Bupati Irna Narulita : Budaya Sehat Dimulai Dari Diri Sendiri

0
4

Pandeglang, Badakpos.com – Sehat merupakan hal penting yang sangat diidamkan oleh setiap orang. Namun pada penerapannya untuk membudayakan hidup sehat cukup berat tantangannya, padahal budaya sehat itu dimulai dari diri sendiri. “Untuk membiasakan hidup sehat itu sebenarnya mudah, bahkan dilakukan sehari – hari oleh kita, diantaranya dapat memilih makanan sehat dan tidak mengandung pengawet. Karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, jadi kesehatan harus dijaga,” dikatakan Bupati Pandeglang Irna Narulita, pada acara mobilisasi kader muslimat Nahdatul Ulama (NU), dalam pergerakan santri dan majlis taklim dalam rangkaian Gerakan Sehat Masyarakat (Germas), Senin (13/11) di Aula Majelis Ulama Indonesia.

Lanjut Irna Narulita, dalam menjaga kesehatan tentunya dapat dilakukan pengecekan secara berkala. Karena sehat itu merupakan modal untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). “Jika diawali dengan baik menggunakan makanan bergizi agar membiasakan hidup sehat. Bergizi itu tidak harus mahal, bahkan pangan lokal lebih bergizi dibanding makanan yang instan,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan dari Kementerian Kesehatan Ismoyo Wati mengatakan, yang termasuk kedalam kategori sehat tentu tidak hanya fisik, melainkan mental juga harus sehat. “Karena ini semua akan mempengaruhi kualitas hidup manusia dan tingkat upaya manusia untuk mengupayakan hidup lebih sejahtera. Karena sehat yang paling utama,” ungkap Ismoyo

Kata dia, Provinsi Banten memang menjadi lokus pembangunan kesehatan, khusus nya pandeglang. Tahun 2010 penyakit menular relatf tinggi, tapi pada tahun 2010 ke atas justru trennya kalah oleh penyakit tidak menular. “Ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya masyarakat kurang aktivitas fisik, kurang sayur dan buah – buahan, serta tidak cek kesehatan secara berkala enam bulan sekali,”jelasnya

Terpisah, Kadinkes Pandeglang Didi Mulyadi mengatakan, untuk pengawasan makanan, pihaknya bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan(BPOM) serang dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. “Hal ini dilakukan untuk mengontrol makanan yang mengandung bahan berbahaya yang beredar di pasaran. Selain itu kita juga terus mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pola makanan yang sehat dan bergizi,”kata Didi (BP3)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here