Expo Hipmi Bersama Apkasi, Buka Peluang Investasi di Kabupaten Serang

0
14

Jakarta, Badakpos.com – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) menggelar HIPMI Expo yang merupakan rangkaian acara dari Hari Ulang Tahun (HUT) HIPMI ke-50. Acara tersebut digelar selama tiga hari pada Jum’at-Minggu, 10-12 Juni 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang pun turut andil pada pameran tersebut yang merupakan salah satu daerah perwakilan dari Apkasi. Berbagai produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pun di pamerkan, dan juga memperkenalkan peluang investasi di Kabupaten Serang guna menarik para investor dengan menampilkan profil Kabupaten Serang, selayang pandang, dan tempat-tempat wisata di Kabupaten Serang.

“Tujuan mengikuti stand HIPMI expo adalah ingin memperkenalkan Kabupaten Serang dari segi investasi. Baik perusahaan yang ada di Serang timur yaitu padat karya, dan Serang barat itu padat modal,”ujar Sekretaris Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoumperindag) Kabupaten Serang, Shinta Asfilian Harjani melalui keterangan tertulisnya yang di siarkan Diskominfosatik pada Minggu, 12 Juni 2022.

Selain itu juga, pihaknya juga ingin memperkenalkan pariwisata yang ada di Kabupaten Serang. Tidak luput juga, sebut Shinta, pihaknya ingin memperkenalkan produk-produk UMKM Kabupaten Serang seperti gerabah, anyaman bambu, batu fosil, batik khas Serang, batik ecoprint, kuliner seperti makanan yaitu emping, ataupun makanan-makanan lainnya yang sudah layak dan terkenal terutama di daerah Kabupaten Serang, Banten dan Nusantara.

“Yang pasti kuliner yang di pamerkan sudah bisa diterima oleh masyarakat dan dapat ditemui di marketplace. Selain itu juga ada anyaman bambu dan kopi. Jadi kita sudah memiliki kopi andalan di Kabupaten Serang yang bisa di temui di tempat-tempat retail seperti Indomaret, Alfamart itu seperti kopi abah dari Kecamatan Petir, lalu kopi mekar jaya dari Kecamatan Cinangka,”ungkapnya.

Tak hanya itu, sebut Shinta, stand Apkasi Kabupaten Serang juga memperkenalkan beras yang saat ini di cari banyak orang dimana kadar proteinnya sangat kecil, kadar gulanya yaitu beras merah. “Disini kita punya andalan beras merah dan bunga sedap malam,”ucapnya.

Shinta menjelaskan dengan memamerkan berbagai produk UMKM namun tujuannya bukan untuk menjual produk. Akan tetapi pihaknya ingin menarik investor, karena HIPMI Himpunan Pengusaha Muda Indonesia itu bukan hanya skala tingkat kecil karena HIPMI ini skala Internasional. “Artinya kita ingin menarik investor-investor agar bisa berinvestasi di Kabupaten Serang,”papar Shinta.

Turut meramaikan di Stand Pemkab Serang menampilkan Kang Nong Kabupaten Serang. Tampak juga meninjau stand Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskominfosatik, Anas Dwi Satya Prasadya dan Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi Informasi Publik (KIP) Diskominfosatik, Ari Arumansyah.

Senada disampaikan Kepala Diskoumperindag Kabupaten Serang, Adang Rahmat. Pihaknya juga berharap selain untuk menarik para investor juga, untuk produk-produk UMKM bisa di kenal lagi oleh masyarakat luas. “Semoga produk-produk yang di tampilkan di minati para pengunjung,”ujarnya.

Diketahui pada opening ceremony HIPMI yang ke-50 Tahun pada Jum’at, 10 Juni 2022 bertemakan ‘Bersama Wujudkan Indonesia Emas 2045’ tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju, opening ceremony bertempat di Jakarta Convention Centre, Jumat 10/6/2022 kemarin. (BP1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here