DOA, SOSOK PEMUDA PENUH KARYA

UMKM – Berawal dari obrolan dengan teman sekampung dan dukungan keluarga yang memiliki kesamaan visi tentang sebuah kegiatan produktif yang berkelanjutan dan memiliki prospek usaha yang layak ditekuni, lahirlah DISTRICT OF ART (DOA).

DOA yang berlokasi di Kp.kadugading Rt 03/02 ds. Menes, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang ini bergelut di segala bidang yang memiliki nuansa seni, terutama seni furniture. Salah satu produk yang diandalkan adalah berbagai bentuk furniture yang berasal dari limbah drum bekas. Walaupun belum memiliki bengkel kerja yang presentatif, namun produk hasilan DOA ternyata telah dapat diterima oleh masyarakat banyak.

“Respon masyarakat terhadap produk hasilannya terbilang bagus, bahkan konsumennya ada yang berasal dari Lampung hingga Jawa Timur. Segmentasi pasarnya beragam, namun kebanyakan dari masyarakat yg memiliki kegiatan usaha seperti caffe/restoran, instansi pemerintah/swasta atau juga dari kalangan masyarakat pecinta seni dan barang-barang yg memiliki nilai kreasi dn inovasi yg tinggi,” begitu ujar Arif Yaumal Arafat, pemilik sekaligus pengelola usaha ini.

Kesulitan utama bagi Arif dalam mengembangkan usahanya ini terletak pada faktor permodalan. Ia mengaku bahwa untuk menghasilkan produknya diperlukan biaya produksi yang cukup tinggi. Jika pendanaan mencukupi, Arif optimis bahwa usahanya ini akan dapat berkembang hingga tingkat nasional.

“Target saya ingin ikut event-event pameran nasional, terutama yang menyangkut eksebisi produk industri kreatif seperti yang kami garap selama ini,” ujarnya. Arif berharap semoga ada pihak yang mau berinvestasi bersamanya sehingga ia dan kawan-kawannya dapat memaksimalkan keterampilan mereka untuk berinovasi. (DS)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *