Festival Golok Day, Upaya Pelestarian Budaya Di HUT Kota Cilegon Ke 18

0
69

Cilegon, Badakpos.com – Salah satu rangkaian kegiatan HUT Kota Cilegon ke 18 adalah penyelenggaraan Festival Golok Day yang akan berlangsung tanggal 30 April 2017. Hal ini merupakan upaya pemerintah Kota Cilegon dalam rangka melestarikan dan merayakan senjata tradisional khas Banten.

Tahun ini adalah tahun kedua pelaksanaan Festival Golok Day dan akan diisi dengan serangkaian kegiatan eksklusif seperti Seminar Golok, Coaching Clinic Pembuatan Senjata, Demo Penggunaan Senjata, Pawai Pendekar, Festival Pencak Silat Nusantara, Golok Day Award dan Pameran Pusaka Nusantara.

Dikutip dari laman Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Ketua Pelaksana Golok Day 2017 Jamhari Sakti menjelaskan, event ini merupakan ajang silaturahmi antarpendekar nusantara disamping melestarikan warisan seni budaya nusantara khususnya golok dan lintas seni beladiri yang ada di Indonesia. Untuk tahun ini penyelenggara mengundang pendekar senusantara seperti dari Jakarta, Bekasi, Bogor, Lampung, Karawang, Bandung dan daerah lainnya.

Jamhari menjelaskan dalam kegiatan ini masyarakat dapat lebih mengenal beragam jenis golok khas Banten dan daerah lain.

“Selain golok khas Banten seperti golok Sulangkar peninggalan suku adat Baduy Kabupaten Lebak dan Ciomas Kabupaten Serang, bukan berarti hanya golok khas Cilegon saja yang akan dimunculkan dalam agenda kebudayaan tersebut, pihak panitia juga mengundang para perajin khas Banten Selatan dan Banten Utara,” ujarnya.

Pihak Dinas Pariwisata Provinsi Banten menyambut baik dan mendukung kegiatan ini karena dapat menjadi agenda wisata budaya yang menarik kunjungan wisatawan ke Banten. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, Golok Day merupakan kegiatan yang menjadi salah satu ikon yang dapat mengangkat potensi seni budaya dan pariwisata Kota Cilegon. (BP-2, Sumber : dispar.bantenprov.go.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here