Bupati Irna : Dengan Siskudes, Tata Kelola Keuangan Desa Semakin Transparant Dan Akuntabel

Pandeglang, badakpos.com – Dana Desa merupakan anggaran yang tidak sedikit, bahkan setiap tahun terus bertambah. Melihat hal tersebut, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengharapkan pengelolaan DD semakin transparant dan akuntabel. “Workshop Sistem Keuangan Desa (Siskudes) ini semoga dapat memberikan pencerahan bagi para Kepala Desa beserta perangkatnya untuk mengelola dana desa,” demikian dikatakan Bupati Irna saat pembukaan workshop Hasil Evaluasi Implementasi Siskudes Dalam Tatakelola Keuangan Desa yang dilaksanakan oleh BPKP Provinsi Banten, Kamis (21/11) di Pendopo Pandeglang.

Dikatakan Irna, transparansi dan akuntabel sangat penting dilakukan dalam pengelolaan dana desa. Dengan begitu, kata Irna, masyarakat akan dapat mengontrol dalam pengelolaan dana desa. “Outcome nya harus jelas, sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” imbuhnya.

Kepala BPK Perwakilan Banten Agus Khotib mengungkapkan, dirinya mengapresiasi seluruh desa di Pandeglang sudah menerapkan Sistem Keuangan Desa (Siskudes). ” 326 Desa sudah mengimplementasikannya, artinya bapak dan ibu sudah ikut melaksanakan sistem akuntabilitas,”katanya.

Ia juga mengatakan, dengan menggunalan Siskudes, tidak lain untuk mempemudah dalam pengelolaan dana desa baik dalam pengelolaan, pelaporan dan pertanggungjawaban. “Silahkan uang keluarkan sesuau pos nya tapi dapat dipertanggungjawabkan. Intinya walaupun uang 1 rupiah harus dapat dipertanggung jawabkan,” pungkasnya.(Bp-3)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *