BPN Gandeng Pemkab Sukseskan Program PTSL

0
35

Pandeglang, Badakpos.com – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) merupakan kegiatan pendaftaran tanah yang dilakukan secara serentak seluruh Indonesia. Untuk Kabupaten Pandeglang melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten pandeglang saat ini mendapatkan jatah sebanyak 40 ribu bidang tanah yang di gratiskan pembuatan sertifikatnya.

Untuk mensukseskan program tersebut, pihak BPN menggandeng pihak Pemkab untuk bekerjasama dalam mensukseskan program tersebut. Hal ini terungkap saat kepala BPN Rusli Jacob bertemu dengan Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita di Pendopo, Rabu (26/7).

Menurut Rusli, dari jumlah 40 ribu di bagi 28 Desa dan 11 Kecamatan. Saat ini yang sudah selesai pembuatan sertifikat kurang lebih 3 ribu orang. Kata dia, sisanya sudah terdata, namun belum menyerahkan Surat Pembayaran Pajak Tanah (SPPT) sehingga belum dapat dibuat sertifikat.

“Untuk lahan yang didata oleh BPN memang sudah ada seluruhnya, namun kepercayaan masyakat masih minim, jadi enggan menyerahkan bukti pembelian tanah, atau SPPT sebagai dasar pembuatan sertifikat,” kata Rusli.

Rusli berharap, dari 11 Kecamatan diantara Kecamatan Cadasari, Patia, Panimbang, pulosari, koroncong, sumur, Pagelaran, Carita, Sumur, Cimanuk, dan Karangtanjung.

“Mudah – mudahan dengan adanya dukungan dari Pemkab melalui sosialisasi, kepercayaan masyarakat meningkat dan jatah pembuatan sertifikat gratis tahun 2017 dapat diselesaikan, karena tahun depan tidak dapat dipergunakan,” harapnya.

Sementara itu Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita mengatakan, pihak Pemerintah Pandeglang siap untuk membantu mensukseskan program tersebut dengan mensosialisasikan kepada para camat dan kepala desa.

“Kami akan undang para camat dan kepala desa, agar memberikan arahan kepada masyarakat bahwa sertifikat ini gratis tanpa pungutan biaya,” katanya.(BP1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here