Budaya Membaca Minim, Apa Kata Cleo Pemuda Cidangiang

0
34

Pandeglang, Badakpos.com – Cleo Lumanto sorang pemuda warga Kampung Cidanggiang, sangat prihatin melihat anak – anak saat ini. Kata Cleo, seiring berkembangnya zaman, dan kemajuan sudah tidak terbendung salah satunya di dunia teknologi, menjadikan anak- anak mulai banyak menghabiskan waktunya dengan gudget. Oleh sebab itu, harus segera membangunkan kembali budaya baca di masyarakat yang saat ini hampir menurun.

“Hal inilah yang membuat saya berinisiatif membuat sebuah kelompok Taman Baca Masyarakat (TBM) di Kampung Cidangiang, Rt 03 RW 02, Kelurahan Saruni, Kecamatan Majasari. Taman baca ini kami namakan ruang baca saujana,” kata Cleo Lumanto saat dikonfirmasi, Jum’at (19/5)

Menurutnya, dengan hadirnya TBM di Kampung Cidangiang, mendapatkan respon yang positif dari masyarakat. Lantaran kata Cleo, selain mendapatkan pelajaran formal di sekolah, anak – anak juga mendapatkan pelajaran non formal.

“Disini, anak-anak, tidak hanya dapat membaca saja, namun ada pembelajaran yang diberikan secara sukarela oleh para guru pengajar diantaranya Bahasa Inggris, Mendongeng, Matematik, dan Komputer,” katanya.

Kendala yang dihadapi, kata Cleo, yaitu TBM Saujana masih minim ketersediaan buku bacaan, sarana prasarana penunjang belajar, dan tenaga pengajar.
“Sejauh ini buku-buku yang ada disini hanya mengandalkan dari donasi rekan – rekan anggota kami. Untuk pengajar kami baru ada empat guru relawan,” ungkapnya.

Untuk dukungan dari Pemerintah Daerah setempat, kata Cleo, memang pihaknya sudah membuat surat pengajuan bantuan buku ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud), dan Dinas Perpusda.

“Kami harap, pihak pemerintah khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Perpusda dapat segera mengakomodir pengajuan yang sudah kami buat,” harapnya.

Dihubungi terpisah, Salman Sunardi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) mengatakan, kalau pihaknya sudang mendelegasikan kepada bidang Pendidikan Usia Dini (Paud) untuk segera mengakomodir ajuan tersebut.
“Insya Allah dengan segera akan kami tindak lanjuti ajuan tersebut,” kata Salman, saat dihubungi melalui telpon seluler.(BP3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here