Bantu Korban Tsunami Selat Sunda, 1juta Boneka Siap Disalurkan

Pandeglang, badakpos.com – Klinik Digital Vokasi Komunikasi (Vokom) UI bekerjasama dengan lebih dari 15 organisasi masyarakat seperti Koalisi Anak Madani Indonesia (KAMI), Jefri Nichol Fans Club, LPAI, Sahabat Yatim Indonesia, Kementerian Sosial, Saya Sahabat Anak, SMA 35 Jakarta, Alumni SMA 35 Jakarta, dan lain-lain menyerahkan sumbangan boneka dan mainan anak kepada anak korban bencana di Banten serta 50-an Paud dan TK se-Banten, yang diadakan di SDN Kadumerak 01 Pandeglang. Minggu, (11/2).

Dikatakan Seto Mulyadi, Kegiatan pengumpulan boneka dan mainan telah berlangsung selama tiga bulan, dan apresiasi dari relawan cukup menakjubkan. “Luarbiasa dan saya 1000% mensupport donasi boneka atau mainan baru malah tidak sedikit boneka kesayangan sejuta cinta direlakan dan ikhlas untuk saudaranya yang mengalami bencana. Keharuan mendera dan saya bangga kepada anak-anak Indonesia yang saya tahu juga menitipkan surat Cinta dibulan cinta ini,” tutur Seto Mulyadi, yang merupakan tokoh International Perlindungan Anak.

Masih dikatakan Seto, Gerakan 1 juta ini bertujuan untuk memastikan bahwa anak-anak korban bencana mendapatkan perhatian terkait penguatan psikologi mereka untuk menghadapi kehidupan pasca bencana, bantuan pertama akan kami tujukan bagi anak-anak korban Tsunami di Selat Sunda. “Boneka sejak 1000 tahun sebelum masehi memang sudah dikenal sebagai teman bermain tertua bagi anak. Boneka mampu menjadi cermin dari sang anak dan mampu membantu anak untuk dapat memahami dirinya dan lingkungan. Beberapa anak merawat boneka yang dianggapnya sebagai teman yang perlu diperhatikan, maka perilaku tersebut telah membantu anak untuk mengalihkan kesedihan dan trauma yang dialaminya kepada boneka dengan metode merawat boneka miliknya,” tambahnya.

Ditemui langsung oleh wartawan badakpos.com Devie Rahmawati, selaku Fonder Klinik Digital Vokom UI mengatakan, Aktivitas anak dengan boneka tersebut terbukti mampu mengurangi tingkat stress yang dirasakan oleh anak. “Yang saya ketahui boneka bisa sedikit mengobati tingkat stress yang dirasakan oleh anak seperti ketakutan akan kehilangan keluarga, agresi, ketegangan, reaksi yang kuat terhadap gangguan suara, menangis dengan kuat, mimpi yang menakutkan dan gangguan tidur,” ujarnya.

Devie pun menambahkan, mainan seperti boneka, terbukti membantu anak menghapus trauma yang ada dirasakan oleh anak. “Mengingat anak-anak sangat sensitif secara indrawi. Boneka dan mainan yang dapat secara langsung disentuh, diraba dan direngkuh oleh anak, membantu anak untuk melepaskan trauma dari tubuh anak. Beberapa mainan dengan bahan yang lembut banyak yang didesain untuk membantu anak membangun kisah mereka sendiri, sebagai cara mereka untuk memiliki kisah pengingat kebaikan dan hal positif untuk melupakan segala kepenatan hidup yang dialami oleh anak,” tambah Devie Rahmawati, Ketua Program Studi Vokasi Komunikasi UI.

Berkolaborasi dengan berbagai organisasi kemasyarakatan yang peduli dengan anak Indonesia menjadi langkah awal dari gerakan pasif untuk terus menggalang bantuan boneka yang tidak hanya berhenti pada korban Selat Sunda. “Gerakan ini akan terus digaungkan ke seluruh Indonesia, dimana posko pengumpulan akan tersebar di berbagai Provinsi, dalam upaya mengantisipasi potensi bencana. Diharapkan, logistik bantuan boneka dan mainan anak ini siap disebarkan kapanpun dan dimanapun,” kata para pendiri Organisasi KAMI.

Menurut para Organisasi KAMI, Boneka dan mainan anak merupakan pendekatan yang menyediakan ruang untuk anak merekonstruksi trauma yang dialami. “Ketika seorang anak tidak mampu mengungkapkan kegelisahan yang dialami, melalui mainan, mereka dapat berkomunikasi dengan orang lain, menggunakan bahasa yang menyenangkan untuk mentransfer kegelisahan mereka. Pengalaman komunikasi non verbal dan mainan yang secara indrawi dapat disentuh, digenggam bahkan dipeluk oleh anak, dapat menjadi pengganti kehadiran fisik orang dewasa yang seharusnya berada bersama anak untuk mendekap mereka, memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak,” tutupnya. (BP-10)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *