Banyak Hikmah Di Bulan Rajab

Oleh : K. H Tibriji

Pandeglang, Badakpos.com – Bulan Rajab adalah bulan dimana memperingati hari lahirnya Sholat Lima Waktu melalui Isra dan Mi’raj Nabi Besar Muhammad. Saw.  Banyak keutamaan di Bulan Rajab yang harus diketahui oleh umat islam,  selain mempercayai dan meyakini kebenaran akan Isra Mi’raj.

K. H Tibriji menjelaskan akan banyaknya keutamaan yang didapat pada Bulan Rajab yaitu melakukan sholat 20 rakaat sepuluh salam, dan berpusa di hari pertama hingga ketiga. Jika itu dilaksanakan tentu akan dihindarkan dari segala musibah, dijaga dari api neraka, dan dijauhkan dari fitnah dajal laknatullah.

Dirinya menjelaskan sesuai dalam hadist Nabi Muhamad. SAW barang siapa manusianya di awal Bulan Rajab melakukan ibadah, tentu banyak hikmah yang didapat terutama diawal hari pertama rajab.  Sesuai dalam keterangan, beribadah pada  malam pertama bulan rajab akan dihapus dosanya,  dan bahkan bisa menolog kepada sodara lainnya dari api neraka yang banyak melakukan dosa.

Kata K. H Tibriji ada sebagian ulama besar menafsirkan jika definisi dari bulan Rajab yaitu  R =Rosul, J=Jibril, B=Burok, jika disatukan dari kata Rajab itu sesuai dengan peringatan  Isro Mi’raj Nabi Muhammad. Saw.  Dalam sebuah riwayat Annas Bin Maliq saat menerima   hadist dari Rosullallah. Saw siapa saja yang melaksanakan sholat ba’da magrib diawal malam pertama rajab sebanyak sepuluh salam dan 20 rokaat serta setiap rokaat membaca surah Al-iklas, maka Allah. Swt akan menjaga dirinya, keluarganya, anaknya, dan cucunya  dari segala musibah di Dunia dan dari api  neraka.

Lebih jauh K. H Tibriji menjelaskan siapa saja hamba Allah melaksanakan puasa dihari pertama Rajab, dan dilandasi Iman kepada Allah akan mendapatkan keridhoan Allah. Swt. Siapa saja yang puasa di hari kedua bulan Rajab akan mendapatkan kemulyaan.  Sedangkan  di hari ketiga puasa di Bulan Rajab, niscaya Allah akan menjaga dari musibah  di dunia, penyakit gila, fitnah dajjal.

Terlepas dari hikmah dan keutamaan di Bulan Rajab,  yang harus diyakini oleh semua umat muslim adalah perjalanan Isra Mi’raj. Sebab kata K. H Tibriji, jika umat islam tidak mempercayai akan kejadian luarbiasa seperti Isra Mi’raj maka dia termasuk kedalam golongan Kafir.

Oleh sebab itu mengapa memperingati Isra Mi’raj begitu penting ,  karena pada momentum inilah pertama kali diturunkan perintah sholat lima waktu kepada Nabi Besar Muhammad. Saw.  Dan Sholat merupakan ibadah yang paling utama bagi umat muslim.”Mengapa sholat begitu penting yang harus di lakukan, karena akan dipertanggungjawabkan di hari kiamat,” tegas K. H Tibriji saat memberikan tausyiah pengajian rutin di Pendopo Pandeglang, Jum’at (9/3/2018).  (Bp3)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *