Bumdes Harus Dapat Optimalkan Potensi Di Desa

0
60

Pandeglang- Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Bumdes saat ini sudah melakukan kerjasama dengan pihak Himpunan Bank Negara (Himbara) yang memiliki produk laku pandai salah satunya BRILINK. Selain mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, dengan BRILINK dapat mengoptimalkan peluang bisnis yang ada di desa. “Untuk menghasilkan pendapatan tentu harus ada mitra yang dapat memudahkan dan memberikan kelancaran. Disini BRILink sudah hadir jadi harus dimanfaatkan dengan baik oleh pihak Bumdes diantaranya transaksi perbankan di desa” . Dikatakan Bupati Irna Narulita pada acara optimalisasi layanan agen BRI Link Bumdes untuk meningkatkan produktivitas agen, Kamis (19/10) di Pendopo Pandeglang.

 

Menurutnya, saat ini perbankan belum dapat menjangkau semua wilayah Desa. Oleh sebab itu kata Bupati Irna, dengan adanya Bumdes transaksi Bank dapat dilakukan melalui BRI Link diseluruh desa. “Kebutuhan tranksaksi bulanan yang rutin dapat dilakukan di Bumdes, seperti pembayaran tagihan listrik, Pulsa Elktronik, Transfer uang, agen pupuk,beras, lpg, dan lain sebagainya,” ungkapnya.

 

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Pimpinan BRI Cabang Pandeglang Lili Tarli mengatakan, kurang lebih 11 kecamatan 113 desa yang hadir dalam acara ini. Kata dia, pihaknya tidak ada hentinya memberikan masukan dan arahan kepada pengurus Bumdes yang telah terintegrasi dengan BRI. “Bumdes tidak hanya mencari keutungan tapi juga memiliki fungsi sosial yaitu mendekatkan pelayanan perbankan kepada masyarakat, mengingat wilayah Pandeglang yang luas dan masih jauh dari jangkauan BRI”. katanya.

 

Kata Lili, saat ini layan BRI baru ada 12 unit, tentu adanya Bumdes ini sangat efektif untuk memudahkan warga pelayanan perbankan. Dan hadirnya BRILINK ini harus memberikan keuntungan bagi desa. “Ini kesempatan bagus, karena diluar bumdes saat menjadi agen, tentu ada dana yang di holding sebesar 3 juta. Nanti jika sudah tidak jadi agen dikembalikan lagi, sedangkan untuk Bumdes tidak dikenakan biaya karena sudah ada kerjasama”. tambahnya

 

Hadir dalam acara ini Kabag Mikro Amkm BRI-Life Asep Sumantri, Staf Kanwil Jakrta-3 Yoshira, Kepala DPMPD Pandeglang Taufik Hidayat, Ditektur Mitra Bundes Kabupten Pandeglang Sri Budoyo (Bp3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here