Dimusim Kemarau Petani Carita Tanam Jagung, Ini Alasannya

0
1

Pandeglang, badakpos.com – Banyak lahan pertanian berupa sawah yang terbengkalai, dampak dari kemarau panjang melanda wilayah kabupaten Pandeglang dan sekitarnya.

Tetapi lain halnya dengan salah satu petani kecamatan Carita, dimana ia saat ini sedang mengolah lahan pesawahan untuk ditanami jagung, informasi yang didapat wartawan Badakpos.com pada selasa(6/8/2019).

Ini adalah salah satu keuletan serta kemauan yang tinggi dan perlu ditiru petani lainnya, terutama diwilayah pertanian yang tidak jauh dengan aliran sungai atau sumber air.

Bahrudin ketua Gapoktan Berkah saat ditemui dilokasi menuturkan, bahwa ia saat ini sedang mengolah lahan pesawahan yang kering untuk ditanami jagung.

Lebih jauh Bahrudin mengatakan, untuk di desa Sukanagara ada 2(dua)blok yang akan ditanami jagung, yang saat ini sedang digarap di blok Cilurah sebanyak 10 hektare dan nanti di blok ketileng, selanjutnya di blok songgom kampung Mataram desa Sukarame.

Masih kata Bahrudin, untuk mengolah lahan ia menggunakan Alsintan berupa traktor roda 4(empat)/TR 4 atau jonder, sedangkan untuk membuat parit saluran air akan menggunakan alat berat(beko/eskapator).

Bahrudin melanjutkan, adapun untuk di blok cilurah ia memanfaatkan sumber air dari sungai yang ada di blok serang, dengan menggunakan alat pompa air(alkon)besar untuk mengairi area tersebut, tutup ketua Gapoktan Berkah.

Sementara, Kusmana koordinator penyuluh pertanian kecamatan Carita saat dihubungi melalui whatsApp menuturkan, selama ada sumber air boleh saja tanam jagung atau lainnya, yang penting ada pompa(alkon)dan saluran air dipesawahan diperbaiki dulu.

Lanjut Kusmana, juga harus diperhitungkan, cepat tanam bibit jagung selagi ada persediaan air tersedia, karena debit air sedikit dikala musim kemarau juga sumber air itu selain digunakan untuk lahan pertanian juga keperluan rumah tangga warga sekitar.(Bp-11)

Komentar dibawah ini