Dalam Kontes Durian Produktifitas Pohon Harus Diperhatikan

0
38

Pandeglang, Badakpos.com – Beberapa hari lalu Kabupaten Pandeglang telah mengadakan kontes durian dan telah ada pemenang nya yakni Si Honje dari Kecamatan Majasari. Kedepan menurut DR. Reza Tirta Winata salah satu ketua tim juri mengungkapkan, jika penilain untuk kontes durian kedepan harus juga dinilai pohon induknya, hal ini untuk memastikan produktifitas dari pohon itu sendiri. “Sejauh ini penilaian kriterianya baru dari Rasa Manis, gurih dan aga pait dikit itu sudah memiliki nilai tambah,” Kata Reza, (6/2/2018).

 

Selain itu kata Reza, penampilan, ketebakan daging, dan aroma yang has sangat menentukan dari penilaian dalam kontes durian. “Jika ga ada aromanya sama ajah makan singkong. Dan yang paling bagus itu daging nya tebal, tapi bijinya kecil,” ucap Reza sembari tersenyum.

 

Reza berharap, kedepan penilaian durian harus dilakukan penilaian produktifitas pohon nya. Kata dia, jangan sampai durian ini hanya dapat dinikmati oleh segelintir orang saja tapi tidak dapat dikembang biakan. “Tujuan kontes ini adalah untuk pengembangan durian asli yang akan di budidayakan, jangan sampai durian yang menjadi juara tidak produktif pohonnya,” tandasnya.(Bp3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here