BUPATI PANDEGLANG : DATABASE KEPENDUDUKAN DIPANDANG DAPAT MEMPERCEPAT PELAYANAN DAN PENIGKATAN IPM

0
54

PANDEGLANG – Untuk mengetahui jumlah penduduk baik dari tingkat Kesehatan, Pendidikan, dan Keluarga Berencana, Kabupaten Pandeglang dipandang perlu memiliki Database kependudukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Dengan database tersebut kita dapat mengetahui jumlah akseptor, jumlah warga putus sekolah, dan masyarakat yang memiliki penyakit akut. Dengan begitu permasalahan yang terjadi dapat segera tertangani,” demikian disampaikan Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita saat membuka acara Rakor Keluarga Berencana (KB) di Hotel Rizki, Jum’at ( 28/4).

Bupati menyampaikan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Pandeglang masih rendah. Untuk meningkatkan IPM tersebut diantaranya peningkatan mutu kesehatan dan pendidikan di masyarakat.

“Saya harap tiga Unit Pelaksana Tugas (UPT), baik Keluarga Berencana, Puskesmas, dan Pendidikan harus bergerak masif (bersama) untuk meningkatkan drajat kesehatan dan pedidikan di masyarakat. Saya tidak ingin ada masyarakat yang sakit akut dan putus sekolah tidak terdata oleh upt setempat,” jelasnya.

Bupati juga berharap, Rapat Koordinasi Keluarga Berencana (Rakor KB) ini jangan hanya sebatas menggugurkan kewajiban semata yang tidak ada output nya.

“Kegiatan ini harus ada outcome nya. Silahkan rumuskan dalam rakor ini, gagasan dan pemikiran seperti apa untuk menyelesaikan beberapa masalah kependudukan yang saat ini tengah terjadi,” harapnya.

Sementara itu Deden Kuswan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Kb & Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak (P2KBP3A) mengatakan, dalam rangka melaksanakan program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh PAKBP3A Kabupaten Pandeglang tahun 2017, agar dapat berjalan dengan lancar perlu adanya dukungan dari semua unsur melalui komitmen yang ditetapkan dalam forum rakor program Keluarga Berencana.

“Adapun peserta yang diundang dalam acara ini adalah seluruh Camat, Kepala UPT Puskesmas se Kabupaten Pandeglang, Kepala UPT DP2KBP3, dan Organisasi Perangkat Daerah terkait,” katanya.

Hadir dalam acara ini Pj Sekda Pandeglang Fery Hasanudin, Asda Ekbang Girgijantoro, dan Kepala Dinas Kesehatan Indah Dinarsiani. (BP-1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here