Di tengah Pandemi Covid-19, Puskeswan Tetap Berikan Pelayanan Kesehatan Hewan

0
0

Pandeglang, Badakpos.com – Di tengah pendemi Covid-19, Puskeswan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang tetap buka untuk memberikan pelayanan kesehatan hewan terutama konsultasi kesehatan hewan, pengobatan, pemeriksaan kesehatan, dan vaksinasi, Hal itu disampaikan Kepala UPT Puskeswan Ade Setiawan di Kantornya Jl. Raya Serang – Pandeglang Km.4 Kadupereng, Kelurahan Cigadung Kecamatan Karangtanjung, Kamis (11/06/2020).

Pelayanan di Puskeswan tetap berjalan walau dalam masa pandemi virus korona dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 diantaranya pengunjung yang datang harus menggunakan masker, menjaga jarak, hingga dianjurkan selalu mencuci tangan memakai sabun sebelum masuk dan sepulang dari puskeswan.

Ade Setiawan menegaskan, pihaknya mewajibkan petugas medis yang melakukan tindakan pelayanan kesehatan hewan untuk menggunakan alat pelindung diri (APD) sekurangnya memakai masker dan sarung tangan.

“Setiap pegawai diwajibkan menggunakan APD saat memberikan pelayanan kesehatan, saat pembersihan alat maupun saat menangani limbah,” tegas Ade Setiawan yang sudah ditugaskan sebagai kepala Puskeswan sejak Januari 2020 tersebut.

Ade memastikan pelayanan kesehatan hewan tetap berjalan seperti biasa, terlebih Puskeswan memberikan kemudahan dengan pelayanan konsultasi online via WhatsApp 0877-7335-7422 dengan SDM tenaga dokter hewan 2 orang dan seorang paramedis veteriner.

“Kita ingin warga masyarakat yang datang ke Puskeswan merasa nyaman, dan pegawai tetap produktif dan aman dari penularan Covid-19, jadi semua harus beradaptasi terhadap perubahan sekarang sesuai surat edaran Bupati Pandeglang tentang system kerja aparatur sipil negara (ASN) dalam tatanan normal baru di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pandeglang,” katanya.

Dokter Hewan Puskeswan Pandeglang drh. Hj. Ade Nurhasanah mengatakan, walau dalam masa pandemi Covid-19 tidak mempengaruhi pemilik hewan kesayangan untuk berkunjung ke Puskeswan jika hewan peliharaan diketahui ada gelaja sakit seperti demam, lemas, tidak napsu makan atau penyakit kulit.

“Pemilik hewan kesayangan biasanya akan berkonsultasi terlebih dahulu melalui Call Center 0877-7335-7422 jika ingin diberikan vaksin atau vitamin,” kata dokter hewan Lulusan Fakultas Kedokteran Hewan Udayana Bali tersebut.

Dia mengungkapkan pelayanan kesehatan lainnya yang ada di Puskeswan diantaranya pemeriksaan kebuntingan dan ultra sonografi (USG), inseminasi buatan atau kawin suntik maupun pelayanan sterilisasi hewan.

drh. Putu Wijaya Kusuma menambahkan, selain hewan kesayangan, Puskeswan Pandeglang juga memberikan pelayanan kesehatan hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing, domba dan ternak unggas (ayam dan bebek).

“Kalau pelayanan kesehatan hewan ternak biasanya pemilik menghubungi melalui call centre yang tersedia dan kita akan mengunjungi ke lokasi peternakan (house call),” kata dokter hewan yang baru bertugas mulai bulan Mei di UPT Puskeswan tersebut. (BP1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here