DD Tahun 2019 Fokus Pada Pemberdayaan Masyarakat dan Ekonomi Desa

Jakarta, Badakpos.com – Pelaksanaan Dana Desa dari mulai tahun 2015 hingga saat ini terus mengalami peningkatan. Sejalan dengan anggaran yang dikucurkan tentu akan berbanding lurus dengan hasil pembangunan. Hal inindikatakan┬áMenteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (PDTT) Eko Putro Sandjodjo pada pembukaan Rakor Nasional dan Evaluasi Program Pembangunam dan Pembetdayaan Masyarakat Desa di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (14/11).

 

“Selama empat tahun ini dari anggaran dana desa se Indonesia sudah terbangun 158.619 Km jalan desa, 1.028.225 M jembatan, 178.034 MCK, 39.351 unit Irigasi, 11.339 sarana olah raga, 24.005.604 meter irigasi, 48.694 unit PAUD, dan 18.477 unit posyandu,” jelasnya

 

Menurut Eko Putro Sandjojo, karena beberapa infrastruktur sudah mengalami peningkatan, tahun mendatang pembangunan Dana Desa akan lebih fokus pada pemberdayaan masyarakat dan ekonomi pedesaan, “Dengan banyak terbangunnya infrastruktur, tahun depan lebih ke pemberdayaan masyarakat dan pembangunan ekonomi desa,” tutur Eko.

Acara dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, pada kesempatan itu ia menyampaikan, pembagunan empat layer haya ada di indonesia,” Dikita pembangunan dilakukan empat tahap mulai dari Pembangunan oleh pusat, Provinsi, Kabupaten dan Desa, berarti semua masyarakat merasakan pembangunan itu,” kata orang nomor dua di Indonesia saat pembukaan acara.

Lanjut Jusuf Kalla, pada Rakornas ini harus menghasilkan suatu gagasan yang dihasilkan untuk dilaksanakan dalam pembangunan ditahun mendatang, “Harus ada sinkronisasi mulai dari pusat hingga daerah, dan dana transfer ke daerah harus lebih besar,” tutupnya.

Hadir dalam acara ini Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Sekjen Menteri Dalam Negeri Hadi Prabowo, Gubernur Se Indonesia, Bupati dan Wali Kota se Indonesia. (Bp3)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *