BRI SIAP DAMPINGI PEMBANGUNAN PANDEGLANG

0
52

JAKARTA – Pengembangan Upsus Jagung, Budidaya Ikan Kerapu, dan Badan Usaha Milik Desa merupakan salah satu upaya untuk mendorong kemajuan perekonomian masyarakat di Pandeglang. Untuk pengembangan BUMDes, Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita mengajak pihak Bank BRI untuk bekerjasama dalam permodalan. Hasil dari pertemuan tersebut, Bank Rakyat Indonesia (BRI) siap memfasilitasi dalam pengembangan Sumberdaya Manusia (SDM) untuk pengelolaan BUMDes di Kabupaten Pandeglang.

Hal itu terungkap saat Bupati Hj. Irna Narulita melakukan pertemuan dengan Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Suprajarto di kantor pusat BRI, Selasa (11/4) di Jl. Sudirman.

Hadir dalam acara ini Direktur Kelembagaan BRI Kuswiyoto, Direktur Mikro Muhamad Irfan, Asda Ekbang Girgijantoro, Kepala Dinas Pemberdayaan Masayarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Taufik Hidayat, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ramadhani, Kepala Diskomsantik Yahya Gunawan Kasbin, Kabag Perekonomian Fuji Widodo, Kabag Pemerintahan Doni Hermawan.

Menurut Direktur Utama (Dirut) Bank Rakyat Indonesia (BRI) pusat Suprajarto, pihaknya siap membantu pengembangan ekonomi Pemerintah Dearah Pandeglang. Hal itu dapat diwujudkan dengan bantuan permodalan untuk pengembangan Upsus jagung, Bidaya Ikan Kerapu, dan pengembangan BUMDes.

“Nanti kita bantu dengan perkreditan bagi para petani, karena BRI sendiri sudah mempunyai program untuk kartu tani yang terintegrasi dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR),” ungkapnya.

Menurutnya, KUR ini bisa dipergunakan untuk permodalan bagi para petani dalam permodalan dibidang pertanian, permodalan budidaya ikan kerapu dan lain sebagainya. yang terpenting kejelasan dari off taker (Penampung hasil panen) nya.

Terkait BUMDes, kata Suprajarto, BANK BRI juga siap memberikan pelatihan untuk para pengelola BUMDes yang ada di Kabupaten Pandeglang.

“Kami akan adakan pelatihan untuk para pengelolaan BUMDes yang ada di Pandeglang. dan itu kami berikan secara gratis. Dan kita juga akan adakan study banding ke daerah yang sudah berjalan dalam pengelolaan BUMDesnya,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita menyampaikan, Kabupaten Pandeglang tidak dapat bekerja sendiri, salah satunya harus ada pendampingan dari pihak perbankan.

“Dengan adanya sinergitas dengan pihak BRI, akan dapat membantu pemerintah untuk lebih mensejahterakan rakyat masyarakat salah satunnya dalam bantuan permodalan,” katanya.

Menurut Bupati Hj. Irna Narulita, dari 326 desa dan 14 kelurahan yang ada di Pandeglang, baru ada 47 BUMDes yang sudah terbentuk.

“ Mudah–mudahan tahun ini sisanya dapat segera terbentuk. Dengan adanya dukungan dari BRI, kami yakin BUMDes yang ada di Kbaupaten Pandeglang akan maju,” jelasnya. (BP-1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here