Festival Pesona Tanjung Lesung Sebagai Media Promosi Wisata

0
7

Pandeglang – Dari tujuh (7) destinasi wisata yang ada di Banten salah satunya di Kabupaten Pandeglang yaitu Tanjung Lesung. Dalam mensukseskan pariwisata, Pemerintah Daerah membuat agenda rutin tahunan yang dinamakan Festival Pesona Tanjung Lesung.

 

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, kegiatan festival pesona tanjung lesung telah menjadi trending topik ditingkat nasional. Untuk itu dirinya berharap, teruslah posting setiap kegiatan yang dilaksanakan selama acara ini berlangsung. “Saya mempunyai keyakinan pariwisata di Pandeglang bisa berhasil karena kepala daerah dan gubernurnya sangat proaktif,” kata Arief Yahya saat membuka acara Festival Pesona Tanjung Lesung, Jum’at (22/9) di Beach Club Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung.

 
Untuk memajukan pariwisata, kata Menpar Arief Yahya, tentu harus banyak faktor pendukungnya, diantaranya Jalan Tol Serang – Panimbang, Revitalisasi Jalan Kereta, dan Bandara Internasional. Dengan akses yang cepat, kata dia (Menpar-red), akan memudahkan para wisatawan untuk dapat menikmati tempat wisata yang ada disini (pandeglang-red). “Setiap wilayah yang masuk 10 KEK Pariwisata di-Indonesia akan dibangun Bandara Internasional, begitu juga dengan pandeglang yang tidak beda dengan Lombok dan KEK lainnya. Untuk jalan tol Serang-Panimbang mulai penggarapan tahun 2018, dan selesai tahun 2019,” ungkapnya.

 
Ada empat MoU yang dilakukan untuk pengembangan KEK Tanjung Lesung meliputi pengadaan lahan untuk homestay dan Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung oleh PT Banten West Java, pembangunan rumah makan Pangkep khas Makassar oleh PT Aneka TigaTiga Makmur, dan pembangunan fasilitas Spa oleh PT Safitri Sumitro Corpora. “Masyarakat butuh kerja nyata. Nanti saya datang kesini lagi semuanya sudah siap diresmikan termasuk homestay,”tandasnya.

 
Sementara, Gubernur Banten Wahidin Halim mengapresiasi dukungan pemerintah pusat dalam pembangunan KEK Tanjung Lesung dan event-event yang digelar di Banten. Kegiatan Festival Tanjung Lesung, kata dia, merupakan media promosi Pantai Tanjung Lesung yang telah ditetapkan sebagai lokasi pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan objek wisata lain yang ada di pandeglang.
“Kita berharap adanya festival ini akan mendorong peningkatan kunjungan wisatawan, khusunya ke Pantai Tanjung Lesung, dan umumnya ke objek wisata lain di Pandeglang,” ujar Wahidin.

 
Dirinya pun mengajak masyarakat Banten turut mendukung dan meramaikan Festival Tanjung Lesung ini. Kata dia, walaupun saat ini pariwisata sedang dibangun, jangan sampai menghilangkan nuansa islami yang ada di Pandeglang. “Saya mengajak masyarakat beramai-ramai mengunjungi Festival Tanjung Lesung, sehingga gemanya lebih besar. Setiap lokasi wisata harus dibangun masjid untuk sarana ibadah,” kata Gubernur Wahidin.

 
Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, Tanjung Lesung saat ini banyak dijuluki surga yang hilang. Karena kata dia, banyak spot wisata yang ada di pandeglang sebagai penunjang wisata Tanjung Lesung yang tidak kalah indahnya yaitu Pantai Carita, Pulau Umang, dan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK). “Kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat khususnya Menteri Pariwisata yang sangat support dengan pariwisata di Pandeglang. Kami juga berharap bantuan program dari menteri pariwisata, salah satunya ada paket wisata eklusif untuk dikembangkan,” harapnya. (Bp3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here