Cetak Kerupuk Dengan Mesin Semi Moderen

0
1

Pandeglang, Badakpos.com – Masih banyak industri rumahan usaha kerupuk yang pengerjaan dari mulai membuat adonan dan penyetakan masih manual, tetapi untuk saat ini ada salah satu pengrajin kerupuk di kecamatan Pagelaran kabupaten Pandeglang sudah menggunakan mesin semi moderen, berdasarkan pantauan Badakpos.com pada minggu (22/12/2019).

Saepuloh pengrajin kerupuk saat ditemui di lokasi mengatakan, bahwa ia merintis usaha industri kecil rumahan ini sudah dari dulu, “awalnya saat pengolahan dari mulai bikin adonan kerupuk hingga proses mencetak selalu manual semua. Dan hasil yang didapat sedikit tetapi waktu yang digunakan lama, bahkan dalam sehari hanya bisa mencetak kerupuk mentah saja(babangik biasa mereka menyebut),” terang Saepuloh.

Masih dikatakan Saepuloh, “tetapi baru seminggu ini sudah menggunakan mesin semi moderen dari mulai cetak kerupuk, bikin adonan hingga pengeringan (oven) dan sebelumnya hanya bisa menghabiskan 150 kilogram aci kini bisa mencapai 300 kilogram, juga selain dapat memproduksi bahan baku juga menggoreng kerupuk dalam sehari,” pungkasnya.

Sementara Lili salah satu pekerja di pabrik tersebut menuturkan, “dengan menggunakan peralatan mesin semi moderen, tidak memerlukan banyak tenaga manusia, sehingga yang awalnya jadi buruh (kuli) memproduksi kerupuk kini bisa beralih profesi jadi pedagang kerupuk keliling,” terangnya singkat. (BP11)

Komentar dibawah ini