DESA GUNUNG BATU MUNJUL LAKSANAKAN KEGIATAN TANAM JAGUNG

0
93

PANDEGLANG – Kabupaten Pandeglang memiliki program tanam jagung dengan target mencapai 100 ribu hektar lahan jagung. Untuk mensukseskan gerakan tersebut kelompok tani Desa Gunung Batu Kecamatan Pandeglang hari ini Selasa (11/4) melaksanakan gerakan tanam jagung di lokasi Sampang Jaha blok Cukang Kacang Ds. Gunung Batu. Hadir dalam kegiatan ini Camat Munjul, Danramil , KTNA Kecamatan Munjul , dan didampingi oleh Kades Gunung Batu. Selain itu, mahasiswa Fakultas Pertanian UNTIRTA Serang yang sedang melaksanakan praktek kuliah lapangan, ikut membantu pelaksanaan kegiatan.

Encep Bachtiar, aktivis pertanian sekaligus Ketua Karang Taruna Kecamatan Munjul mengatakan bahwa masyarakat sangat mendukung program tanam jagung ini.

“Pandeglang sangat potensi untuk pengembangan swasembada pangan… juga Kecamatan Munjul khususnya Desa Gunung Batu sangat menunjang. Hal ini karena kami memiliki hamparan lahan darat yang lumayan luas dan butuh pemanfaatan,” ujar Encep kepada badakpos.

Bibit yang dipakai pada kegiatan ini diperoleh dari bantuan Pemkab Pandeglang. Selain itu, Pemkab Pandeglang juga membantu penyediaan pupuk untuk tanaman jagung. Namun menurut Encep yang juga menjabat ketua gapoktan desa Gunung Batu, bantuan pupuk masih kurang.

“Untuk pupuk wacananya akan dibantu per hektar 50 kg NPK dan itu belum kami terima. Kalau dilihat dari kebutuhan jumlah itu tidaklah cukup. Perlu adanya pupuk tambahan lain dan kalau mau maksimal maka harus dibantu pula untuk biaya pengolahan lahan. Tapi itu hanya harapan kami agar lebih menunjang dan hasilnya maksimal sesuai harapan kita semua,” ungkapnya.

Gapoktan desa Gunung Batu memiliki target membuka lahan jagung seluas 150 hektar. Untuk kegiatan tahap awal ini lahan yang akan ditanami jagung baru berkisar 25 hektar dan secara bertahap akan terus diperluas.  Mengakhiri percakapan, Encep mengimbau kepada seluruh masyarakat Kecamatan Munjul, khususnya para pemuda untuk ikut serta mensukseskan program ini. (Foto : Encep Bachtiar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here