayu Kopassus, kami bangga memilikimu. (DS – dari berbagai sumber, Foto : wikipedia)

16 APRIL, HARI JADI KOPASSUS

0

NASIONAL – Tanggal 16 April setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kopassus. Pasukan kebanggaan Indonesia ini telah banyak berperan dalam mempertahankan kedaulatan NKRI. Tinta emas keberhasilan ditorehkan pasukan ini dalam berbagai operasinya. Kegagahan kopassus tersirat pada mottonya yang berbunyi : Berani, Benar, Berhasil.

Untuk mengenali pasukan ini kita dapat melihat pada baretnya yang berwarna merah. Karena itu pasukan kopassus sering pula disebut pasukan baret merah. Selain itu kita juga dapat mengenali pasukan ini dari seragam lorengnya yang bermotifkan merah darah mengalir.

Kopassus, singkatan Komando Pasukan Khusus, merupakan bagian dari Komando Utama tempur yang dimiliki oleh Tentara Nasional Indonesia. Bermarkas besar di daerah Cijantung Jakarta, pasukan ini memiliki kemampuan tempur khusus seperti bergerak cepat, menembak tepat, pengintaian dan anti teror.

Tugas Kopassus secara umum terbagi dua, Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Termasuk kedalam OMP adalah operasi penghancuran logistik musuh, Combat SAR, anti teror dan Operasi intelejen khusus. Sedangkan yang termasuk ke dalam OMSP antara lain bantuan kemanusiaan, AIRSO (Operasi Anti Insurjensi, Separatisme dan Pemberontakan), perbantuan terhadap kepolisian, Operasi SAR dan pengamanan VVIP.

Kopassus dipimpin oleh seorang Komandan Jenderal (Danjen) dengan pangkat mayor jenderal. Beberapa nama besar tercatat pernah menjabat sebagai danjen kopassus, antara lain Sarwo Edhie, L. B. Moerdani dan Prabowo Subijanto. Posisi danjen kopassus saat ini dipegang oleh Mayjen Madsuni:(Sumber : wikipedia, foto : biografiku.com)

KOMUNITAS ERTIGA DEPOK MUKER DI TANJUNG LESUNG

0

PANDEGLANG – Upaya menjadikan Pandeglang sebagai destinasi wisata terus dilakukan Pemkab Pandeglang. Salah satu cara adalah dengan menggandeng komunitas-komunitas yang sering melakukan perjalanan wisata. Hari ini, Jumat 14/4) Bupati Pandeglang Irna Narulita menerima kunjungan dari rombongan Ertiga Club Indonesia Chapter Depok di Pendopo Kabupaten.

Pada kesempatan itu Bupati menyampaikan rada terimakasihnya atas kunjungan ini. Bupati berharap kegiatan kunjungan komunitas Ertiga Depok ke Tanjung Lesung ini akan menjadi suar pariwisata Pandeglang.

“Dengan kunjungan komunitas Ertiga tentu sedikitnya akan membawa dampak positif bagi wisata Pandeglang. Dengan mengekplorasi kegiatan selama di Tanjung Lesung melalui medsos, itu secara tidak langsung menjadi media untuk promosi wisata bagi daerah setempat,” katanya.

Bupati berharap alangkah baiknya jika dalam kegiatan seperti ini juga disisipkan kegiatan atau program kemanusiaan.

“Jadi selain dapat menikmati keindahan pantai, juga dapat satu hal yang bermanfaat bagi sesama,” ungkapnya.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Ertiga Indonesia Epi Martino mengatakan, tujuan touring ini selain ikut memeriahkan hari jadi Kabupaten Pandeglang ke-143, juga akan melaksanakan musyawarah kerja di Tanjung Lesung.

“Bahwa kita ketahui bersama 1 April merupakan hari jadi Kabupaten Pandeglang, jadi kami bersama keluarga komunitas ini ikut memeriahkan kebahagiaan ini,” katanya.

Epi menjelaskan, Komunitas Ertiga terlahir tahun 2012, dengan anggota 4000 orang se indonesia.

“Jumlah yang ikut touring sebanyak 250 orang, dengan total 75 kendaraan. Acara inipun mendapat support dari Kemenpar. Ertiga Club Indonesia mendukung Penuh Program Pemerintah dalam Rangka Pengembangan Pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung,” jelasnya. BP-1

IRNA TANGGAPI POSITIF AKSI DEMO DI PANDEGLANG

0

PANDEGLANG – Beberapa elemen mahasiswa saat ini tengah gencar mempertanyakan kinerja bupati Pandeglang Irna Narulita, Rabu (12/4). Begitu pula aksi demo beberapa kepala desa yang menggugat kebijakan bupati soal alokasi dana desa.

Menanggapi hal itu, Irna mengatakan adalah hak masyarakat untuk menyampaikan aspirasi mereka. Irna menganggap aspirasi tersebut merupakan masukan berharga bagi dirinya untuk terus memperbaiki kinerja pemkab Pandeglang.

“Saya ucapkan terimakasih untuk semua aspirasi yang disampaikan masyarakat. Dalam iklim demokrasi saat ini, justru input dari masyarakat lah yang akan menjadi dasar pengambilan keputusan pemerintah kabupaten,” ujarnya.

Irna mengatakan tidak mudah untuk membuat kebijakan yang menyenangkan semua pihak karena keterbatasan-keterbatasan yang ada. Namun ia menjamin bahwa Pemkab Pandeglang akan terus bekerja keras untuk mensejahterakan rakyatnya.

“Melalui berbagai program kerja, kami berusaha semaksimal mungkin untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pandeglang. Saya mengharapkan dukungan seluruh elemen masyarakat sehingga Pandeglang dapat lepas dari predikat daerah tertinggal. Semua harus bekerja keras,” tandasnya.

Irna meminta agar aksi aksi demo yang dilakukan tetap berada dalam koridor hukum dan tidak mengganggu aktivitas warga yang lain karena hal itu berkaitan dengan kepercayaan semua pihak kepada Kabupaten Pandeglang.

“Mari kita sama-sama menjaga stabilitas keamanan di Pandeglang sehingga tingkat kepercayaan semua pihak pada Kabupaten Pandeglang tidak turun. Dengan demikian, segala upaya yang sedang kita lakukan saat ini dapat bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Pandeglang,” pungkasnya. (BP-1)

Waspadai Gejala Meningitis

0

PANDEGLANG – Hafiz (6) dan Azriel (6,5) adalah dua anak penderita meningitis dari Pandeglang. Saat ini mereka menjalani perawatan intensif di RSUD Pandeglang dan RSUD Serang. Penyakit apakah meningitis dan apa saja gejala awal penyakit ini hingga kita bisa mewaspadainya? Berikut adalah uraian singkat mengenai meningitis.

Meningitis adalah infeksi pada meninges (selaput pelindung) yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Ketika meradang, meninges membengkak karena infeksi yang terjadi. Sistem saraf dan otak bisa rusak pada beberapa kasus. Tiga gejala meningitis yang patut diwaspadai adalah demam, sakit kepala, dan leher yang terasa kaku.

Di Indonesia belum ada data meningitis yang akurat karena kasus meningitis sering kali disangka sebagai penyakit atau infeksi lain. Dilihat dari tingkat fatal penyakit meningitis, penyakit ini patut diwaspadai dan tidak boleh dianggap enteng.

Meningitis banyak menyerang anak-anak, namun orang dewasa pun memiliki resiko terkena penyakit ini. Itu sebabnya kaum muslimin yang berangkat haji wajib mendapat vaksin meningitis.

Tanda-tanda yang terjadi pada anak-anak adalah:
1. Merasa gelisah, tapi tidak ingin disentuh
2. Demam tinggi dengan tangan dan kaki terasa dingin
3. Menangis seperti melengking (high pitched cry) secara terus menerus
4. Terlihat bingung, lemas, dan kurang responsif
5. Beberapa anak akan mudah mengantuk dan sulit dibangunkan
6. Mungkin ada ruam merah yang tidak hilang ketika gelas digulirkan dengan sedikit ditekan di atasnya
7. Menolak menyusu atau makan disertai muntah
8. Kejang-kejang

Adapun gejala meningitis yang terjadi pada anak-anak yang lebih besar, remaja, dan orang dewasa, meliputi:
1. Muntah-muntah
2. Sakit kepala parah
3. Leher kaku
4. Demam dengan tinggi suhu 38°C atau lebih dengan kaki dan tangan terasa dingin
5. Napas cepat
6. Sensitif terhadap cahaya atau fotofobia
7. Ruam kulit berupa bintik-bintik merah yang tersebar (tidak terjadi pada semua orang)
8. Kejang-kejang

Para orang tua harus tanggap terhadap tanda tanda tersebut. Bila menemukan tanda-tanda tersebut, segera bawa anak anda untuk observasi dokter. Perawatan sedini mungkin pada penderita meningitis dapat memperbesar peluang kesembuhannya.
(Sumber : http://www.alodokter.com)

PENINGKATAN PRODUKSI PAJALE DAN HOLTIKULTURA, MENJADI PROGRAM UNGGULAN KABUPATEN PANDEGLANG

0

PANDEGLANG – Pandeglang merupakan daerah yang memiliki areal lahan pertanian yang cukup luas, hampir satu pertiga luas areal pertanian Provinsi Banten ada di Pandeglang. Alasan inilah yang menjadikan Pemerintah Daerah Kabuptaen Pandeglang terus meningkatkan produksi padi, jagung, dan kedelai (pajale), dan holtikultura.

Hal ini disampaikan Bupati pandeglang Hj. Irna Narulita saat menjadi narasumber pada Rakor Bank Indonesia dengan Pemerintah Provinsi Banten tentang Reformasi pangan, dengan menjamin ketersediaan pangan dan keterjangkauan harga beli masyarakat, Kamis (13/4) di Hotel Ratu Bidakara Serang.

Bupati Hj. Irna Narulita menyampaikan, selain produksi padi yang sudah cukup tinggi, Pandeglang juga saat ini akan menggenjot untuk peningkatan produksi jagung. Karena masih banyaknya lahan tidur yang belum dioptimalkan.

“Jika 220 ribu hektar lahan tidur dioptimalkan, tentu ini akan meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Terkait Sapi Indukan wajib Bunting (Siwab), Bupati Hj. Irna menyampaikan, karena ini merupakan program baru, Pandeglang hanya sampai inseminasi, bunting, dan lahir, belum mencapai produksi pemotongan.

“Saat ini ada 200 ekor sapi ternak, dan  912 ekor kerbau. Jadi jumlah keseluruhan 1.112 ekor sapi dan kerbau,” ungkapnya.

Hadir Dr. Hendar selaku ekonomis, Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia periode tahun 2013-2016. Ekonom Senior INDEF (Institut For Development of Economic dan Finance) Prof Bustanul Arifin, dan Bupati Lebak Hj. Iti Oktavia Jayabaya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Banten Harto Setiawan mengatakan, kegiatan ini dalam menselaraskan program pusat dan daerah. Dalam acara ini diharapkan dapat menghasilkan gagasan untuk membangun pertanian di Provinsi Banten, agar memberikan kontribusi yang tinggi untuk pertumbuhan ekonomi.

“Sektor pertanian saat ini memberikan kontribusi kurang lebih 6,12 % untuk pertumbuhan ekonomi di Banten. Jumlah tersebut menurun dari tahun sebelumnya yang mencapai 6,17 %,” katanya.

Menurutnya, gagasan yang dihasilkan  pada rakor saat ini tentu dapat memberikan kontribusi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, guna mensejahterakan masyarakat di Provinsi Banten.

“Apabila kontribusi pertanian di Banten untuk pertumbuhan ekonomi minim, jelas ini akan mempengaruhi kenaikan inflasi,” jelasnya. (BP-1)

PENGADAAN BARANG DAN JASA HARUS EFEKTIF,TRANSPARAN DAN AKUNTABEL

0

PANDEGLANG – Pejabat (Pj) Sekda Pandeglang Ferry Hasanudin membuka acara Edukasi pengadaan barang dan jasa Tahun 2017, Kamis (13/4) di Hotel S.Rizki.

Dalam sambutannya Pejabat (Pj) Sekda Pandeglang Ferry Hasanudin mengatakan bahwa Pemerintah telah berusaha keras untuk mewujudkan semua rencana kerja yang telah ditetapkan,

“Walaupun kita sadari hasil pembangunan yang dicapai masih dibawah harapan publik, terlepas dari beberapa prestasi pembangunan yang berhasil kita raih, tidak menutup mata masih adanya kekurangan”, katanya.

Ferry menambahkan tahun ini perlu diingat berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan APBD 2017, diharapkan kepada seluruh PPK, Pejabat pengadaan serta PPTK agar jadwal pelaksanaan kegiatan ditepati dan kualitas pelaksanaan kegiatanya harus diperhatikan, sehingga output dari program dan kegiatan dapat segera berfungsi dalam penyelenggaraan pembangunan untuk masyarakat.

Masih kata Ferry kegiatan edukasi ini sebagai upaya dalam mewujudkan prinsip pengadaan barang dan jasa, dimana seluruh pengadaan harus dilaksanakan dengan efektif, transparan dan akuntabel.

“Saya berharap agar seluruh pelaksana kegiatan barang dan jasa dapat memahami proses pengadaan barang dan jasa sebab tidak sedikit dari aparatur Pemerintah yang berurusan dengan hukum hanya karena ketidakpahaman dan kurang teliti dalam proses pengadaan”, ungkapnya.

Sementara itu Kepala Bagian Pengadaan Barang Jasa Asep Rahmat menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang peraturan dan mekanisme pengadaan barang dan jasa bagi para Pejabat pelaksana kegiatan (PPK), pejabat pengadaan, dan para PPTK dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD),

“Diharapkan mekanisme pada pengadaan barang dan jasa dapat dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip pengadaan yang efektif transparan dan akuntabel, sesuai dengan Dasar Hukum Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2010 tentang tentang pengadaan barang dan jasa”,  jelasnya.

Ia pun menambahkan peserta edukasi pengadaan barang dan jasa terdiri dari para PPK, para pejabat pengadaan dan para
PPTK dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkup Pemeritah Kabupaten Pandeglang dengan Narasumber dari Widya Iswara Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi (BP-1)

Produk stasionari bambu

0

Badakpos.com-   Pohon bambu banyak tumbuh di sekitar kita terutama di pedesaan dan telah banyak manfaatnya bagi kebutuhan di masyarakat.

Disini kita kembangkan material bamboo dipadu dengan jalinan tali tambang menjadikan sebuah produk berfungsi ( produk stationary ).  Yang kita tonjolkan keunikan tekstur. motif dan warna bambu  untuk tetap di pertahankan sebagai nilai artistik dan terkesan  produk etnis  yang bernuansa kedaerahan.           

Kiat Mempertahankan Usaha, Untuk Kamu Yang Ingin Menjalankan Usaha

0

Badakpos.com – Dunia usaha saat ini sangatlah kompetitif dan untuk sebagian orang  mempertahankan usaha sangatlah berat dan susah bila tidak didukung dengan kemampuan modal yang cukup dan inovasi yang harus terus  dikembangkan. Mungkin tips ini dapat sedikit membantu agar usaha anda tetap bertahan dan bisa lebih berkembang , berikut tipsnya:

1. Konsisten

http://greatperformersacademy.com/images/images/Articles_images/consistency-is-the-key.jpg

Dalam usaha sikap konsisten sangat diperlukan karena sangat menunjang keberhasilan usaha itu sendiri, tidak mudah goyah dalam segala resiko dan keadaan, apalagi bagi pemula yang membutuhkan keyakinan yang besar ditengah persaingan yang sangat ketat.

2.Pantang menyerah

http://girlfriendscoffeehour.com/wordpress/wp-content/uploads/2014/04/never-Give-Up.png

Adakalanya usaha kita tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan.  Disinilah diperlukan sikap pantang menyerah, bila usaha kita jatuh maka bangkitlah dan terus berusaha agar usaha kita kembali dapat berjalan

3.Tidak mudah tergiur usaha lain

http://img02.deviantart.net/9666/i/2011/055/5/8/focus_typography_by_graphicsbyhuskey-d3abjyp.jpg

Bila kita menemukan hambatan dan usaha kita jatuh cobalah untuk mencari apa sumber hambatan itu sambil terus memperbaiki keadaan. Jangan sampai kita berhenti dan mencari usaha yang baru, karena belum tentu usaha baru itu bisa sukses. Selain itu mungkin saja usaha yang kita tinggalkan bisa sangat sukses di kemudian hari.

4.Inovasi

https://static1.squarespace.com

Jaman sekarang semua  bergerak dengan cepat. Begitu pula dengan usaha yang memerlukan tidakan cepat agar dapat bertahan sehingga inovasi sangatlah penting. Hal ini dikarenakan keinginan manusia yang berubah setiap saat.  Jadi dengan terus berinovasi dan lebih kreatif sangat mungkin bila usaha kita dapat lebih maju dan dapat bersaing dengan perkembangan zaman.

5.Just do it

https://aoninawah.files.wordpress.com/2014/12/just-do-it-hed-2013.jpg

Lakukankanlah apapun usaha yang sedang di lakukan dengan sepenuh hati. Dengan begitu kamu akan lebih nyaman melakukan usaha tersebut.

Akhir Kata

Dan akhirnya yang sangat penting kita sadari semua kembali pada kebijakan Yang Kuasa. Saat kita sudah berusaha dan berdoa, rezeki tetaplah milik sang pencipta. SEMOGA BERUNTUNG!

Sumber Gambar: http://matchexecutive.com.au/wp-content/uploads/2016/02/Success-Failure-Sign.jpg

Tips Anti Hoax Dari Facebook

0

Pandeglang, Badakpos.com – Saat ini para pengguna media sosial sering terjebak oleh kemunculan berita palsu atau dikenal dengan istilah berita hoax.  Peduli dengan banyak beredarnya berita palsu di medsos, pengelola facebook bekerjasama dengan ICT Watch dan Dewan Pers mengeluarkan catatan berupa tips untuk menghentikan penyebaran berita palsu di media sosial, khususnya facebook.  Berikut adalah beberapa kiat yang diberikan Facebook untuk mewaspadai penayangan sebuah berita :

  1. Jangan langsung percaya dengan judul. Kabar berita palsu sering kali memiliki judul yang menarik yang ditulis dalam huruf besar dan dengan tanda seru. Jika klaim mengejutkan dalam judul kelihatannya tidak dapat dipercaya, maka kemungkinannya memang begitu.
  2. Perhatikan URL berita. URL palsu atau yang dibuat mirip aslinya dapat menjadi tanda peringatan berita palsu. Banyak situs berita palsu menyerupai sumber berita autentik dengan sedikit mengubah URL. Anda dapat membuka situs tersebut untuk membandingkan URLnya dengan sumber tepercaya.
  3. Selidiki sumbernya. Pastikan cerita tersebut ditulis oleh sumber yang Anda percayai memiliki reputasi keakuratan yang baik. Jika cerita tersebut berasal dari organisasi yang tidak dikenal, periksalah bagian “Tentang” mereka untuk mempelajari selengkapnya.
  4. Amati bila ada pemformatan yang tidak wajar. Banyak situs berita palsu memiliki kesalahan eja atau penataan letak yang janggal. Bacalah dengan saksama untuk melihat tanda-tanda ini.
  5. Pertimbangkan fotonya. Kabar berita palsu sering berisi gambar atau video yang dimanipulasi. Terkadang foto tersebut memang autentik, tetapi konteksnya melenceng. Anda dapat menelusuri foto atau gambar tersebut untuk mencari tahu asalnya.
  6. Periksa tanggalnya. Kabar berita palsu mungkin berisi kronologi yang tidak masuk akal, atau tanggal peristiwa yang sudah diubah.
  7. Periksa buktinya. Periksalah sumber pengarang untuk mengonfirmasi keakuratannya. Kurangnya bukti atau ketergantungan terhadap ahli-ahli yang tidak disebutkan namanya dapat mengindikasikan kabar berita palsu.
  8. Lihat laporan lainnya. Jika tidak ada sumber berita lainnya yang melaporkan cerita yang sama, hal tersebut dapat mengindikasikan bahwa cerita tersebut palsu. Jika cerita tersebut dilaporkan oleh beberapa sumber yang Anda percayai, maka kemungkinan cerita tersebut benar.
  9. Apakah cerita tersebut hanya gurauan? Terkadang kabar berita palsu sulit dibedakan dengan humor atau sindiran. Periksa apakah sumbernya memang terkenal menampilkan parodi, dan apakah perincian cerita dan nadanya memberikan kesan berita tersebut hanya sekadar gurauan.
  10. Beberapa cerita memang sengaja dibuat salah. Berpikirlah secara kritis tentang cerita yang Anda baca, dan hanya bagikan berita yang Anda ketahui dapat dipercaya. (Sumber : facebook.com)

Bakat Anda Muncul Terlambat? Mungkin ini Penyebabnya! (Khusus Wanita)

0

Badakpos.com – Banyak orang terutama para wanita terlebih ibu rumah tangga yang sebagian besar menghabiskan waktunya dengan berdiam diri di rumah dan mereka tidak menyadari kemampuan dan potensi yang dimilikinya, berikut faktor yang mungkin menjadi penyebabnya:

1.Sibuk mengurus anak

http://www.nainen.com/wp-content/uploads/2015/02/aitilapsikahjo.jpg

Tugas utama seorang  wanita yang sudah berkeluarga adalah mengurus serta mendidik anak-anak agar mereka menjadi anak-anak yang sehat baik jasmani maupun rohani, karena tanpa pendampingan seorang ibu anak-anak tidak akan tumbuh dengan baik.

2.Mengurus suami

http://cf.ltkcdn.net/mens-fashion/images/std/160721-425×285-how-to-tie-a-necktie.jpg

Para laki-laki kebanyakan tidak mengetahui betapa repotnya  menyediakan semua kebutuhan yang mereka perlukan. Mereka hanya mengetahui semua yang mereka perlukan telah tersedia dengan baik. Padahal merekapun sebenarnya bisa melakukannya sendiri.

3.Menjaga rumah

http://www.bebrite.com.au/wp-content/uploads/2013/06/Depositphotos_4770300_m1.jpg

Tugas yang memang menjadi salah satu tanggung jawab para ibu adalah menjaga kenyamanan dalam rumah maupun keberadaan harta benda yang ada di dalamnya. Karena secara tidak langsung menjaga kenyamanan dalam rumah sudah menjadi kekuasaan para ibu.

Akhir Kata

Semua faktor itu membuat seorang ibu rumah tangga tidak menyadari kemampuan dan potensi yang di milikinya .Padahal banyak dari mereka memiliki bakat yang bisa dikembangkan bila saja ada sedikit waktu yang mereka miliki. Dan kebanyakan dari mereka menyadari setelah usia mulai mendekati senja dan banyak waktu luang  dimiliki karena tidak ada lagi kesibukan yang menyita waktu mereka.

Bila usia mulai tidak lagi muda agak sulit untuk memulai sebuah usaha apalagi bila tidak ada kesempatan atau peluang.  Untuk itu,usahakanlah selagi masih muda untuk mulai memikirkan kemampuan dan potensi yang dimiliki. Agar nanti saat waktu luang telah ada kita bisa menikmati dan melanjutkan hasil usaha kita dan tidak menyesali waktu luang yang terbuang sia-sia. SEMOGA BISA BERMANFAAT.

Sumber Gambar:

http://www.edison-hill.co.uk/images/Blog_Images/Women_In_Technology.jpg

ANAK PENGIDAP MENINGITIS MENUNGGU ULURAN TANGAN DONATUR

0

PANDEGLANG – Tubuh kecil Hafiz (6,5 tahun) tergolek lemah diatas ranjang perawatannya.  Matanya redup seolah menyiratkan rindu untuk kembali bermain bersama teman-temannya diluar sana.  Namun apa daya, virus telah menyerang selaput otaknya dan membuat Hafiz tak mampu bangkit dari tempat tidurnya.  Hafiz didiagnosa menderita meningitis oleh dokter di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandeglang.  Beberapa perwakilan komunitas Pandeglang Care Movement (PCM) menjenguknya Rabu (12/4) di RSUD Pandeglang.

Putra pasangan Agus Dani dan Rina yang berasal dari Kecamatan Labuan Pandeglang ini mulai menjalani perawatan di RSUD Berkah Pandeglang sejak lebih dari satu bulan yang lalu.  Hafiz telah melalui berbagai tahap pemeriksaan medis, termasuk CT Scan dan hasilnya ia harus menjalani operasi bedah kepala.  Namun karena kondisi fisiknya yang belum stabil, maka operasi Hafiz masih harus ditunda hingga kondisi fisiknya memungkinkan.  Operasi ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.  Orang tua Hafiz yang berasal dari kalangan tidak mampu mengaku kebingungan menghadapi biaya perawatan anaknya.

“Kami memang menggunakan fasilitas BPJS untuk merawat Hafiz.  Namun BPJS tidak meng-cover seluruh biaya perawatan.  Kami berharap ada dermawan yang mau membantu kami membiayai perawatan Hafiz,” ujar Agus.

Hafiz tidak sendiri.  Aktivis PCM mengatakan kepada badakpos ada seorang anak Pandeglang bernama Azriel (6 tahun) yang saat ini juga tengah dirawat intensif di RSUD Serang akibat penyakit meningitis yang dideritanya.  Putra pasangan Ade Fathon dan Rica Nuryanti, warga Kecamatan Bojong Pandeglang ini telah menjalani dua kali operasi di RSUD Serang.  Pada awalnya, Azriel juga dirawat di RSUD Pandeglang, namun  orangtuanya memutuskan untuk membawa Azriel ke RSUD Serang yang fasilitas medisnya lebih lengkap.

Saat ini komunitas PCM mencoba menggalang dana bantuan untuk kedua pasien meningitis ini.  Mereka berharap ada donatur yang bersedia menyisihkan sebagian rejekinya untuk ikut membantu pembiayaan perawatan Hafiz dan Azriel.  Bagi Anda yang ingin ikut membantu mereka, Anda dapat menyalurkan bantuan melalui rekening BSM (Bank Syariah Mandiri) No Rek: 7036311643 a/n: Ahmad Subhan (Ketua PCM) atau Rekening BNI (Bank Negara Indonesia) No Rek: 0398940803 a/n: Yofi Sofiyan Sauri putra (Bendahara PCM).  Anda dapat menghubungi secretariat PCM melalui telepon 085311391100.

GUBERNUR BANTEN MOTIVASI TANAM JAGUNG

0

SERANG – Pj. Gubernur Banten Nata Irawan memberikan motivasinya dalam upaya menyukseskan gerakan menanam jagung di Provinsi Banten. Hal tersebut dilakukan Pj. Gubernur Banten Nata Irawan saat memimpin rapat kooradinasi Upsus Jagung di Markas Korem 064/ MY, Rabu (12/04).

Nata Irawan menegaskan, gerakan tanam jagung harus disambut dengan baik, sebab tidak ada alasan untuk menolaknya. Lebih lanjut, menurut Nata Irawan, dalam melaksanakan gerakan menanam jagung di Banten harus segera dilaksanakan, menyediakan anggaran pendamping dan menyiapkan kerjasama dengan pihak yang akan membeli hasil panen jagung. Nata Irawan pun mengungkapkan, gerakan tanam jagung harus melibatkan semua potensi, khususnya keterlibatan perangkat desa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M. Tauchid mengungkapkan, Pandeglang masih menjadi target utama dalam gerakan tanam jagung di Banten. Pasalnya, dari sejumlah kabupaten/ kota di Banten, ternyata Pandeglang masih konsisten terus mengejar target penanaman yaitu seluas 100.000 ha. Sedangkan untuk tingkat Provinsi, target luas areal tanah yang akan ditanam jagung mencapai 200.000 ha.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita mengungkapkan, pihaknya optimis untuk merealisasikan gerakan tanam jagung tersebut. Sebagai bukti keseriusannya tersebut, Pandeglang terus melakukan inventarisir areal tanah yang akan ditanami jagung. Bahkan, berbagai pihak telah bergerak untuk menyukseskan gerakan tanam jagung tersebut. Hasilnya, telah diinventarisir seluas 30.000 ha lahan siap tanam di bulan April. Sedangkan calon tanah yang akan ditanam jagung telah diinventarisir seluas 70.000 ha.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin. Oleh karena itu, setiap tanah yang masih tersedia dan berapapun luasnya kita inventarisir. Kami memohon pada kementerian untuk mnyiapkan hal- hal dalam rangka percepatan gerakan tanam jagung ini,” ujar Irna.

Irna menambahkan, bahwa sudah banyak pihak swasta yang ingin menyewa tanah untuk ditanami jagung di Pandeglang, akan tetapi pihaknya mengutamakan dulu sumberdaya masyarakat. (BP-1)

KIAT MENUJU PTN, BUAT KAMU YANG INGIN DITERIMA OLEH PTN PILIHAN!

0

Badakpos.com – Saat ini anak-anak kelas XII sedang menghadapi UN dan perjuangan yang sebenarnya menunggu mereka di depan mata, yaitu SBMPTN. Disinilah pertaruhan kemampuan akademik dari setiap siswa kelas XII se-Indonesia.

Untuk  dapat bersaing dan mendapatkan tempat di PTN yang diinginkan cobalah beberapa kiat di bawah ini :

1.Memilih jurusan yang sesuai

Terkadang dalam memilih jurusan banyak anak tidak dapat dengan bebas menentukan pilihannya sendiri,dikarenakan ada perbedaan dengan keinginan orang tua, atau ada juga sebagian anak yang memilih jurusan karena terbawa oleh teman.

2.Dari segi kemampuan

http://vahinifoundation.org/wp/wp-content/uploads/2016/05/Skill-Development.jpg

Mengutip salah seorang motivator “PILIHLAH PEPERANGAN YANG DAPAT KAU MENANGKAN” .Maksudnya pilihlah jurusan yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki atau kuasai.

3.Belajar dengan sungguh-sungguh

http://copyblog.e.unimelb.edu.au/wp-content/uploads/2014/03/study-and-research-image.jpg

Bila ingin masuk dan menjadi mahasiswa perguruan tinggi negeri yang diinginkan jangan ada waktu yang terbuang sia-sia. Tanamkan di dalam diri untuk belajar dan belajar agar diterima di PTN pilihan.

4.Berdoa

http://1merah1putih.blogspot.com/2014/05/kucing-imut-berdoa.html

Yang tak kalah penting dan terkadang banyak dilupakan oleh sebagian siswa adalah berdoa memohon kemudahan pada Yang Kuasa untuk memberikan  kelancaran dalam menghadapi SBMPTN.

Akhir Kata

Semoga kiat ini dapat sedikit membantu dan memotivasi siswa yang menghadapi SBMPTN. GOOD LUCK !!

 

Sumber Gambar:

https://michelelisiecki.files.wordpress.com/2015/11/road-to-success.jpg

BUPATI IRNA BACAKAN SURAT KARTINI UNTUK R.M ABENDANON MANDIRI

0

JAKARTA – Media Tempo mengadakan kegiatan istimewa dalam memperingati Hari Kartini. Acara yang diberi nama Panggung Para Perempuan Kartini itu digelar di Museum Bank Indonesia, Kawasan Kota Tua, Jakarta. Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, membacakan surat R.A Kartini untuk R.M Abendanon-Mandiri tanggal 27 Oktober 1902, Selasa, 11 April 2017.

Pembacaan surat Kartini melibatkan sejumlah tokoh ternama, diantaranya Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, dan Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi.

Tokoh lain, seperti aktris Chelsea Islan, Happy Salma, Raline Shah, Gita Gutawa, Jajang C. Noer, dan pegiat pendidikan Butet Manurung, juga ikut dalam pembacaan surat Kartini, yang memiliki ragam tema.

Dalam kesempatan itu, Tempo juga menyajikan fragmen film Kartini. Film yang disutradarai Hanung Bramantyo itu akan diluncurkan pada 20 April 2017. Tiga orang pemeran film ini, yakni Dian Sastrowardoyo, Acha Septriasa, dan Christine Hakim.

Selain Bupati Pandeglang, Bupati Nunukan dan Bupati Tabananpun membacakan surat R.A. Kartini. (BP-1)

BUPATI PANDEGLANG : TINDAK TEGAS PARA PENGGUNA BAHAN BERBAHAYA UNTUK MAKANAN !

0

PANDEGLANG – Pengawasan penggunaan dan peredaran bahan berbahaya masih sulit dilakukan tanpa sinergitas dari pihak-pihak terkait. Sinergi tersebut diharapkan mampu menindak secara tegas para pelaku sehingga memberikan efek jera.  Demikian dikatakan Bupati Pandeglang Irna Narulita saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan Advokasi Lintas Sektor Dalam Rangka Program Pasar Aman Dari Bahan Berbahaya Di Destinasi Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung di Gedung “S” Rizki Hotel & Restoran Pandeglang. (12/04/2017)

“Penggunaan bahan berbahaya untuk produk tertentu hanya memikirkan keuntungan sesaat, para pelaku harus diberikan sanksi yang tegas agar memberikan efek jera”, jelas Irna,

Pemerintah Kabupaten Pandeglang sulit mengambil keputusan terkait penindakan pelaku pengguna bahan berbahaya tanpa bantuan dari penegak hukum dan BPOM.

“Perlu dilakukan optimalisasi sosialisasi (bahan berbahaya) dengan menggunakan teknologi terkini. Selain itu, perlu dilakukan upaya preventif seperti sosialisasi, penyuluhan, diskusi kepada pedagang atau sejenisnya”, tandasnya.

Sementara itu, Direktur Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya BPOM RI Ema Setiawati menuturkan, peran tim terpadu bahan berbahaya diantaranya melakukan pengawasan dalam rangka kebocoran distribusi bahan berbahaya ke rantai pangan seperti UMKM. Program pasar aman dari bahan berbahaya, kata Ema, adalah menjadikan pasar sebagai sumber utama pangan masyarakat, perlu adanya pengendalian peredaran bahan berbahaya di pasar, dan koordinasi dengan berbagai kementerian atau lembaga. (BP-1)

IRNA : PENGEMBANGAN HALAL TOURISM DAPAT MENJADI MAGNET MASYARAKAT DUNIA.

0

PANDEGLANG – Sektor pariwisata merupakan salah satu penopang yang sangat signifikan untuk suatu wilayah dan negara. Pandeglang, adalah daerah yang sangat besar potensi wisatanya. Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, berkeinginan untuk mengembangkan halal tourism sehingga dapat menjadi magnet masyarakat dunia.  Hal ini  disampaikan Bupati Pandeglang saat rapat Fokus Grup Discussion (FGD) kajian strategis wisata halal dan optimalisasi potensi wisata, Rabu (12/4) di Riz Hotel Pandeglang.

Menurut Bupati, ini kesempatan emas bagi Kabupaten Pandeglang.  Potensi wisata yang dikembangkan saat ini, dapat menjadi  sumber devisa Negara.

“Kita dapat melakukan promosi wisata dalam berbagai bentuk.  Dengan begitu para investor akan tertarik akan potensi wisata yang ada di Pandeglang. Dengan hadirnya investor, jelas akan membuka lapangan pekerjaan, dan penambahan untuk devisa negara melalui APBD Kabupaten Pandeglang,” jelasnya.

Pada kesempatan ini Kepala Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi UI Banu Muhamad Haidir menjelaskan, contoh wisata halal adalah mengunjungi objek bersejarah peninggalan Khalifah Islam seperti Alhambra di Granada Spanyol, Blue Mosque di Turki, Ibadah umroh atau haji, dan lain-lain.  Ciri Wisata Islami, lanjut Haidir, diantaranya terkait peribadahan dan sejarah Islam, biasanya yang dilakukan hanya oleh Muslim, dan terkait dengan objek/situs/budaya Islam.

“Makanan, pakaian, hiburan dan semua barang dan jasa yang menggunakan istilah halal dapat dikonsumsi oleh pemeluk Agama Islam dan bukan pemeluk Agam Islam. Untuk itu, segala sesuatu yang menggunakan istilah halal, tidak mesti diperuntukkan bagi pemeluk Agama Islam saja”, bebernya (BP-1)

WAKIL BUPATI PANDEGLANG HADIRI RUPST BANK BANTEN

0

PANDEGLANG – Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban hadiri Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank Banten di Hotel Ledian Kota Serang, Rabu (12/4).  Rapat umum pemegang saham Bank Banten dihadiri oleh Pejabat (Pj) Gubernur Banten Nata Irawan, Sekretaris Daerah Provinsi Banten Ranta Suharta, dan Direktur PT.Banten Global Development (BGD) Sudibyo.

Salah satu agenda penting yang dibahas dalam RUPS tersebut adalah penetapan Direktur Bank Banten, ada 6 orang calon dari kalangan profesional yang telah melakukan assessment (seleksi) untuk menduduki jabatan direktur Bank Banten.

Disela-sela Rapat RUPS Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban mengatakan selama ini masyarakat Banten mengharapkan bisa memiliki Bank pembangunan daerah sendiri, keinginan masyarakat itu telah terwujud, masyarakat Banten patut berbangga kini telah memiliki Bank Banten.

“Dengan digelarnya RUPS Bank Banten semoga menjadi Bank professional, jadi kebanggan masyarakat Banten, sehingga dapat meningkatkan kemajuan serta kesejahteraan masyarakat, Sukses terus untuk Bank Banten”, tambahnya. (BP-1)

Hacker Serang Kota Dallas Di Amerika

0

Dallas, Badakpos.com – Ada-ada saja ulah para hacker Amerika.  Sabtu (7/4) minggu lalu, mereka menjebol sistem keamanan kota Dallas dan membunyikan 156 sirine di kota itu.  Sirine kota mulai berbunyi sekitar pukul 00.30  dan berhenti pada pukul 01.20 waktu setempat.  Pihak berwenang belum dapat mengidentifikasi penyerang namun kuat dugaan serangan hacker ini berasal dari luar kota Dallas.  Selama masa penyerangan ini, pihak operator emergensi Dallas menerima lebih dari 4000 telepon masuk menanyakan hal tersebut.

Dikutip dari  technewsworld.com, serangan hacker terhadap sistem peringatan dini kota Dallas ini telah menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap sistem peringatan dini kota Dallas.  Caltagirone, seorang direktur perusahaan cybersecurity dragos menjelaskan bahwa serangan seperti  ini harus diwaspadai karena akan menurunkan tingkat kepercayaan warga.  Caltagirone juga mengingatkan kemungkinan munculnya serangan-serangan serupa dari para hacker terhadap sistem keamanan kota.

“Tidak ada indikasi munculnya serangan dengan skala yang lebih besar, namun serangan-serangan hacker seperti ini akan lebih sering muncul – dan bahayanya serangan seperti ini akan membuat masyarakat lalai terhadap peringatan bahaya,” ujar Caltagirone.

Dampak buruk dari serangan hacker seperti ini adalah karena mengkibatkan padatnya jalur telepon darurat yang menanyakan masalah suara sirine tersebut.  Akibatnya telepon yang benar-benar merupakan telepon  darurat dapat saja terabaikan. (sumber : technewsworld.com)

JELANG GWB 2017, DISPAR BANTEN TERUS LAKUKAN PERSIAPAN

0

SERANG – Provinsi Banten terus berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Banten.  Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan menggelar kegiatan Gebyar Wisata Banten 2017 yang akan dilaksanakan di Jakarta Convention Centre pada tanggal  11 – 14  Mei mendatang.  Dinas Pariwisata Provinsi Banten melakukan rapat koordinasi hari ini, Rabu (12/4) guna membahas kesiapan panitia pelaksana kegiatan.

Rapat dibuka oleh Kepada Dinas Pariwisata Propinsi Banten, Eneng Nurcahyati.  Selanjutnya rapat dipimpin oleh Kepala Seksi Promosi Dinas Pariwisata Propinsi Banten, Dewi Utari.  Dalam rapat dibahas berbagai aspek menyangkut kesiapan panitia jelang kegiatan ini.  Termasuk dalam agenda pembahasan rapat adalah materi produk wisata unggulan yang akan ditampilkan pada kegiatan di Jakarta tersebut.

Dinas Pariwisata Banten berharap melalui kegiatan marketing pariwisata secara langsung seperti ini, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Propinsi Banten dapat terus ditingkatkan.  Tahun ini Propinsi Banten memiliki target jumlah kunjungan 20 juta wisatawan domestik  dan  150,000-an wisatawan mancanegara.  (Sumber : Dispar Banten)

LEBAK SIAP GELAR ACARA SEBA BADUY

1

LEBAK – Pemerintah Kabupaten Lebak, melalui Dinas Pariswisata, terus melakukan persiapan menjelang pelaksanaan tradisi Seba Baduy yang tahun ini akan diadakan pada  tanggal  28 – 30 April.  Kegiatan akan dipusatkan di Pendopo Kabupaten dan alun-alun Rangkasbitung.  Rencananya kegiatan akan dipimpin langsung oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya  dan dihadiri oleh seluruh jajaran pejabat Pemkab Lebak.

Seba Baduy merupakan tradisi turun temurun yang dilakukan oleh masyarakat Baduy.  Perayaan adat Seba, menurut warga Baduy, merupakan peninggalan leluhur tetua (Kokolot) yang harus dilaksanakan sekali dalam setiap tahun. Acara itu digelar setelah musim panen ladang huma, bahkan tradisi sudah berlangsung ratusan tahun sejak zaman Kesultanan Banten di Kabupaten Serang.  Tradisi Seba Baduy merupakan  wujud ungkapan syukur kepada Bapak Bapak Gede (Bupati atau kepala pemerintahan daerah).

Pada tradisi ini masyarakat Baduy, baik baduy luar yang dipimpin oleh Jaro maupun baduy dalam yang dipimpin oleh Puun, bersama-sama berbondong-bondong menuju ibu kota Kabupaten Lebak, Rangkasbitung.  Mereka kemudian menyerahkan hasil tani atau hasil bumi kepada pemerintah setempat yang biasa kita sebut dengan upeti pada jaman kerajaan.  Hal  itu semua merupakan wujud rasa syukur masyarakat baduy luar dan baduy dalam karena mendapatkan hasil panen yang melimpah ruah.  Hasil bumi secara simbolik akan diterima oleh Bupati Lebak secara langsung di pendopo Kabupaten Lebak.

“Lojor henteu beunang dipotong, pendek henteu beunang disambung”. Panjang tak boleh dipotong, pendek tak boleh disambun.  Inilah filosofi orang Baduy yang menggambarkan keikhlasan orang Baduy dalam menjalani kehidupan mereka sekaligus harmonisasi kehidupan mereka dengan alam sekitarnya.   Filosofi tersebut  hingga kini tetap aktual bagi komunitas Baduy dipedalaman Lebak.  Bagi warga Baduy, tradisi leluhur merupakan sesuatu yang sacral dan pantang untuk diabaikan.  Mereka rela berjalan kaki  lebih dari 50 km menuju pemimpin mereka menembus jalan setapak perbukitan Gunung Kendeng.  Karenanya, kedatangan mereka pantas untuk memperoleh penghormatan.

Sebuah epilog ditulis Dispar Lebak untuk menggambarkan tradisi ini,

Tetesan embun yg masih tersisa di era modernisme yang berputar secara masif dalam pusaran yang entah sebesar apa. Karena langkah-langkah  kecil si cikal bahkan tidak beralaskan selembar kain pun..

Di tengah panasnya pantulan matahari dijejak telapak yang berpadu hitamnya jalan beraspal. Tekad sudah bulat, tak ada aral berarti. Sejauh apapun langkah kaki bukan soal. Piturut sepuh yang lebih utama.

“Pondok teu meunang disambung, panjang teu meunang dipotong” bukan hanya sebuah ungkapan yang indah diperdendangkan, tapi ungkapan itu sudah menyatu dalam urat nadi kami. Terikat dalam tarumpah dan koja kami..

Pitutur sepuh sudah disebut, kawalu sudah ditetapkan.

Kami berangkat..

Bukti pengabdian kami..

Bukti kepatuhan sebagai abdi..

Bukti babakti kami ka nagara..

Seba Baduy..

(Sumber : Dispar Lebak, foto : visitbanten)

UNBK, KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA

0

PANDEGLANG – Minggu ini kita kita mulai memasuki tahapan Ujian Nasional yang secara serentak diselenggarakan di seluruh Indonesia.  Sesuai kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pelaksanaan ujian nasional tahun inipun menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer atau lebih dikenal dengan istilah UNBK.  Pelaksanaan UNBK telah dimulai sejak tahun 2016 lalu.  Apa sebenarnya kelebihan dari UNBK bila dibandingkan dengan ujian nasional tertulis dan apa pula kelemahannya ?  Artikerl berikut mencoba mengupas kelebihan dan kekurangan pelaksanaan UNBK.

Asumsi awal dari penerapan UNBK adalah bahwa siswa peserta didik saat ini telah banyak mengenal computer sehingga UNBK telah layak untuk dilaksanakan.  Keuntungan yang dapat diperoleh bila ujian nasional menggunakan sistem UNBK salah satunya adalah penghematan anggaran negara.  SSelama ini setiap tahunnya, negara harus mengalokasikan anggaran sekitar 560 Milyar untuk mencetak lembar soal dan jawaban ujian nasional.  Belum lagi biaya pengiriman lembar soal/jawaban tersebut ke setiap daerah di Indonesia.  Dengan penerapan UNBK maka biaya tersebut dapat dihilangkan.

Keuntungan kedua dari penerapan UNBK adalah meminimalisir adanya kecurangan yang dilakukan saat ujian nasional berlangsung.  Seperti kita dengar melalui berbagai pemberitaan, selama ini pelaksanaan ujian nasional tidak pernah lepas dari isu kecurangan berupa kebocoran soal ujian.  Dengan penerapan UNBK, faktor kecurangan dapat diminimalisir karena pemerintah sudah menciptakan system keamanan dan firewall yang kuat dan tentunya berlapis sehingga tidak mudah ditembus para pelaku cyber-crime.  Dengan demikian, diharapkan kualitas hasil ujian nasional dapat lebih dipertanggungjawabkan.

Keuntungan berikutnya adalah meminimalisir kesalahan siswa dalam mengerjakan soal atau mengisi Biodata Peserta Ujian Nasional.  Selama ini, seringkali siswa melakukan kesalahan pada saat pengisian Lembar Jawaban Komputer (LJK).  Mereka memang dapat menghapus dan memperbaiki kesalahannya.  Namun hal ini sering mengakibatkan LJK menjadi rusak dan tidak dapat dibaca oleh computer.  UNBK dapat meminimalisir bahkan menghilangkan hal ini.

Selain ketiga keuntungan diatas, maka melalui penerapan UNBK siswa secara langsung akan belajar dan mengenal dunia informatika.  Penerapan ujian berbasis computer telah banyak digunakan di negara kita, misalnya saja saat ujian penerimaan CPNS, UKG dan lain-lain.  Dengan memperkenalkan sedini mungkin cara ujian dengan basis computer kepada peserta didik maka diharapkan mereka tidak akan gagap ketika menghadapi ujian serupa di kemudian hari.

Tentu saja, selain keuntungan-keuntungan tersebut, pelaksanaan UNBK juga mengandung kelemahan-kelemahan, terutama berkaitan dengan kondisi riil di masyarakat Indonesia.  Pertama, belum semua sekolah memiliki fasilitas computer yang memadai untuk melaksanakan UNBK.  Akibatnya masih banyak sekolah yang melaksanakan ujian nasional dengan sistem tertulis.

Kedua, jaringan internet di negara kita belum sepenuhnya menjangkau daerah-daerah pelosok.  Masih banyak ditemukan wilayah blank spot dimana komunikasi melalui internet tidak dapat dilakukan.  Kondisi ini tentu membuat pelaksanaan UNBK belum dapat dilakukan pada daerah-daerah tersebut.  Termasuk didalam masalah ini adalah ketidakmerataan kekuatan akses internet antara satu wilayah dengan wilayah yang lain.

Faktor ketersediaan listrik juga dapat menyebabkan masalah pada pelaksanaan UNBK.  Pasokan listrik yang kadang tidak ada jaminan tersedia untuk setiap waktu harus benar-benar diperhatikan karena apa jadinya bila saat berlangsung UNBK tiba-tiba pasokan listrik terputus.  Untuk mengatasi kemungkinan ini, pihak penyelenggara UNBK harus memiliki generator yang selalu siap sedia untuk menjadi alternative pasokan listrik selama berlangsungnya UNBK.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan diatas, pelakanaan ujian nasional apapun bentuknya harus dapat menjadi sarana bagi negara guna menguji hasil dari penyelenggaraan pendidikan nasional selama ini.  Untuk itu diperlukan kejujuran dari semua penyelenggara ujian nasional sehingga hasilnya dapat benar-benar menjadi representasi dari hasil pendidikan nasional selama satu tahun.  Bila tidak, ujian nasional hanya sekedar seremoni yang tidak ada artinya bagi upaya pencerdasan kehidupan bangsa. ( DS – dari berbagai sumber, Foto : latihancbt.com)

BAPPEDA LEBAK DORONG PEMANFAATAN DD UNTUK JALAN DESA

0

LEBAK – Buruknya infrastruktur jalan desa banyak ditemukan di Propinsi Banten, tidak terkecuali Lebak. Sering kita temukan keluhan atas buruknya infrastruktur jalan desa di media sosial. Kondisi jalan yang buruk jelas merugikan warga dan menghambat laju ekonomi pedesaan.

Pihak Bappeda Lebak secara aktif menanggapi semua keluhan ini dan berusaha menjelaskan situasi dan kendala-kendala yang dihadapi Pemkab Lebak untuk menyelesaikan masalah ini. Melalui akun facebook nya, Bappeda Lebak memohon maaf atas kondisi yang dialami warga dan mengakui keterbatasan Pemkab Lebak.

“Beberapa tahun ini pemda tengah fokus menuntaskan jalan strategis kabupaten yaitu ruas jalan Cikulur – Malingping melalui betonisasi sepanjang 66,6 Km. Bappeda Lebak. mengakui keterbatasan dan kelemahan terutama kapasitas fiskal yang masih rendah. Sebagai info, proposal panjang jalan desa yang masuk tercatat 5000 Km lebih, sementara kemampuan kami hanya bisa menganggarkan sebesar 50an M untuk 120 Km,” begitu dinyatakan Bappeda Lebak.

Selanjutnya Bappeda Lebak mengatakan bahwa sejak tahun 2007 hingga 2015, Pemkab Lebak telah menangani ruas  jalan sekitar 1500 km di seluruh pelosok Kabupaten Lebak, dan itu pun sebagiannya sudah kembali rusak. Pemkab Lebak juga selama ini telah menyumbang alokasi dana desa sekitar 122 M per tahun.

“Kami mendorong desa-desa agar menganggarkan peningkatan/perbaikan jalan desa. Dan fokus pada jalan-jalan yang menghubungkan antar desa atau kecamatan. Kemudian kami juga mencari sumber pendanaan lain seperti CSR perusahaan dan pemerintah pusat,” ungkap Bappeda Lebak.

Bappeda Lebak selama ini telah mendorong desa menggunakan dana desa mereka untuk memperbaiki infrastruktur jalan karena jalan merupakan urat nadi perekonomian desa.

“Anggaran desa bisa untuk peningkatan jalan. Penggunaan anggaran diatur melalui mekanisme APBDes untuk jalan desa, sarpras air bersih, kegiatan ekonomi dan sebagainya. Pembahasan APBDes itu dilakukan oleh semua stakeholder desa. Untuk mengetahui apakah jalan itu masuk dianggaran atau tidak, bisa langsung ditanyakan ke desa,” jelas Bappeda menanggapi keluhan warga Lebak. (Sumber : Bappeda Lebak)

BRI SIAP DAMPINGI PEMBANGUNAN PANDEGLANG

0

JAKARTA – Pengembangan Upsus Jagung, Budidaya Ikan Kerapu, dan Badan Usaha Milik Desa merupakan salah satu upaya untuk mendorong kemajuan perekonomian masyarakat di Pandeglang. Untuk pengembangan BUMDes, Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita mengajak pihak Bank BRI untuk bekerjasama dalam permodalan. Hasil dari pertemuan tersebut, Bank Rakyat Indonesia (BRI) siap memfasilitasi dalam pengembangan Sumberdaya Manusia (SDM) untuk pengelolaan BUMDes di Kabupaten Pandeglang.

Hal itu terungkap saat Bupati Hj. Irna Narulita melakukan pertemuan dengan Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Suprajarto di kantor pusat BRI, Selasa (11/4) di Jl. Sudirman.