Gertam Jagung Dilakukan Secara Bertahap

Pandeglang, Badakpos.com – Bupati Irna Narulita kembali melakukan melakukan tanam jagung di Kampung Pacu Rendang, Desa Mandalasari, Kecamatan Kaduhejo, Jum’at (9/6).

Luas areal lahan yang ditanami kurang lebih 25 Hektar. Untuk Kecamatan Kaduhejo sendiri yang sudah Calon Petani dan Calon Lahan (CPCL) kurang lebih 308 hektar.

Hadir dalam acara ini Forkopimda Pandeglang, Ketua Pengadilan Negeri Syafrizal, Wakapolres Pandeglang Kompol Nur Rahman, Kepala Dinas Pertanian Wowon Dirman, Kadis Kominfo Yahya Gunawan, dan para Kepala Bagian.

Sebelumnya, Gertam jagung dilakukan di Kecamatan Cigeulis seluas 5.753,5 hektar, Kecamatan Cikeudal 607 hektar, dan untuk CPCL  se Kabupaten Pandeglang sendiri 51.546 hektar yang di targetkan oleh Provinsi Banten.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Irna Narulita mengatakan, dengan adanya program tanam jagung ini diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat.

“Mudah – mudahan ini dapat menambah penghasilan bagi kelompok tani dan para anggota kelompok,” ungkap Bupati.

Kasi Serealia pada Dinas Pertanian Nuridawati mengatakan, Gertam ini terus dilakukan hingga september. Dari CPCL yang ditargetkan, Kata Nur, yang sudah tanam hampir 20 persen.

“Gerakakan tanam ini akan selesai hingga bulan september,” katanya.

Nur juga mengatakan, usia jagung hibrida ini diperkirakan selama 120 hari dari tanam hingga pemanenan.

“September minggu ke satu ke dua sudah bisa penen untuk yang lebih awal tanam,” jelasnya.

Sementara Ketua Kelompok  Tani Cikahuripan Martoyo (57) th mengatakan, dirinya optomis hasil penen nya nanti bisa bagus jika ditunjang dengan pupuk yang maksimal.

“Katanya nanti akan dibantu pupuk kurang lebih lima puluh kilo untuk satu hektar, memang idealnya lebih dari itu,” ujarnya.(BP3)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *