Bupati Lakukan Monev Dana Desa Tahap I

0
34

Pandeglang, Badakpos.com – Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita lakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) pengelolaan Dana Desa tahap satu di Kecamatan Banjar, Kamis (10/8).

Adapun lokasi yang dikunjungi yaitu Desa Kadulimus Kube Sakinah Anyaman Pandan, Paving Block Kampung Salinggara, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)  Desa Bandung. BUMdes, Budidaya Jamur Desa Cibeurum, Desa Mogana, Desa Kadubale, dan pembangunan Embung Desa Pasir Awi, dan Pembibitan Ayam Desa Pasir Awi.

Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita mengatakan, pembangunan di desa dari Dana Desa (DD) dapat berjalan dengan baik. Karena kata Bupati Irna Narulita, nawacita Presiden Republik Indonesia yaitu ingin membangun indonesia dari pinggiran salah satunya desa.

“Kita harus bersyukur, jika kerja masif dan terstruktur, pasti terentaskan kemiskinan di Pandeglang,” kata Bupati pada acara Monev dana desa tahap 1, Kamis (10/8).

Bupati Irna menambahkan, kwalitas pembangunan infrastruktur desa diharapkan dapat menjadi penyambung antar desa dan kesejahteraan masyarakat.

“Walaupun penyerapan dana desa baru setengahnya, minimal pembangunannya dapat segera dirasakan oleh masyarakat. Dan ini baru pencairan tahap pertama, yang terpenting uang nya masih ada di kas daerah, dan pembangunan selesai sesuai waktu yang ditetapkan,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Banjar Tita Yunengsing mengatakan, pagu anggaran dana desa untuk Kecamatan Banjar tahun 2017 kurang lebih mencapai 13.649 milyar. Dari jumlah tersebut kata Tita, untuk penyelenggaraan pemerintahan desa kurang lebih Rp. 3,448 milyar, Bidang Pelaksanaan Pembangunan Rp.7,618 milyar, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Rp.277,3 juta, Bidang Pemberdayaan Masyarakat Rp.1,774 Milyar, Bidang Pembiayaan dan Penyertaan Modal Desa Rp.531,4 juta.

“Dari pagu yang ditetapkan sudah teralisasi Rp.6,308 Milyar atau 53% dari jumlah pagu anggaran. Sisanya untuk tahap dua Rp.7,340 milyar,” kata Tita, saat paparan dana desa di kecamatan.

Hadir dalam acara ini Assisten Pemerintahan Ida Novaida, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemrintahan Desa (DPMPD) Taufik Hidayat, Kepala Bappeda Kurnia Satriawan, Kadis Pertanian Wowon Dirman, Kepala Badan Ketahanan Pangan Tati Swagiharti, Kabag Humas Mustandri, Kabag Pemerintahan Doni Hermawan.(BP3)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here