Desa Tembong Salurkan Ratusan Buku Sertifikat Kepada Warga

0
33

Pandeglang, Badakpos.com – Dari sekitar kurang lebih 800 orang warga yang mengajukan untuk pembuatan sertifikat pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL), baru terealisasi kurang lebih sekitar 720 buku, dikatakan kepala desa tembong kecamatan Carita Adang Kosasih saat penyerahan sertifikat kepada warganya, selasa(10/11/2020).

“Biaya pembuatan sertifikat itu hanya di bebankan Rp 150.000 per buku, itu sudah sesuai dengan apa yang dianjurkan pihak pemerintah,” terang Kades Tembong.

Dilanjutkan Kades Tembong, adapun sisanya itu masih terkendala persyaratan administrasi atau kelengkapan.

“Saya berharap kepada warga yang telah menerima buku sertifikat PTSL untuk menjaga dan menyimpan serta mengamankan dengan baik, karena dengan adanya buku sertifikat tersebut bisa meningkatkan perekonomian warga penerima.Itu kan bisa digunakan ke Bank untuk jaminan pinjaman,” pungkas Kades Tembong.

Sementara salah satu warga kampung Tembol desa Tembong, Sumiyah mengatakan, bahwa ia sangat berterima kasih kepada pihak desa yang telah membantu untuk pembuatan sertifikat tersebut.

“Sebab dengan adanya program PTSL biaya yang dikeluarkan warga jauh lebih murah, jika dibandingkan dengan membuat akte atau buku sertifikat sendiri,” imbuh Sumiyah.

Masih dikatakan Sumiyah, “buku sertifikat ini akan disimpan dengan baik, dan jika ada kebutuhan mendesak untuk modal usaha, sertifikat tersebut bisa digunakan ke Bank,” tutupnya. (BP11).

Komentar dibawah ini