Belajar Dari Pengalaman, Bupati Berharap Target Dari Dirjen Tanaman Pangan Tercapai

0
10

Pandeglang, Badak Pos – Menindaklanjuti kunjungan dari Direktorat Jendral (Dirjen) Tanaman Pangan Sumarjo Gatot Irianto minggu lalu, Bupati Pandeglang Irna Narulita, menggelar Rapat Koordinasi dengan para Camat, dan Muspika Kecamatan. Hal ini dilakukan untuk membahas ketersediaan lahan dalam perluasan areal tanam, guna peningkatan produksi Padi, Jagung, dan Kedelai tahun 2018. “Pandeglang memang ditargetkan untuk tanam Pajale di angka kurang lebih 200 ribu hektar. Kami optimis 125 ribu hektar dapat tercapai, dan hasil kesepakatan dengan para Penyuluh, Camat, dan Muspika baru di angka 110 ribu hektar yang tercatat. Dan kami yakin tahun kemarin jadi pengalaman, sehingga tanam kali ini dapat lebih baik lagi,” demikin disampaikan Bupati Irna Narulita saat Rakor dengan Camat, dan Muspika di Oproom Setda Pandeglang.

Lanjut Irna Narulita, sangat disayangkan jika tawaran dari pusat ini di abaikan. Kata Irna Narulita, ini merupakan peluang besar yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong peningkatan perekonomian dari sektor pertanian. “Tahun kemarin kita hanya mencapai 48.317 ribu hektar dari target 53 ribu hektar. Dan hasil panen yang didapat diperkirakan mencapai 56 ribu ton, hingga maret nanti akan panen mencapai 173 ribu ton. Mudah – mudahan tahun ini bisa belajar dari tahun kemarin, sehingga hasil produksi lebih meningkat,” lanjutnya.

Terpisah, Kabid Tanaman Pangan Pada Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang Nasir MD mengatakan, jika saat ini calon lahan yang sudah terdata diantaranya, Jagung 56.209 ribu hektar, Kedelai 33.290 ribu hektar, dan padi 20.724 hektar. “Untuk padi kami optimis, sedangkan jagung dan kedelai saat ini cukup sulit, salah satu kendalanya itu membuka akses lahan. Makadari itu Ibu Bupati hanya menambahkan 15 ribu hektar. Jadi dari 200 ribu itu hanya diangka optimisnya 125 ribu hektar,” kata Nasir.

Hadir salam acara ini Wakapolres Pandeglang Kompol Nurrahman, Sekda Pandeglang Fery Hasanudi, Badan Penelitian Teknologi Pertanian (BPTP) Amir Pohan, Pasiter Kapten Inf Heri, para Camat, Danramil, dan Kapolsek.(Bp3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here