Bupati Hj. Irna Narulita: UNBK Dapat Mendidik Kemandirian, dan Peningkatan Kualitas Diri Siswa

0
37

PANDEGLANG – Tak kurang dari dua puluh tiga (23) Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pandeglang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dengan adanya pelaksanaan UNBK akan memberikan dampak yang sangat positif diantaranya mendidik kemandiarian siswa, dan mendorong siswa untuk meningkatkan kualitas diri siswa agar lebih baik.

“Secara otomatis para siswa tidak akan mencontek, karena soal di UNBK diacak, tidak sama antara yang satu dengan lainnya,” demikian disampaikan Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, saat memantau UNBK di dua lokasi yakni di Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Pandeglang, dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2 Pandeglang, Senin (8/5).

Menurutnya, memang saat ini belum seluruh SMP di Pandeglang melakukan ujian berbasis Komputer, lantaran fasilitas yang ada di sekolahnya belum memadai.

“Kita akan coba koordinasikan baik dengan Provinsi maupun dengan Pemerintah Pusat (Kemendikbud) terkait pengadaan sarana dan prasarana komputerisasi. Karena UNBK ini merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” katanya.

Untuk mengantisipasi lampu padam, yang akan menghambat jalannya UNBK, Bupati Pandeglang berharap, pihak sekolah melakukan koordinasi dengan PT. PLN setempat, agar saat UNBK berjalan tidak terjadi pemadaman sementara.

“Alhamdulillah selama UNBK berjalan dari hari pertama sampai hari terakhir tidak ada kendala baik lampu padam, atau tingkat kehadiran peserta UNBK,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang (Dindikbud) mengatakan, jumlah SMP yang saat ini melaksanakan Ujian Nasional sebanyak 136 sekolah. Dari jumlah tersebut, 23 sekolah menggunakan UNBK dan 113 sekolah Ujian Nasional Kertas dan Pinsil (UNKP).

“Memang sebelumnya kami sudah melakukan pertemuan dengan pihak sekolah terkat kesanggupannya. Karena keterbatasan dari fasilitas, dan jauh dari sekolah yang mempunyai fasilitas Komputer jadi hanya 23 sekolah yang siap,” katanya.

Salman menjelaskan, ada delapan (8) SMA, dan sebelas (11) SMP yang digunakan untuk UNBK SMP diantaranya SMA 1 Pandeglang, SMK 2 Pandeglang, SMK 1 Pandeglang, dan SMA 8 Pandeglang.

“Jumlah peserta UNBK sebanyak 11.778, dan 11.526 peserta UNKP,”jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here