Dinas Pertanian Dan Poktan Harapan Mulya Kendalikan Hama WBC

0
32

Pandeglang, Badakpos.com – Kelompok tani harapan mulya dibantu PPL, koordinator penyuluh (Korluh) pertanian bekerja sama dengan POPT (petugas organisme pengganggu tanaman) lakukan pengendalian hama wereng batang coklat (WBC), yang telah menyerang tanaman padi para petani di wilayah kampung Susukan desa sukarame kecamatan Carita, Jumat, (9/10).

Kasi perlindungan tanaman pangan hortikultura dan perkebunan pada dinas pertanian kabupaten Pandeglang bernama TB Asep Mahpudin, mengatakan, ini bagian dari upaya membantu masyarakat petani dalam menanggulangi WBC.

Hadir dalam agenda itu, Petugas Dirjen perlindungan tanaman pangan pada Kementerian pertanian, Kabid Ketahanan pangan, korluh dan para penyuluh pertanian kecamatan Carita, petugas POPT, ketua Poktan Harapan Mulya serta para anggota.

Sementara Kabid ketahanan pangan Iping menuturkan, ada berapa hama yang mengganggu tanaman padi, diantaranya WBC, ulat, tikus dan pengerek batang, “itu jenis hama yang bisa menyebabkan gagal panen padi,” terangnya.

“Dalam pengendalian hama wereng batang coklat harus tepat sasaran, karena hama tersebut diamnya di batang, jadi saat penyemprot racun ke bawah, jangan ke daun supaya efektif hasilnya,” terang Iping S.

Masih dikatakan Kabid Ketahanan pangan, dan setelah penyemprotan hama jangan lupa, setelah lima hari hingga satu minggu harus di kontrol, “apakah masih ada hama WBC yang menyerang lagi atau tidak,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, ketua Pokta Harapan Mulya bernama Murtajaya mengatakan, bahwa laparan luas lahan sawah ini sekitar 50 hektare.

Dengan adanya bantuan obat(racun, red) untuk mengendalikan WBC sangat membantu sekali, berharap panen padi mendatang akan mendapatkan hasil maksimal, ungkap ketua Pokta Harapan Mulya. (BP11).

Komentar dibawah ini