DIKLAT INFORMASI DAN DOKUMENTASI UPAYA TINGKATKAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

0
57

PANDEGLANG – Sebanyak 40 orang peserta setingkat sekretaris Dinas dan Badan serta pejabat pelaksana pengelola informasi dilingkup Pemkab Pandeglang mengikuti diklat informasi dan dokumentasi angkatan 1 pola kontribusi Tahun 2017, Selasa (18/4) di Hotel Sopyan Inn Altama.

Acara diklat tersebut secara resmi dibuka oleh Pejabat (Pj) Sekda Pandeglang Ferry Hasanudin didampingi oleh Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Banten serta Kepala Bidang pendidikan dan pelatihan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pandeglang Ipah Rusipah.

Dalam sambutanya Pejabat (Pj) Sekda Pandeglang Ferry Hasanudin mengatakan Pemberlakuan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik (UU KIP) merupakan momentum penting dalam mendorong keterbukaan informasi kepada publik, untuk itu salah satu tugas pejabat pengelola informasi dan dokumentasi adalah menyediakan informasi publik bagi pemohon informasi, dengan adanya pejabat pengelola informasi dan dokumentasi, diharapkan, informasi publik dapat berjalan efektif dan akuntabel. Sehingga aparatur petugas atau pejabat pelaksana informasi dan dokumentasi (PPID), mampu memberikan kemudahan dalam penyampaian informasi keruang publik secara cepat, akurat.

“Terkait yang menjadi landasan pedoman bagi setiap Organisasi Perangkat Daerah(OPD) dalam melayani masyarakat yang membutuhkan informasi yaitu transparan, akuntabilitas serta keseimbangan hak dan kewajiban. Sehingga hak-hak publik terhadap permintaan informasi yang berkualitas secara nyata dapat terpenuhi. katanya

Ferry menambahkan dalam pelaksanaan PPID pejabat pelaksana informasi diwajibkan dapat mengetahui seluas-luasnya informasi yang berkenaan dengan jalannya Pemerintahan, sehingga kepentingan dan kebutuhan terhadap informasi publik yang disampaikan akan sejalan dengan apa yang diharapkan.

Kegiatan diklat informasi dan dokumentasi angkatan 1 diselenggarakan oleh BPSDMD Provinsi Banten bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pandeglang dilaksanakan selama 4 hari terhitung dari tanggal 17 sampai dengan 21 april 2017. (BP-1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here