Diversifikasi Tanaman Menguntungkan Petani

0
15

Pandeglang, Badakpos.com –  Upaya diversifikasi tanaman merupakan salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas pertanian.  PT Easwest Seed Indonesia mencoba untuk mengajak para petani melakukan hal ini.  Salah satu petani yang sudah bekerjasama dengan PT Easwest Seed Indonesia adalah Ustad Jaenudin petani kunci dari Desa Bojen Kecamatan Sobang.

Jaenudin menuturkan, pihaknya bergabung mulai dari tahun 2002 hingga saat ini. Dari mulai anggota kelompok tani 4 orang, sampai berjumlah 135 petani pada tahun 2005. Dan tahun 2012 anggota kelompoknya sudah mencapai 500 orang.

“Karena satu kelompok tidak boleh lebih dari dua ratus orang, maka kelompok kami pecah menjadi empat. Tiga kelompok lainnya diketuai oleh Abdullah, Johadi, dan Sama’aun,” katanya.

Masih kata Jaenudin, sebelum pihaknya bergabung, ekonomi di daerah setempat kurang baik karena menanam hanya satu komoditi yaitu padi.

“Tapi setelah bergabung, kami menanam benih sayuran kemudian ditanami kacang panjang dan paria.  Alhamdulillah ekonomi di desa kami bertambah maju,” jelasnya.

Jaenudin memaparkan, setelah pihaknya bekerjasama dengan PT Eastwest seed Indonesia (Eswes) banyak sekali keuntungan yang diperoleh. Namun kata Jaenudin, petani juga harus serius dalam perawatan tanamannya, karena tanaman ini akan dijadikan sebagai benih unggul oleh perusahaan.

“Waktu kelompok kami masih 500 orang, satu kali panen kami dapat mencapai 10 milyar dibayar oleh perusahaan. Setelah dibagi empat paling 2 milyar yang kami peroleh. Bulan ini saya nanam semangka, benih yang kami dapat 26 kilo, harga perkilonya satu juta dua ratus,” paparnya. (BP-2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here