Budaya Minat Baca Di Masyarakat, Harus Terus Di gelorakan

Pandeglang, badakpos.com  – Untuk menciptakan generasi hebat harus didukung dengan pendidikan yang memadai dan tingginya minat baca baik di sekolah maupun dimasyarakat. Oleh sebab itu Bupati Irna Narulita, mengajak kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terus menggelorakan minat baca masyarakat dengan program berkelanjutan baik di di Perpustakaan dan Dinas Pendidikan. “Memang saat ini kunjungan masyarakat ke perpustakaan masih minim. Namun dengan adanya program kegiatan hari kunjungan perpustakaan yang diisi dengan berbagai kegiatan, dapat menumbuhkan minat baca baik bagi siswa maupun masyarakat lainnya,” kata Bupati Irna Narulita saat membuka kegiatan hari kunjungan perpustakaan tahun 2017 di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, Senin (25/9).

Menurut Irna, untuk mendorong minat baca, pihak Dinas juga harus membuat jejaring sosial atau Website yang menyediakan ketersediaan buku bacaan. Sehingga kata dia (Irna Narulita-red), sebelum mereka datang sudah mengetahui ketersediaan buku diperpustakaan untuk dijadikan referensi. “Mungkin saat ini ketersediaan buku maupun kendaraan untuk perpustakaan keliling terbatas, tapi mudahan secara bertahap kedepan akan terus diupayakan untuk pemenuhan buku bacaan dan sarana penunjang lainnya, yang dapat menumbuhkan minat baca masyarakat,” ungkapnya

Irna menambahkan, untuk kenyamanan pembaca, pihak Pemerintah Daerah tahun 2018 akan coba memperluas atau membangun gedung perpustakaan yang representative. “Ini salah satu upaya kami untuk menumbuhkan minat baca di masyarakat, karena di perpustakaan inilah yang dapat memberikan wawasan kepada anak – anak untuk membuka jendela dunia. Dan OPD lainnya seperti Dindik harus berperan serta juga menggelorakan minat baca dengan menyediakan buku – buku bacaan di perpustakaan sekolah,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Agus Sumardani mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Kunjung Perpustakaan yang rutin diperingati setiap bulan September. Hal ini kata dia (agus Sumardani-red), dalam upaya menumbuhkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal dalam rangka membangun karakter, kecerdasan, inovasi serta kompetitif bangsa. “Dalam peringatan kali ini diadakan berbagai lomba mewarnai dan menggambar untuk TK dan SD. Lomba Stand Up Commedy untuk SLTA. Lomba pidato Bahasa Inggris untuk SLTP. Dan lomba dongeng Bahasa Sunda untuk SLTP,” terangnya.

Terkait Mobil Perpustakaan Keliling, Agus menambahkan, jika saat ini kendaraan yang dimilki ada dua unit. “Alhamdulillah ini ada bantuan kendaraan operasional CSR dari Angkasapura II untuk perpustakaan keliling satu unit, jadi semuanya ada tiga buah yang kita miliki,” tambahnya (Bp3)

Please follow and like us:
0

3 thoughts on “Budaya Minat Baca Di Masyarakat, Harus Terus Di gelorakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *