Dengan Imas STBM Pemdes Jayamekar Berharap Tak Ada Lagi Warga BAB Sembarangan

0
349

Pandeglang, Badakpos.com –  Melalui kegiatan yang dilaksanakan Puskesmas Jiput tentang identifikasi masalah sanitasi total berbasis masyarakat (Imas STBM) pihak pemerintah desa Jayamekar kecamatan berharap tak ada lagi warga yang BAB Sembarangan, hal tersebut disampaikan kepala desa Jayamekar Oji Madroji, Sabtu (28/11).

 

Dengan slogan “menuju desa bebas BAB sembarangan ” kata Oji, program yang bertujuan melakukan pendekatan untuk merubah perilaku higiene kepada masyarakat diharapkan dapat berhasil.

“Dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan, dengan STBM juga bisa menurunkan kejadian diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya. Yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku”, kata Oji.

“Pemahaman terkait biasakan hidup bersih dan sehat, juga meng instruksi ke warga jangan ada lagi Dolbon maupun Doli,” ucap Kades.

Masih dikatakan Kades, bahwa di desa Jayamekar baru ada sekitar 60 persen rumah yang punya tempat cuci, mandi dan kakus atau MCK.

“Dilanjutkan Kades, bahwa tahun depan akan di tekankan ke masyarakat, jangan ada lagi Dolbon,” tegasnya.

“Setiap ada bangunan rumah baru harus lengkap dengan ruangan MCK, ini semua demi untuk menjaga kesehatan masyarakat,” pungkas Kades. (BP11).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here