Bupati Hj. Irna : Pedagang Tidak Boleh Sembarangan Menaikan Harga

0
63

Pandeglang, Badakpos.com – Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, bersama Forkopimda dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, melakukan sidak di Pasar Pandeglang, karena telah terjadi kenaikan harga pada beberapa item Sembilan Bahan Poko (sembako). Kata Bupati Hj. Irna, kenaikan tersebut jelas membuat resah rakyat masyarakat, oleh sebab itu para pedagang tidak boleh sembarangan menaikan harga di pasaran.

“Memang kenaikan harga setelah kami pantau masih relative stabil. Tapi bukan berarti kenaikan harga dapat seenaknya oleh pedagang. Para pedagang harus dapat mengikuti harga – harga yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” kata Bupati Hj. Irna Narulita, saat melakukan sidak di Pasar Pandeglang, Kamis (18/5).

Menurutnya, sepuluh hari jelang Bulan Ramadhan, pemerintah akan memantau terus perkembangan harga dipasaran khususnya Sembilan bahan poko (sembako).

“Kami tidak ingin ada aduan dari masyarakat bahwa ada yang mengendalikan harga di pasaran, yang akhirnya menimbulkan harga yang tidak sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” unkapnya.

Bupati menuturkan, Yang masih tinggi memang harga pada bawang putih. Karena di jakartapun kata Bupati Hj. Irna, diindikasikan masih ada oknum yang bermain terkait peninbunan bawang putih. Padahal harga bawang putih itu tidak boleh diatas harga Rp. 37 ribu sampai Rp 40 ribu, di Pasar Pandeglang malah hamper mencapai Rp.50 ribu.

“Jika memang terjadi kekosongan pada salah satu stok pangan atau bahan poko, atau ada beberapa item yang harganya tinggi, itu akan menjadi fokus pantauan pemerintah. Kita akan pantau rantai pasoknya gimana prosesnya, dan kami akan konsultasi dengan Provinsi maupun pusat, mudah – mudahan harga pasar dapat terkendali,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Energi Sumberdaya Mineral (ESDM) Tatang Efendi menyampaikan, adapun beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan diantaranya harga daging kerbau dari Rp. 140.000,-/kg jadi Rp. 142.500,-/kg, Daging Ayam Boiler dari Rp.29.333,-/kg jadi Rp.31.300,-/kg, Telur Ayam Boiler dari Rp.22.000,-/kg jadi Rp.23.500,-kg, dan Bawang Putih Rp.47.000,-kg jadi Rp.49.000,-/kg.

“Mudah – mudahan dengan adanya sidak ini, harga – harga tidak akan melonjak lagi,” katanya.
Hadir dalam acara ini, Komandan Kodim 0601 Letkol Inf. Gania Hardi, Wakapolres Pandeglang Kompol Nur Rahman, para Assisten Daerah, dan para OPD terkait lainnya. (BP3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here