Beberapa Daerah Pandeglang Alami Kekeringan

0
33

Pandeglang, Badakpos.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang mencatat ada sejumlah kecamatan yang mengalami kekeringan, seperti Kecamatan Cikeusik, Munjul, Picung, Sobang, Sukaresmi, Patia, dan Kecamatan Pagelaran.

Menyikapi hal tersebut, tim Lazis Wahdah Banten mendistribusikan air bersih di Kampung Babakan Kidul Desa Kadubara Kecamatan Picung. Kegiatan ini mengusung tema Distribusi Air Bersih yang Dilanda Kekeringan di Kabupaten Pandeglang.

Bantuan air bersih yang didistribusikan sebanyak 10.000 liter dengan rincian 2 mobil tangki ukuran 5.000 liter, adapun tujuan kegiatan tersebut diantaranya untuk membantu masyarakat yang mengalami kekeringan mengingat air merupakan kebutuhan dasar rumah tangga.

Salah satu anggota Lazis Wahdah Banten Ayyub mengatakan, kegiatan warga pada malam hari yaitu mengambil air di suatu tempat yang jaraknya mencapai 4 km, apalagi warga harus berlomba-lomba mendapatkan air.

“Biasanya malam hari mereka (warga, pen) tidak tidur untuk mengambil air di sungai dan harus berebut dan antri, belum lagi jarak yang ditempuh lumayan jauh berkisar 3 sampai 4 km,” terangnya kepada Badakpos.com, Minggu (17/9).

Ia menilai, Desa Kadubera merupakan wilayah yang tidak sering mendapatkan bantuan air bersih, mengingat bantuan kekeringan dari pemerintah relatif terbatas karena kekeringan juga terjadi di beberapa wilayah lainnya, bahkan ada yang lebih parah.

“Wilayah ini paling jarang mendapatkan bantuan air bersih. Setiap ada bantuan air dari pemda, dicegat dulu oleh kampung yang dilewati karena saking butuhnya air bersih,” ujarnya.

Anggota Lazis Wahdah Banten lainnya, Iwan menuturkan, sejak siang hari hingga malam hari, warga sangat bersemangat menunggu kedatangan bantuan air bersih.

“Alhamdulillah dari siang warga antusias menunggu mobil bantuan air hingga malam hari, warga sangat membutuhkan sekali air,” tegasnya. (Bp3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here