Dalam Rangka Peningkatan Populasi Ternak, Distan Adakan Kontes Ternak Kerbau

0
8

Pandeglang, Badakpos.com – Saat ini populasi Kerbau di Kabupaten Pandeglang dapat dikatakan cukup tinggi di Provinsi Banten hingga mencapai 25.106 ekor kerbau. Namun populasi tersebut harus terus ditingkatkan dengan Iseminasi Buatan (IB), jika pandeglang ingin menjadi sentra kerbau dan sapi potong.

“Tahun ini hanya kerbau yang kita konteskan untuk mendapatkan bibit unggul dari indukan kerbau, dalam upaya khusus peningkatan populasi ternak kerbau di Kabupaten Pandeglang,” hal ini dikatakan Wahyu Idayanti Kasi Pembibitan dan Produksi Peternakan pada Dinas Pertanian, Kamis (24/8) dilokasi perlombaan Puskeswan Kecamatan Cibaliung.
Wahyu Idayanti menambahkan, yang mendaftar dari tiga puluh lima (35) kecamatan, ada 11 kecamatan yang dapat mengikuti kontes kebau indukan dan pejantan. Untuk kriteria yang dilombakan diantaranya pejantan unggul, indukan produktif, dan indukan yang baik. “Satu minggu sebelumnya kita sudah melakukan penilaian dengan membentuk tim penilai sesuai dengan kriteria yang tentukan baik kualitatif dan kuantitatif,” ungkapnya.
Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, bukan tidak mungkin Kabupaten Pandeglang menjadi daerah yang merupakan sentra kerbau dan sapi potong. Hal itu dapat dilihat dari hamparan luas yang ada di pandeglang. “ Saya sangat mensuport bidang peternakan. Dengan pendampingan Tenaga Harian Lepas (THL) dan penyuluh dapat merawat ternak dengan baik dan hasil ternak yang unggul,” pungkasnya. (Bp3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here