BEM STIA BANTEN: AJAK ANAK GEMAR MEMBACA

0
9

Pandeglang, BadakPos.Com- Badan Eksekutif Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Adminsitrasi Banten, berbagi buku dan mengajar anak-anak di Taman Baca Masyarakat Orang Indonesia Kp. Kelapacagak, Ds. Teluklada, Kec. Panimbang, Sabtu, (22/07/2017)

Kegiatan tersebut merupakan program unggulan BEM STIA Banten periode 2016-2017 yang diberi nama Belajar Bersama BEM STIA Banten (B3SB) yang telah direncanakan untuk mendekatkan dan mempermudah anak-anak mengakses buku dan memperluas ilmu. Pada kegiatan kali ini BEM STIA Banten bekerjasama dengan Taman Baca Masyarakat Orang Indonesia Kp. Kelapacagak.

Menurut Presiden Mahasiswa STIA Banten, Asep Aryadi, berbagi buku untuk anak-anak di desa merupakan langkah sederhana agar tidak menjauhkan pendidikan dengan permasalahan sosial. Mengingat perbedaan antara kemudahan memperoleh pengajaran dan buku di desa dengan di kota, sangat jauh berbeda.

“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian kami sebagai mahasiswa, kita sebagai anak muda harus peduli terhadap pendidikan, semoga dengan kegiatan kami ini pemerataan pendidikan khususnya di Pandeglang bisa merata.
“Buku yang diperoleh dari penyumbang di kampus mencapai ratusan dan kami sangat beryukur mampu mengumpulkannya. Buku inilah yang kami bawa ke desa, supaya penyediaan buku di desa sedikit bertambah. Selain memberikan buku, kami juga ikut mengajar sambil bermain bersama anak-anak,” kata Asep.

“Kami berharap, dengan buku-buku yang diberikan dapat dimanfaatkan oleh semua orang di desa, khususnya anak-anak yang sangat memerlukannya. Ke depannya, pengetahuan anak di desa tidak tertinggal dan tetap dapat menuai ilmu yang tinggi. Pasalnya, anak-anak yang tinggal desa dan kota sama-sama anak bangsa Indonesia sehingga tidak ada perbedaan untuk memperoleh ilmu.” Tambahnya.

Program ini juga didasari dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berbunyi tentang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. tidak ada lagi saling tuntut menuntut dan sudah saatnya memberikan sesuatu yang dapat dibantu.
“Kegiatan ini juga merupakan tujuan Tri Dharma Perguruan Tinggi, jadi bagi kami di pengurus, tidak hanya terus menuntut kepada pemerintah, tapi apa yang dapat dilakukan segera laksanakan. Karena menurut saya, kalau tidak langsung turun kelapangan atau hanya cerita-cerita saja, rasanya kurang sahih. Penggagas TBM ini juga sangat mengapresiasi kegiatan yang kami lakukan,” Ungkap Asep

Penggagas Taman Baca Masyarakat Orang Indonesia Kp. Kelapacagak, Iyan Taryana mngapresiasi kegiatan ini “ Alhamdulilah, kami sangat bahagia bisa dikunjungi oleh kawan-kawan BEM STIA Banten, ini yang kami harapkan karena kurangnya tenaga pengajar dan fasilitas belajar mengajar disini”.

Ditemui terpisah WAKA III Bagian Kemahasiswaan, Ihin Solihin, S.AP,. M.Si mengapresiasi upaya yang telah dilakukan mahasiswa dari BEM STIA Banten. Menurutnya, kegiatan tersebut sejalan dengan cita-cita dan Ruma Kampus STIA Banten.

“Saya menilai, kegiatan ini sangat bagus karena mereka sudah mau berbagi pengalaman-pengalaman positif ke anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Sebagai mahasiswa, Asep dan kawan-kawannya sudah menunjukkan tanggung jawab moralnya untuk membantu dalam berbagi buku dan pengalaman,” kata Ihin.
Kegiatan selama satu hari ini juga dihadiri oleh Sekdes Desa Teluklada, Rt/rw para tokoh Masyarakat dan Masyarakat sekitar lingkungan. (BP4)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here