BERTAHAN DI TENGAH GERUSAN ZAMAN

0
40

PANDEGLANG – Saat ini, sudah tidak asing bagi kita untuk menemui anak-anak yang asyik memainkan perangkat gadget-nya dan lupa pada keadaan sekitarnya. Hal seperti ini tentu bukan indikasi yang baik untuk perkembangan keterampilan social sang anak yang akan menjadi bekal hidupnya kelak. Hal barbalik ketika kita mengingat kembali permainan anak-anak saat kita kecil dahulu, dimana kita memainkan permainan-permainan yang mengolah rasa kebersamaan dengan teman-teman kita.

Begitulah, banyak sekali Kaulinan Urang Pandeglang (Kaulang) seperti bebedilan, balap kuya – kuyaan, balap gangsing, dan balap bakiak yang saat ini hampir terlupakan. Dalam upaya mempertahankan permainan tradisional dari gerusan zaman, Pemkab Pandeglang mengadakan Festival Permainan Tradisional Kaulang (Kaulinan Urang Pandeglang) yang diselenggarakan di Alun-alun Pandeglang (2/4).

“Dengan diadakannya Festival Permainan Tradisional Kaulang, secara tidak langsung kita melestarikan akar budaya untuk dikenalkan kembali pada generasi yang akan datang,”demikian disampaikan Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita saat membuka festival ini.

Bupati Hj. Irna Narulita, atas nama pemerintah daerah menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Direktur Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atas penyelenggaraan Festival Permainan Tradisional Kaulang dalam rangka memperingati hari ulang tahun kabupaten pandeglang ke 143.

“Festival Kaulinan Urang Pandeglang baru pertama kali ini diselenggarakan untuk memberikan makna dan arti penting bagi kelahiran sebuah daerah oleh masyarakat dan rakyatnya,” jelasnya.

Sementara Sri Hartini Direktur Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi menyampaikan, kegiatan ini adalah sebuah upaya yang dilakukan dalam pelestarian budaya tradisional. Dalam kegiatan inipun banyak memberikan pelajaran yang bermakna.

“Dalam sebuah permainan ini, ada kerjasama, kedisiplinan, dan penanaman watak serta karakter,” katanya.

Hadir dalam acara ini Assisten Daerah Pemerintahan Ida Novaida, Assisten Ekbang Girgijantoro, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang Salman Sunardi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here