Gapoktan Sri Mukti Laksanakan Gertam Padi

0
1

Pandeglang, Badakpos.com – Gerakan tanam (gertam) padi secara serempak ini, salah satu upaya untuk biar cepat panen pas situasi atau kondisi cuaca masih dalam musim penghujan, dikatakan ketua Gapoktan Sri Mukti desa Banjar masin kecamatan Carita bernama Sapari pada selasa (9/6).

Berdasarkan pantauan Badakpos.com, bahwa para petani di wilayah kecamatan Carita, sebagian besar sudah mulai mengolah lahan sawah untuk segera di tanami benih padi.

Masih dikatakan Sapari, dulu lahan sawah di blok cipeka ini, adalah lahan gambut juga berawa sehingga sulit ditanami, “tetapi sekitar tiga tahun lalu setelah pihak desa membangun saluran irigasi sebagai jalur keluar masuk air, maka lokasi ini jadi lahan pertanian yang cukup produktif,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kadistanak Pandeglang, Budi S Januardi usai melakukan gertam padi menuturkan, bahwa lokasi ini cukup bagus, pasalnya sekitar sawah ini selain ditanami padi juga ada tanaman kacang panjang, singkong dan pepaya.

Masih dikatakan Kadis, Gapoktan sri Mukti ini baru saja melaksanakan panen padi dan cukup bagus hasilnya, hasil yang didapat dari penimbangan gabah kering sekitar 6,7 ton per hektare.

“Semoga di lokasi ini bisa ditanami padi dua kali dalam setahun dari yang biasanya hanya satu kali saja, juga hasil dari gertam ini bisa mencapai lebih dari yang sebelumnya,” pungkas kepala Kadistanak Pandeglang.

Sementara camat Carita, Marda menuturkan, bahwa gertam padi ini jangan hanya dijadikan acara seremonial, “nantinya tidak hanya di lokasi desa Banjarmasin, akan tetapi desa lainnya perlu ada agenda seperti ini,” tutupnya.

Hal lain dikatakan Korluh pertanian kecamatan Carita bernama E Kusmana, bahwa jenis padi yang ditanam di gertam ini adalah pandan wangi, luas area sawah ini sekitar dua hektare, singkat saja.

Hadir di lokasi gertam padi itu, terdiri dari Kades Banjarmasin, Kapolsek carita, para penyuluh pertanian, Kabid ketahanan pangan dan yang lainnya, juga tentunya para petani anggota Gapoktan Sri Mukti. (BP11).

Komentar dibawah ini