DEBUS, SENI ASLI TATAR BANTEN

0
71

Banten, bagi sebagian besar masyarakat kita tidak dapat dilepaskan dari kesenian DEBUS, sebuah kesenian yang bernuansa magis.  Atraksi Debus Permainan debus merupakan bentuk kesenian yang dikombinasikan dengan seni tari, seni suara dan seni kebatinan yang bernuansa mistis. Kesenian debus biasanya dipertunjukkan sebagai pelengkap upacara adat, atau untuk hiburan masyarakat.  Kesenian ini berawal pada abad ke-16, pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin (1532-1570). Pada zaman Sultan Ageng Tirtayasa (1651—1692) Debus menjadi sebuah alat untuk memompa semangat juang rakyat banten melawan penjajah Belanda pada masa itu. Kesenian Debus saat ini merupakan kombinasi antara seni tari dan suara.

Pertunjukan dimulai dengan pembukaan, yaitu pembacaan sholawat dan dzikir yang diiringi musik dari alat musik tabuh lalu  dilanjutkan dengan beluk, yaitu lantunan nyanyian dzikir dengan suara keras, melengking, bersahut-sahutan dengan iringan tetabuhan. Uniknya, bersamaan dengan beluk  atraksi kekebalan tubuh didemonstrasikan sesuai dengan keinginan pemainnya, seperti menusuk perut dengan gada (semacam senjata); makan api; memasukkan jarum ke dalam lidah, kulit pipi dan anggota tubuh lainnya sampai tembus; menyiram tubuh dengan air keras sampai pakaian yang dikenakan hancur; dan masih banyak lagi. Hebatnya, semua ini dilakukan tanpa menyebabkan luka sedikitpun pada tubuh pemain yang melakukan atraksi debus ini.

Pada awalnya, kesenian debus banyak dimainkan oleh masyarakat Banten selepas mereka menunaikan ibadah Shalat magrib, namun sekarang kesenian Debus kerap ditampilkan pada berbagai acara dan kegiatan sebagai penarik animo  masyarakat terhadap acara dan kegiatan tersebut.  Umumnya, kesenian Debus akan ditampilkan pada event-event besar di wilayah Banten.

Karena keunikan dan daya tariknya yang luar biasa, Debus dapat dijadikan  salah satu kesenian khas Banten yang memiliki selling point tinggi bagi dunia pariwisata Banten. (DS-dari berbagai sumber).  Sumber foto : www.indoindians.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here